Nintendo Switch Hadir Kembali Dengan Nintendo Switch Lite. Sebagus Apa?

2 weeks ago
SwitchLite_Lite

Nintendo memang tidak pernah kehabisan ide. Kali ini Nintendo mengumumkan sebuah konsol terbaru yang menjadi pelengkap dari lini Nintendo Switch. Hebatnya lagi, konsol yang diberi nama Nintendo Switch Lite ini akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dan lebih terjangkau ketimbang versi regulernya.

Kok bisa lebih murah? Memang berapa harganya? Sesuai namanya, Switch Lite akan dipasarkan mulai dari US$100 hingga US$200 atau sekitar Rp1,4 juta hingga Rp2,8 juta.

SwitchLite_NintendoPS
Sumber: Nintendo

Berbeda dari versi sebelumnya, Switch Lite dibuat secara eksplisit sebagai perangkat genggam sehingga penggunanya tidak perlu menghubungkan ke perangkat televisi. Lewat sebuah video singkat, General Producer Nintendo Switch, Yoshiaki Koizumi mengatakan bahwa Nintendo Switch Lite memang dibuat khusus untuk digunakan secara handheld. Nah, terus apalagi spesifikasinya? Jangan di skip, jangan sampai kelewatan satu pun!!

Spesifikasi Nintendo Switch Lite

SwitchLite_Cover
Sumber: Cnet Lite

Sesuai dengan namanya, fitur dan spesifikasi dari Nintendo Switch Lite tentu lebih rendah dan sedikit ketimbang pendahulunya. Perbedaan lainnya yang bisa kita lihat adalah joystick. Joystick pada Nintendo Switch Lite tidak dapat dilepas-pasang seperti Switch reguler. Jadi kalau kamu ingin memainkan game dengan dua pemain, kamu harus membeli joystick tambahan Nintendo Switch reguler.

Nintendo Switch Lite memang dibuat lebih sederhana dibanding yang reguler. Hal ini untuk menarik pasar pada gamers baru yang ingin lebih praktis dan baru belajar menggunakan.

Baca juga: Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

Nintendo Switch Lite mempunyai layar seluas 5,5 inci. Ukuran ini lebih kecil dari Switch reguler yang seluas 6,2 inci. Tapi tenang aja, resolusi layarnya masih tetap sama yakni 720 piksel. Sementara fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC masih tersedia pada konsol ini.

SwitchLite_Tampilan
Sumber: The Verge

Karena lebih sederhana, bobot konsol portabel ini juga lebih ringan yaitu sekitar 0,2 kg. Kemampuan baterai di Switch Lite justru lebih sedikit ditingkatkan dibanding varian sebelumnya. Gak heran sebab tata letak cip yang membuat perangkat lebih hemat data serta kurangnya baterai tambahan pada pengontrol bawaan.

Nintendo menyebut Switch Lite dapat memainkan seluruh gim Switch yang mendukung modus handheld. Jadi kalau kamu menggunakan Switch Lite tapi mencoba membeli gim digital yang tidak mendukung modus handheld, maka kamu akan secara otomatis diperingatkan.

Varian Nintendo Switch Lite

SwitchLite_VariasiWarna
Variasi Warna (Sumber: Cnet)

Ada tiga varian warna yang tersedia untuk Nintendo Switch Lite, yakni yellowgray, dan turquoise. Selain itu, ada pula model lain dengan tema Pokemon Sword dan Shield.

Baca juga: Nintendo 2DS: Saudara 3DS Yang (Kadang) Dipandang Sebelah Mata

Peluncuran Nintendo Switch Lite

SwitchLite_Pokemon
Sumber: Rappler

Switch Lite rencananya akan diluncurkan secara resmi pada 28 September mendatang, bertepatan dengan peluncuran gim The Legend of Zelda: Awakening Link. Sedangkan versi Pokemon Sword akan meluncur 8 November 2019.

Baca juga: Nintendo Switch Online Diluncurkan September 2018

Buat kamu yang berencana untuk mengganti Nintendo kamu yang sudah usang atau sudah bosan, kamu gak usah khawatir. Soalnya Nintendo menyebut pemain dapat mengakses data yang disimpan antara Switch dan Switch Lite. Dengan kata lain, gim yang tersimpan di Switch dapat dimainkan di Switch Lite, begitu pula sebaliknya.

Gak usah takut deh untuk kehilangan game kesukaan kamu hehehe.

SwitchLite_NintendoSwitch
Sumber CNN Indonesia

Nintendo Switch Lite cocok banget buat kamu yang gak punya waktu buat main game menggunakan televisi, atau sudah bosan. Warna nya yang colorful juga menarik apalagi buat adik atau ponakan. Yah, mungkin memang masyarakat potensial yang paling menguntungkan untuk Nintendo Switch Lite adalah orang yang sudah memiliki Nintendo Switch.

Kalau menurut kamu gimana? Tertarik untuk membeli?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

James & Martha Season 2 (CIAYO Comics)

James & Martha Season 2: Munculnya Sosok Masa Lalu James

Komik romantis "James & Martha" yang bernuansa Retro Amerika ini sudah memasuki season 2. Pada season 2 kali ini, sang a.. more

Sumber: savingcountrymusic

Grammy Awards Di Boikot? Ini Kata Para Musisi

Pada umumnya musisi terlepas dinominasikan atau tidak, merasa antusias ketika musim penghargaan tiba, termasuk saat ajan.. more

anime spring 2019

8 Anime Spring 2019 Untuk Menemani Bulan Ramadhan

Menyambut bulan Ramadhan, CIAYO Blog menyajikan rekomendasi 8 judul anime spring 2019 yang cocok menemani waktu buka pua.. more

Design by Bisri Mustova

World of Ghibli: Bakal Ada Apa Aja di Sana?

Kupas tuntas perhelatan acara dan ekshibisi World of Ghibli Jakarta!.. more

(pixabay.com)

Lowongan Kerja Remote atau Magang Jadi Jurnalis dan Blogger!

Buat yang suka menulis tentang pop culture (komik, game, film animasi), dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, K.. more