Netflix Makin Sibuk Menguasai Pasar Hiburan Amerika dan Dunia

7 months ago
00-d-netflix-menguasai-pasar

Judul ini nggak berlebihan kok, karena kalau kalian benar-benar menyimak perkembangan Netflix, untuk tahun ini saja bisa dibilang salah satu raksasa penyedia layanan streaming ini sudah mengambil banyak langkah besar.

Netflix emang sudah akrab terdengar di telinga penggemar film atau TV series, terutama di Amerika Serikat –dimana layanan tersebut terlahir. Indonesia mungkin masih kurang beruntung karena hanya selang beberapa minggu setelah layanan film ini tersedia di nusantara, Kemkominfo langsung memblokirnya. Kalau soal konten yang disediakan, seharusnya Kominfo bisa bernegosiasi dengan layanan ini untuk batasan serta kebijakan khusus untuk Indonesia –kalau mereka bijak.

Dengan biaya berlangganan yang cukup terjangkau tiap bulannya, nggak heran kalau banyak orang tergiur dengan banyaknya fitur yang ditawarkan layanan ini. Banyak sekali film dan serial yang bisa kalian tonton di Netflix, dan semuanya terus di update setiap bulannya. Dan biasanya di tiap-tiap negara juga tersedia serial atau film eksklusif yang diproduksi oleh produser lokal –tentunya ini sangat mendukung industri sinema negara tersebut.

Netflix Memproduksi Acaranya Sendiri

Stranger Things. (Sumber: Netflix)

Stranger Things. (Sumber: Netflix)

Nggak cuma nyomot film dan serial dari produser lain, Netflix juga sukses membangun ‘kerajaannya’ dengan memproduksi sendiri cukup banyak karya original. Beberapa serial yang ternama antara lain ‘Daredevil’, ’13 Reasons Why’, dan khususnya ‘Stranger Things’ yang kemarin sukses menyabet 4 penghargaan MTV Movie & TV Awards sekaligus.  Sedangkan untuk film, diantaranya adalah ‘1922’ dan ‘Bright’ –yang dibintangi oleh Will Smith dan Taron Edgerton.

Belakangan ini perusahaan yang dibangun oleh Reed Hastings dan Marc Randolph ini pun masih terus saja berkembang. Dengan adanya pesaing seperti Amazon Prime dan Hulu, tentu usaha mereka nggak akan segampang dulu ketika layanan streaming masih belum banyak bermunculan –belum lagi habis ini Google dan DC Entertainment mau bikin streaming platform sendiri, bakal makin rame saingan pastinya.

Baca Juga: Stranger Things: Serial Netflix Tentang Dunia Lain Yang Menegangkan

Netflix “Menyelamatkan” Acara Studio Lain

Lucifer. (Sumber: Fox)

Lucifer. (Sumber: Fox)

Ketika jaringan lain melepas beberapa serial yang mereka pegang, Netflix justru melihat ini sebagai kesempatan buat nyomot serial yang sudah terkenal dan memiliki peminat untuk dibawahi. Yang masih hangat adalah ketika layanan ini menyelamatkan serial ‘Lucifer’ yang dilepas oleh Fox pada season 4 bahkan sebelum kisahnya sempat diselesaikan. Dan baru-baru ini mereka juga bernegosiasi untuk menarik serial ‘Designated Survivor’ yang dibintangi oleh Kiefer Sutherland.

Dan mungkin yang paling terkenal di ranah media Indonesia adalah Iko Uwais yang berkesempatan untuk menjadi produser dari serial-nya sendiri di Netflix. Serial yang berjudul ‘Assasin’ ini nantinya –pasti- akan berfokus ke bela diri, dan kemungkinan besar mengambil seni bela diri pencak silat yang terkenal. Selain Assasin, layanan ini juga telah memesan dua serial baru lain untuk diproduksi, yaitu ‘Monarca’ dan ‘Mixtape’.

Baca Juga: Kini Lucifer Sudah Punya TV Series Loh, Iblis Berada Dekat dengan Manusia!

Netflix Dekat Dengan Komik & Animasi

Castlevania. (Sumber: Netflix)

Castlevania. (Sumber: Netflix)

Gak hanya live-action, Netflix ternyata juga sudah mulai berkarya dalam bentuk serial animasi, salah satunya yaitu ‘Castlevania’. Serial adaptasi game ini diproduksi secara internal untuk enam episode saja, tapi sukses membuahkan hasil yang sangat memuaskan dan telah direncanakan untuk dilanjutkan menuju season dua. Baru-baru ini pun, mereka telah mengumumkan akan memproduksi serial animasi ternama ‘Ultraman’. Tapi Ultraman yang baru ini desainnya jauh lebih keren dan animasinya pun jauh lebih menarik daripada yang biasa kita tonton di TV atau kaset bajakan jaman dulu kala.

Ultraman. (Sumber: Netflix)

Ultraman. (Sumber: Netflix)

Selain mengembangkan sektor original series dan film yang telah menjadi spesialisasinya sejak lama, kini mereka juga nggak segan-segan buat mengembangkan sayap ke sektor komik. Tepat bulan Juni kemarin layanan ini resmi membeli Millarworld –imprint komik milik Mark Millar-, dan memulai langkah mereka dengan merilis komik ‘The Magic Order’. Komik terbitan Netflix pertama ini langsung melejit sukses dan naik ke peringkat kedua untuk penjualan tertinggi bulan Juni, mengalahkan komik Amazing Spider-Man dan Batman –yang notabene sudah jauh lebih terkenal dan akrab di kalangan umum.

The Magic Order. (Sumber: Millarworld)

The Magic Order. (Sumber: Millarworld)

Dari semua yang telah dilakukan Netflix –mulai dari memproduksi serial sampai merilis komik- dalam paruh awal tahun 2018 ini, rasanya bukan berlebihan kalau bilang mereka berkembang sangat pesat. Mereka dengan berani merambah sektor yang mungkin masih enggan untuk disentuh kompetitornya, seperti serial animasi dan komik.

Baca Juga: Ingress The Animation Tayang Eksklusif di Netflix

Disini mereka ‘nekat’ untuk keluar dari zona nyaman-nya, dan sukses untuk mengeksekusi keputusan tersebut. Mungkin ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk lebih berani dalam melangkah, nggak peduli soal banyaknya saingan atau rintangan yang ada. Motivasi emang bisa datang dari mana saja ya, ahahaha.

About Author

Aldyfa Raihan

Aldyfa Raihan

Comments

Most
Popular

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more

Game-Game Besar Nintendo Switch Untuk Musim Liburan 2017

Nintendo sebagai salah satu dari tiga nama besar penguasa bisnis video game dunia tentu juga sudah bersiap-siap menyambu.. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Deretan Game-Game Top PlayStation 4 & Xbox One yang Akan Rilis 2018

Geliat awal tahun terasa di berbagai sisi industri entertainment. Franchise lama maupun IP baru mulai bermunculan dan me.. more

Sumber : CIAYO Comics

Rock in Peace, Gak Selamanya Gangster Itu Buruk

Jadi gangster gak selamanya jahat, loh. Buktinya kayak Rocky cs ini. .. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Dipatok Hingga Ratusan Juta Rupiah, VERTU Menjual Kemewahan Dalam Gadget

Pasar yang Vertu bidik adalah golongan the haves. Kelompok berduit. Orang kaya... more