Nasi Kare: Masakan India Yang Malah Jadi Kuliner Nasional Jepang

2 months ago
Nasi Kare Jepang. Sumber gambar: wikipedia.org

Jika ada seorang India berdebat dengan seorang Jepang tentang “siapa pemilik asli masakan kare”, maka situasinya akan ruwet sekali.

Fakta tak terbantahkan kalau kare itu memang lahir dan berasal dari tanah India. Tapi Jepang mempopulerkan kare sejak pertama kali masuk ke negara itu (sekitar 150 tahun silam) ke ranah pop culture dunia melalui manga, anime maupun dorama mereka.

Nasi Kare di anime Nichijou. Sumber gambar: milkcananime.com

Nasi Kare di anime Nichijou. Sumber gambar: milkcananime.com

Kare sangat populer di Jepang. Saking populernya kare di sana, mengakibatkan tak sedikit generasi masa kini Jepang yang menganggap kalau kare adalah kuliner nasional negara. Bahkan ada survey yang berani mengatakan kalau banyak orang Jepang memakan nasi kare setidaknya satu minggu sekali. Jadi bisa dibayangkan betapa terbiasanya orang di Jepang menyantap seporsi kare dalam kehidupan harian mereka.

Kare Jepang tentu saja berbeda dengan kare India. Baik dalam tampilan hingga tingkat kepedasannya.

Nasi Kare Ayam Tradisional Chettinadu India. Sumber gambar: 123rf.com

Nasi Kare Ayam Tradisional Chettinadu India. Sumber gambar: 123rf.com

Dalam format umum, nasi kare Jepang terdiri atas sepiring nasi putih panas yang disertai potongan daging, kentang, wortel dan/atau sayuran lainnya serta disiram oleh kuah kare kental yang tingkat kepedasannya terukur. Ini mungkin yang membedakan antara kare Jepang dengan kare India; karena kare India hampir pasti akan selalu lebih terasa pedasnya karena paduan rempah-rempah yang lebih kuat ketimbang kare Jepang.

Format umum Nasi Kare Jepang. Separuh piring berisi nasi dan sisanya Kare. Sumber gambar: fae-magazine.com

Format umum Nasi Kare Jepang. Separuh piring berisi nasi dan sisanya Kare. Sumber gambar: fae-magazine.com

Tapi sebenarnya kapan orang Jepang kenal kare? Apakah dari orang India yang datang ke Jepang?

Ternyata yang membawa dan mengenalkan kare ke masyarakat Jepang bukanlah orang India! Tapi orang Inggris yang datang dari India. Saat itu India memang masih berupa wilayah koloni Inggris Raya, dan orang Inggris datang ke Jepang dalam rangka trading/perdagangan. Tepatnya di era akhir abad ke-19.

Awalnya kare/curry diperkenalkan sebagai masakan elit kelas atas, namun seiring waktu masakan ini semakin merakyat. Agar jadi lebih ‘kena’ di lidah, orang Jepang menambahkan bahan-bahan seperti wortel, kentang, bawang serta bahan lain yang sesuai dengan selera mereka.

Booming kare sebagai makanan bernutrisi, enak serta terjangkau mungkin dimulai sekitar tahun 1963 saat kare instan (bersamaan dengan booming mie instan dari Nissin) muncul di pasaran dan kemudian dikenal luas secara nasional hingga mencapai level “national dish” alias kuliner nasional di Jepang.

Nasi kare “katsu kare” dengan potongan daging pork/babi atau ayam, sayuran kentang dan wortel merupakan menu nasi kare paling basic yang dapat dengan mudah dibuat ataupun dibeli di Jepang. Tentu saja tidak hanya daging babi atau ayam, kare Jepang juga ada dengan topping daging sapi (wagyu kare) atau bahkan kerang/oyster air asin (kaki kare).

Katsu Kare. Nasi Kare paling mudah ditemukan di Jepang. Sumber gambar: youtube.com

Katsu Kare. Nasi Kare paling mudah ditemukan di Jepang. Sumber gambar: youtube.com

Tidak hanya nasi yang bisa disandingkan dengan kare. Kreativitas kuliner Jepang dalam mengolah kare agar menyesuaikan dengan selera mereka juga terlihat di varian kare yang menggunakan mie. Karena mie dan nasi adalah makanan pokok buat sebagian besar warga Asia, maka tak heran kalau kemudian ada kare udon ataupun kare soba. Udon dan soba adalah mie khas dari negara Jepang, dan keduanya juga dapat diaplikasikan ke dalam menu kare selain nasi.

Kare Udon. Enak dan gurih. Sumber gambar: partial-ingredients.com

Kare Udon. Enak dan gurih. Sumber gambar: partial-ingredients.com

Bahkan perusahaan mie instan raksasa seperti Nissin juga tak lupa menyertakan kare ke dalam varian produk mereka. “Nissin Cup Noodle Curry” termasuk produk yang sangat laris di pasaran Jepang. Paduan mie dan kuah kare serta daging teracik dengan baik oleh Nissin. Tak heran produk ini sudah beredar di pasaran selama lebih dari 40 tahun dan tetap punya market share tinggi.

Menggugah selera yah, bro sis…. Siapa mau? Sumber gambar: nissinfoods.com

Menggugah selera yah, bro sis…. Siapa mau? Sumber gambar: nissinfoods.com

Membuat kare Jepang authentic mungkin merepotkan untuk sebagian orang. Karena itulah bumbu kare instan termasuk “barang wajib” untuk dibeli orang-orang di Jepang. Mungkin kondisinya sama seperti kita dengan mie instan. Bumbu kare instan ini banyak dijual di supermarket dengan berbagai ukuran, rasa, serta tingkat kepedasan yang berbeda. Pembeli tinggal memasukkan bumbu ini ke dalam panci, tuangkan air, tambahkan daging, sayuran, dan tunggu beberapa saat. Kare nikmat siap disajikan. Personally saya pernah nyobain yang merk Golden Curry. Enak! Walau kurang pedas buat selera saya.

Bumbu Kare instant siap saji. Enak dan praktis. Sumber gambar: amazon.com

Bumbu kare instan siap saji. Enak dan praktis. Sumber gambar: amazon.com

Dengan segala kemudahan pembuatan, penyajian serta rasa yang dimilikinya, akhirnya jadi tidak mengherankan kalau kare dan varian-variannya (nasi, mie, dan bahkan roti yang disebut sebagai kare pan) merupakan sajian masakan yang mencapai level popularitas tinggi di Jepang hingga dikategorikan sebagai bagian dari kuliner nasional walau tidak tertulis secara resmi.

Kare Pan. Roti dengan isi Kare. Pastinya enak banget. Sumber gambar: wikipedia.org

Kare pan. Roti dengan isi kare. Pastinya enak banget. Sumber gambar: wikipedia.org

Seperti kasus rendang yang kemarin diklaim negara tetangga sebagai kuliner asli mereka, orang India mungkin berhak marah kalau Jepang mengklaim kare sebagai ‘national dish’ mereka. Tapi orang India tahu, mustahil dunia menyetujui klaim Jepang tersebut karena India yang punya catatan sejarah sebagai tempat lahirnya kare. Lagipula, pemerintah Jepang tidak pernah secara resmi mengatakan kalau kare adalah masakan nasional mereka. Ini, sekali lagi, berbeda dengan pemerintah negara tetangga yang sempat mengatakan kalau masakan rendang adalah ‘national dish’ mereka.

Rendang. National Dish Indonesia. Sumber gambar: inovasee.com

Rendang. National Dish Indonesia. Sumber gambar: inovasee.com

Anyway bro sis… Pernah makan nasi kare belom? Enak lho! Wajib nyobain baik yang instan maupun homemade. Bro sis yang udah pernah makan nasi kare Jepang, komen dong. Bagi pengalamannya buat yang belum pernah nyicipin nasi kare Jepang ini ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 12: Dari Mana Sifat Serakah Manusia Berasal?

Sabrina mengulet, membuka matanya, sambil masih belum sadar benar. Perjalanan yang tidak terlalu lama tadi tetap bisa me.. more

Sumber: CIAYO Games

CIAYO Games Segera Rilis Game Perdananya

CIAYO Games yang merupakan divisi game dari CIAYO Comics akan segera merilis mobile game perdananya di Indonesia... more

Deretan produk di event Google San Francisco 2017. Sumber gambar: bgr.com

“Made By Google, Google Pixel Event”: Event Tandingan Dari Google Untuk Apple

Apple mengadakan event peluncuran smartphone terkini mereka, iPhone X beserta iPhone 8 dan 8 Plus, yang dikritik fans A.. more

My Happiest Sadness – Dance With Me

My Happiest Sadness adalah Anthology yang bertema kebahagiaan kecil seseorang di tengah kesedihan yang dialaminya.. more

CIAYO Comics

Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi.. more