Nintendo Switch Online Diluncurkan September 2018

5 months ago
00-d-nintendo-switch-online

Untuk masa sekarang, kemampuan melakukan “online services” adalah sebuah kewajiban untuk console video game. Hal ini tidak dapat dibantah. Karena kalau dilihat lagi, smartphone (yang walaupun dianggap bagian terbawah dari kasta gaming device namun memiliki userbase paling besar dibandingkan pesaingnya seperti gaming console maupun PC) saja mampu melakukan layanan online di game mereka. Kamu yang pemain game-game smartphone type MMO pasti tahu hal ini. Jadi secara fitur, kemampuan melakukan online service itu wajib ada.

Console sejak era Sega Dreamcast memang di proyeksikan untuk mampu melakukan online services. Kemampuan web browsing dan online gaming sebenarnya bahkan bukan dimulai dari Sega Dreamcast namun boleh dibilang kalau produk Sega itu merupakan pioneer di bagian online-ready tanpa ribet, karena di paket penjualan Sega Dreamcast sudah disertakan modem internal yang dapat mengakses internet melalui jalur kabel telepon. Ini terjadi di tahun 1999.

Sega Dreamcast adalah console pertama dengan modem-ready. Sumber: SegaBits

Sega Dreamcast adalah console pertama dengan modem-ready. Sumber: SegaBits

Selanjutnya semua console pasca Sega Dreamcast berlomba-lomba memamerkan kemampuan online service mereka.

Microsoft (Xbox) dan Sony (PlayStation 2) mulai merintis kemampuan ini di produk mereka. Nintendo? Juga memulainya lewat GameCube. Namun jika ketiganya di adu saat itu, Nintendo berada di bagian paling buncit karena kemampuan online service di GameCube masih dibawah dari apa yang bisa ditawarkan oleh Xbox maupun PlayStation 2.

PlayStation 2 + Broadband Adapter untuk online. Sumber: Eurogamer

PlayStation 2 + Broadband Adapter untuk online. Sumber: Eurogamer

Dan sayangnya Nintendo tidak belajar banyak dari kondisi tersebut, karena di generasi selanjutnya kemampuan online services mereka tetap tidak sebagus kompetitor.

Microsoft Xbox 360 dan Sony PlayStation 3 memiliki kemampuan online yang semakin baik saja dibanding generasi sebelumnya. Microsoft dengan “Xbox Live” dan Sony “PlayStation Network / PSN” praktis menjadi penguasa bersama di bagian online services console gaming, jika dibandingkan dengan Nintendo dan “Wii” mereka.

Sebagai contoh: sistem “GamerTag ID” (Xbox Live) & “PSN ID” (PlayStation Store) lebih user-friendly ketimbang “Friend’s Code” nya Nintendo. Sistem di Nintendo Wii lebih ribet, dengan tidak adanya konsep “satu identitas untuk segala layanan online” karena tiap game Nintendo Wii memakai ID sendiri-sendiri.

Jadi jika saya mau bermain balap go-kart online “Mario Kart” di Wii, ID yang digunakan akan berbeda saat saya bermain game Wii online lainnya. Berbeda kasus dengan Sony misalnya: saya bermain online game balap Gran Turismo 5 dan game berantem Street Fighter III dengan satu identitas gamer yang sama.

Intinya, gamers console dan handheld Nintendo cenderung repot saat mau bermain online di console mereka. Itu terjadi hingga Nintendo Wii U. Bagaimana di era saat ini?

Identitas berbasis angka. Sumber: NintendoWorldReport

Identitas berbasis angka. Sumber: NintendoWorldReport

Console hybrid Nintendo Switch merupakan jagoan terkini Nintendo di pasar game dunia. Saat ini penjualannya sangat baik dan terus menanjak; menandakan kalau Switch sangat digemari oleh gamers Jepang (dan dunia). Tapi bagaimana dengan online services nya?

Sony dan Microsoft tetap stabil di bagian ini. Dan cenderung semakin baik. Baik PlayStation 4 maupun Xbox One tetap memberikan layanan online bagus (toko online + online gaming) dengan sistem berlangganan mereka. Apakah Nintendo punya layanan serupa kali ini?

Mereka punya.

Nintendo Switch Online. Sumber: SoraNews24

Nintendo Switch Online. Sumber: SoraNews24

Tapi pemilik Nintendo Switch masih harus menunggu hingga bulan September 2018 untuk mulai mencobanya. Saat ini Nintendo baru mengumumkan eksistensi layanan tersebut plus biaya berlangganan. Untuk biaya berlangganan bulanan, Nintendo akan men-charge biaya sebesar US$4 per bulan. Harga akan semakin murah jika mengambil opsi berlangganan tahunan. Secara nominal, angka-angka ini masih dibawah harga yang dikenakan oleh Sony dan Microsoft untuk layanan online mereka.

Lebih murah dari lapak sebelah. Sumber: SiliconEra

Lebih murah dari lapak sebelah. Sumber: SiliconEra

Pelanggan Nintendo Switch Online juga akan mendapatkan 20 game NES/Famicom secara gratis yang sudah ditambahkan fitur online gaming: seperti The Legend of Zelda, Super Mario Bros, Balloon Fight, Dr. Mario, dan masih banyak lagi. Pelanggan juga akan mendapatkan akses ke Nintendo Switch online apps smartphone yang akan menjadi sarana komunikasi antar gamers Nintendo Switch dalam format teks maupun suara.

Selain tentunya kemampuan bermain online (kooperatif maupun kompetitif) game Switch seperti Splatoon 2, Mario Kart 8 Deluxe, Mario Tennis Aces ataupun game fighting ARMS, pelanggan layanan ini juga akan mendapatkan kemampuan backup save data ke awan / Cloud Save sehingga mereka tidak perlu kuatir save file game mereka rusak ataupun hilang. Semua aman tersimpan di awan.

Dengan biaya relatif lebih murah ketimbang para pesaingnya, Nintendo Switch Online sepertinya menjadi wajib digunakan untuk para pemilik Nintendo Switch. Tapi belum jelas apakah kali ini Nintendo akan mempermudah sistem identitas gamer di layanan online mereka atau belum. Kita masih harus menunggu sampai layanan ini diluncurkan resmi di bulan September 2018 nanti.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(Sumber: animefestival.jp)

Nominator Tokyo Anime Award Festival 2018. Ada yang dari Republik Czech!

Ada pula “Tokyo Anime Award Festival” yang sebentar lagi akan digelar di Ikebukuro, Tokyo Jepang. Acara ini sebenarn.. more

Sumber gambar: technobuffalo.com

Komputer Gaming Mulai Lamban? Ini Solusinya Sebelum Di-Lembiru!

Secara umum komputer hanya akan bekerja sesuai kapasitas terbaiknya di tiga tahun pertama... more

(Sumber: ultimumvitae.com)

Yuk! Intip Fakta dan Sejarah Penggunaan Emoticon

Kalau kamu pengguna aplikasi messenger di smartphone, pasti kamu udah gak asing lagi dengan yang namanya emoticon dan st.. more

(duniaku.net)

Hikayat Vandaria: Frameless, Sosok Menakutkan Yang Mirip Manusia

Frameless? Apa tuh? Kenapa tanpa bingkai? Emangnya jendela? Berbeda dari mereka yang sering mendalami hikayat Vandaria, .. more

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more