Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Trilogy yang Dibuat Untuk Nintendo Switch!

2 months ago
Sumber gambar: manga-news.com

Para pemegang IP Naruto belum berhenti (dan kayaknya sih nggak akan pernah berhenti) mengolah merk populer yang satu ini.

Lewat manga, Boruto terus menerbitkan chapter demi chapter kisah petualangan putra Naruto itu. Anime Boruto juga stabil; terbit setiap minggu seperti pendahulunya.

Bagaimana di video game?

Video game baru bertema Naruto/Boruto juga tetap nongol di pasaran. Seperti game untuk smartphone misalnya. Sementara untuk console masa kini ada game Shinobi Striker yang seru. Keduanya tentu saja punya referensi/hubungan dengan plot, dunia dan berbagai elemen yang berasal dari franchise Naruto serta Boruto.

Kedua game tadi, Ninja Voltage serta Shinobi Striker, masih harus bekerja keras membuktikan diri mereka sebagai game pilihan para gamers fans berat Naruto/Boruto. Namun ada satu game Naruto yang secara default sepertinya tidak perlu membuktikan apapun karena sudah mencapai kesuksesan yang tinggi di kalangan fans serial Naruto selama ini. Game tersebut adalah serial “Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm”.

Sumber gambar: lparchive.org

Sumber gambar: lparchive.org

Game yang di Jepang diberi judul “Naruto: Narutimate Storm ナルト-ナルティメットストーム ” ini di-develop oleh developer CyberConnect2 株式会社サイバーコネクトツー . Developer ini bukan developer kurang pengalaman. Di era PS1 mereka sudah membuat game yang diberi judul “Tail Concerto”. Itu terjadi di tahun 1998. Di era PS2 CyberConnect2 dikenal lewat franchise .hack// yang memiliki barisan fans garis keras. Di era PS3, selain serial Naruto: Ultimate Ninja Storm, CyberConnect2 juga membuat game-game keren yang jadi pembicaraan media serta fans video game seperti Asura’s Wrath (2012) serta Jojo’s Bizarre Adventure: All Star Battle (2013).

Asura's Wrath. Sumber gambar: vsbattles.wikia.com

Asura’s Wrath. Sumber gambar: vsbattles.wikia.com

Sekarang, CyberConnect2 membuat game untuk current gen (PS4, XboxOne & Switch). Game mereka untuk current gen antara lain Naruto: Ultimate Ninja Storm 4 (2016) dan .hack//G.U Last Recode (2017). Dan yang saat ini dalam taraf penyelesaian: Naruto: Ultimate Ninja Storm Trilogy untuk Nintendo Switch.

Sumber gambar: gamelikeadutchie.com

Sumber gambar: gamelikeadutchie.com

Mudah untuk ditebak kalau game itu nanti adalah tiga game yang dijadikan satu. Dan sudah pasti akan terdiri dari seri pertama Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm hingga seri ketiga. Ultimate Ninja Storm memiliki seri ke-4 namun untuk saat ini judul tersebut masih merupakan game PS4, XboxOne dan Windows PC. Bukan Nintendo Switch.

Screenshot Ultimate Ninja Storm 4. Sumber gambar: gpstatic.com

Screenshot Ultimate Ninja Storm 4. Sumber gambar: gpstatic.com

Serial Ultimate Ninja Storm dimulai dari seri pertama yang dirilis justru awalnya di Amerika bulan November 2008 sebelum kemudian Jepang mendapatkan bagian mereka Januari 2009. Sesuatu yang tidak biasa buat sebuah game yang berasal anime.

Boxart Naruto: Ultimate Ninja Storm. Sumber gambar: naruto.wikia.com

Boxart Naruto: Ultimate Ninja Storm. Sumber gambar: naruto.wikia.com

“Ultimate Ninja Storm” pada prinsipnya mirip dengan serial “Ultimate Ninja”  yang lebih dulu rilis dan populer di era PS2. Naruto: Ultimate Ninja (di Jepang berjudul Naruto: Narutimate Series ナルト- ナルティメットシリーズ ) merupakan game fighting 2-Dimensi dengan elemen-elemen ninjutsu khas dari manga/anime Naruto. Serial ini populer pada masanya (2005) dan memiliki beberapa sekuel serta spin-off. Saat serial Ultimate Ninja ‘naik kelas’ ke Ultimate Ninja Storm di console PS3 dan X360, elemen-elemen baru seperti area dan gameplay 3-Dimensi diperkenalkan untuk menambah seru permainan.

Sumber gambar: naruto.wikia.com

Sumber gambar: naruto.wikia.com

Screenshot Naruto: Ultimate Ninja. Sumber gambar: idwmenager.blogspot.com

Screenshot Naruto: Ultimate Ninja. Sumber gambar: idwmenager.blogspot.com

Salah satu elemen seru dan baru yang dipakai di Ultimate Ninja Storm adalah “Awakening Mode”. Pada dasarnya bukan sesuatu yang ‘benar-benar baru’ karena game fighting lain seperti KoF series sudah menggunakannya; tapi tetap saja mode ini menambah keren game Naruto. Dengan aktifnya mode ini, pemain akan mengalami transformasi dan menjadi lebih kuat lagi (seperti di adegan manga maupun anime dimana karakter yang terdesak akan mengeluarkan potensi diri yang tersembunyi). Situasi permainan akan semakin seru seperti sebuah adegan anime Naruto; bedanya disini kita yang mengendalikan situasinya.

Awakening Type di Ultimate Ninja Storm 3. Sumber gambar: saiyanisland.com

Awakening Type di Ultimate Ninja Storm 3. Sumber gambar: saiyanisland.com

Ultimate Ninja Storm original dirilis hanya untuk PS3, sementara dua sekuelnya juga muncul di Xbox 360 selain di PlayStation 3. Dan sebentar lagi ketiga game itu akan digabung satu menjadi sebuah trilogi dan dirilis untuk Nintendo Switch. Trilogi ini juga akan lengkap bersama DLC/Downloadable Content yang berisi tambahan-tambahan seru yang sebelumnya harus dibeli terpisah. Belum ada info soal tanggal rilis maupun harga jual, namun majalah Weekly Jump Jepang sudah mengabarkan soal eksistensi game ini.

Artikel soal Ultimate Ninja Storm Trilogy. Sumber gambar: shonengamez.com

Artikel soal Ultimate Ninja Storm Trilogy. Sumber gambar: shonengamez.com

Jadi buat fans Naruto, terutama pemain serial Ultimate Ninja Storm yang saat ini memiliki Nintendo Switch, ini adalah kesempatan untuk bermain serial Ultimate Ninja Storm dimana saja dengan Switch. Bakal seru banget ‘kan? Tunggu info selanjutnya ya, bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Dari kiri ke kanan: Herrad (Editor-in-Chief CIAYO Comics), Beny (Head of Comic at CIAYO Comics), Iskandar Salim (Komik Faktap), Borton Liew (Founder & CEO CIAYO Corp)

Komik Faktap dan Perbincangan Seru di Kantor CIAYO Comics

Iskandar Salim, sang mastermind di balik fenomena digital ‘@Komikfaktap’ menyempatkan diri buat bertamu dan bermain-.. more

Sumber gambar: asahi.com

Menggambar Manga Jadi Metode Rehabilitasi Tahanan Penjara di Jepang Loh!

Menggambar manga sebagai metode rehabilitasi tahanan penjara?.. more

Sumber: japan-academy-prize.jp

Berikut 5 Anime Nominasi Japan Academy Prize Awards 2018!

Jika tahun lalu 'Your Name' berhasil memenangkan penghargaan Animasi terbaik 2017, Kira-kira film apa ya yang berhasil m.. more

(sumber: Screen Rant)

Storyline Flashpoint di DCEU: Apakah Rana Sinematik DC Memang Memerlukan Reboot Segar?

Flashpoint adalah storyline komik top DC yang ditulis oleh Geoff Johns dan dirilis dari bulan Mei hingga Agustus 2011. T.. more

Sumber: Google Images

Siapa Pencetus Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang?

Pernah gak sih kalian bertanya-tanya siapa awal pencetus dan yang pertama kali mempopulerkan mata besar berkilauan khas .. more