Nippon Ichi Software Mengumumkan Tiga Game Terbaru, Salah Satunya Adalah Remake Disgaea

4 months ago
Sumber gambar: dualshockers.com

Mungkin ada diantara bro sis yang ngefans dengan publisher game Jepang Nippon Ichi Software (NIS). Berita baik: NIS akan mengeluarkan tiga game terbaru tahun ini!

Jika saat ini anak perusahaan mereka di Amerika Serikat, NIS America, terlibat di game SNK Heroines maka NIS Japan   akan mengeluarkan game-game RPG dengan nuansa khas game Jepang.

NIS (dulu bernama Prism Kikaku Ltd. dari 1993 s/d 1995) banyak menciptakan game-game RPG yang berkarakter imut dan lucu serta “Jepang banget” seperti misalnya Disgaea, Marl Kingdom, Phantom Brave sampai La Pucelle: Tactics. Kalau diperhatiin, game-game NIS kebanyakan punya karakteristik desain karakter yang lucu-lucu serta imut dengan gameplay tactical RPG.

Desain NIS kebanyakan imut dan lucu. Sumber gambar: zerochan.net

Desain NIS kebanyakan imut dan lucu. Sumber gambar: zerochan.net

Nippon Ichi Software boleh dibilang perusahaan baru jika dibandingkan nama-nama besar developer/publisher video game Jepang lain. NIS mulai dibentuk 1991 dengan nama awal Prism Kikaku di Prefektur Gifu, Jepang dengan fokus perusahaan di software entertainment. Secara perlahan mereka mulai eksis dan diperhitungkan di bisnis video game walaupun sempat terpuruk di pasar saham medio tahun fiskal 2008 s/d 2009. Saking terkenalnya mereka di area strategi/taktikal RPG, Guiness World Records bahkan menobatkan NIS sebagai “perusahaan video game yang paling banyak merilis game tactical/strategy RPG di dunia”.

Game NIS biasanya ber-desain ala anime. Sumber gambar: siliconera.com

Game NIS biasanya ber-desain ala anime. Sumber gambar: siliconera.com

Beberapa waktu yang lalu NIS mengumumkan kalau mereka akan merilis tiga judul game sekaligus. Namun ketiga game ini diumumkan tanpa kejelasan tanggal rilis, platform, dan bahkan genre yang akan digunakan. Tapi melihat teaser yang mereka perlihatkan saat pengumuman tersebut, hampir pasti kalau dua akan mengusung gameplay RPG seperti kebiasaan NIS sebelumnya. Apalagi salah satu dari tiga judul yang diumumkan itu ternyata remake dari Disgaea; RPG strategi NIS yang populer. Plus, ketiganya diharapkan akan rilis di musim panas 2018 ini mengingat ketiganya sudah dalam taraf penyelesaian dan bukan baru mau dibuat.

Pengumumannya dilakukan oleh Boss NIS Sohei Niikawa dengan cita rasa komedi. Sumber gambar: youtube.comPengumumannya dilakukan oleh Boss NIS Sohei Niikawa dengan cita rasa komedi. Sumber gambar: youtube.com

Pengumumannya dilakukan oleh Boss NIS Sohei Niikawa dengan cita rasa komedi. Sumber gambar: youtube.com

Ketiga game Nippon Ichi Software yang diumumkan tersebut adalah:

Liar Princess and The Blind Prince

Dari judulnya saja sudah terlihat unik ya, bro sis? Usotsuki Hime to Moumoku Ouji alias “Puteri Pembohong dan Pangeran Buta”. Game ini awalnya adalah project seorang web designer di lingkungan Nippon Ichi Software yang terpilih untuk jadi game yang akan dibuat dalam kontes tahunan internal NIS. NIS secara internal perusahaan mengadakan semacam kontes diantara pegawainya untuk mereka menciptakan suatu ide dan kreativitas, dan ide tersebut dipertandingkan secara internal.

Liar Princess and the Blind Prince termasuk salah satu yang menang perlombaan untuk tahun fiskal terkini NIS. Game ini memiliki karakteristik visualisasi keren seperti buku gambar, dan bercerita tentang sesosok monster yang jatuh cinta pada pangeran buta. Monster tersebut merubah wujudnya menjadi seorang puteri, dan kisahnya dibangun dari situ.

Kalau dilihat dari premise cerita dan video teaser yang ada, Liar Princess and the Blind Prince sepertinya bakal sarat drama dan romansa. Kita tunggu aja.

Berkonsep seperti buku cerita bergambar. Sumber gambar: youtube.com

Berkonsep seperti buku cerita bergambar. Sumber gambar: youtube.com

Cuplikan singkat gameplay Usotsuki Hime to Moumoku Ouji alias Liar Princess and the Blind Prince:

 

“Project Nightmare” (judul sementara)

Sangat sedikit informasi yang diberikan oleh NIS untuk judul game yang satu ini, bro sis. Yang saat ini beredar hanyalah informasi kalau Project Nightmare adalah sebuah game horor petualangan yang menggunakan live action dengan video teaser singkat. Hmm… jika digarap dengan bagus bakal jadi game seru sih. Seperti game jadul “Night Trap” yang sempat jadi kontroversi di Amerika dulu. Tapi seperti yang terlihat di teaser, gameplay-nya lebih ke ‘first person view’.

Suasana mencekam dalam format live action video. Sumber gambar: youtube.com

Suasana mencekam dalam format live action video. Sumber gambar: youtube.com

Dua judul yang diumumkan bersama dengan remake Disgaea. Sumber gambar: youtube.com

Dua judul yang diumumkan bersama dengan remake Disgaea. Sumber gambar: youtube.com

Disgaea Remake

Walau jelas bukan game baru tapi ini lumayan menarik karena Disgaea dulu merupakan salah satu game yang sukses sejak dirilis pertama kali tahun 2003 untuk PlayStation 2 dengan judul “Disgaea: Hour of Darkness”. Sebelum Remake ini diumumkan, Disgaea sudah pernah di-port ulang ke PlayStation Portable, Nintendo DS dan PC Windows. Tapi mungkin Remake akan berbeda dari port-port sebelumnya; mungkin akan ada update grafis dan tambahan yang tidak ada di versi sebelumnya? Siapa tahu ‘kan?

Disgaea bakal mendapatkan treatment Remake. Sumber gambar: youtube.com

Disgaea bakal mendapatkan treatment Remake. Sumber gambar: youtube.com

Walaupun tidak sebesar Square Enix atau Koei Tecmo namun Nippon Ichi Software alias NIS tetap merupakan pemain penting di game RPG Jepang dengan IP mereka yang beragam. Patut ditunggu apakah Liar Princess and the Blind Prince, Project Nightmare serta Disgaea Remake akan melanjutkan reputasi bagus NIS di bidang RPG atau malah sebaliknya.

Video pengumuman Presiden Nippon Ichi Software Sohei Niikawa yang secara ‘tidak sengaja’ menunjukkan kalau akan ada game Disgaea lain (Disgaea 6?) serta Remake game lain dalam proyek terbaru NIS:

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

sumber: www.tripwiremagazine.co.uk

Film Unsane, Ketika Film Psychology Thriller Dibuat Menggunakan Kamera iPhone7 Plus

Gimana jadinya kalau handphone digunakan untuk membuat sebuah film? Mungkin Unsane bisa menjadi jawabannya... more

Kisah rakyat Norwegia yang banyak di-adaptasi pop culture. Sumber gambar: youtube.com

Mitologi Ragnarok: Mulai Dari Komik Marvel Hingga Game Online RPG Korea

Mendengar kata “Ragnarok” belakangan ini mungkin akan membuat bro sis langsung teringat dengan film “Thor: Ragnaro.. more

Sumber: geektyrant.com

Whisper: Film Pendek yang Digitally Horror!

Kalau kamu suka nonton film horror, kamu mungkin menyadari kalau kejadian horror gak hanya terjadi pada saat seseorang p.. more

pop team epic header

First Impression Anime Pop Team Epic: Meme Nirfaedah Dalam Bentuk Anime

WARNING: Anime ini bisa bikin bro sis kebingungan. .. more

20 Film Yang Bersaing Di Golden Globe Dengan Kategori Berbeda. Ada Favoritmu?

Tahun ini acara penghargaan untuk insan perfilman dunia yaitu Golden Globe Awards memasuki tahun ke 75. Akan banyak film.. more