Nvidia Shield K1: Tablet Gaming Android Keren Dari Nvidia

1 year ago
Nvidia Shield K1. Tablet gaming dari Nvidia. Sumber gambar: xda-developers.com

Nvidia adalah sebuah brand yang sangat kuat dan diperhitungkan di area komponen komputer, terutama di bagian kartu grafis.

Dengan jejeran produk mereka di kelas mainstream maupun premium, Nvidia adalah nama besar yang menguasai pasar secara konstan selama bertahun-tahun. Walaupun berada dalam persaingan sengit dengan AMD, namun Nvidia masih tercatat sebagai penyuplai kartu grafis tertinggi di pasar global. Produk premium mereka seperti GTX 1080Ti serta seri Titan X masih tercatat sebagai kartu grafis yang terbaik di kelasnya. Gaming dengan menggunakan kartu grafis seperti GTX series memastikan tampilan terbaik dari sebuah video game di PC.

Kartu grafis PC impian (hampir) semua gamers PC dari Nvidia. Sumber gambar: trustedreviews.com

Kartu grafis PC impian (hampir) semua gamers PC dari Nvidia. Sumber gambar: trustedreviews.com

Dengan reputasi kinclong seperti itu, apakah produk tablet Nvidia akan sama menterengnya? Pada medio akhir 2015, Nvidia mengumumkan kehadiran Nvidia Shield K1.

Nvidia Shield K1. Tablet android gaming-centric. Sumber gambar: shield.nvidia.com

Nvidia Shield K1. Tablet android gaming-centric. Sumber gambar: shield.nvidia.com

Ini adalah tablet Android gaming yang diciptakan oleh Nvidia setelah sebelumnya mereka menciptakan Shield Portable, yang sangat gaming-centric ketimbang berfungsi sebagai sebuah tablet Android (karena joystick yang menempel di layarnya itu sangat identik seperti joystick video game console).

Nvidia Shield Portable (kiri) dan Nvidia Shield K1 (kanan). Sumber gambar: youtube.com

Nvidia Shield Portable (kiri) dan Nvidia Shield K1 (kanan). Sumber gambar: youtube.com

Nvidia Shield K1 memiliki struktur desain yang lebih “standard” sebagai sebuah tablet Android, sehingga lebih dapat digunakan untuk hal-hal lain selain video game.

Karena Shield K1 lahir setelah Shield Portable maka secara alamiah K1 memiliki jeroan yang lebih mumpuni. Shield K1 menggunakan Nvidia Tegra K1 SoC chipset yang merupakan prosesor mobile dengan kinerja prima di kelasnya. Shield K1 memiliki layar 8 inchi dengan resolusi 1.920 x 1.200 yang sudah pasti memberikan tampilan grafis yang cerah dan cemerlang. K1 juga menggunakan dual speaker di bagian depan tablet.

Ukurannya pas di tangan dengan display yang cerah serta tajam. Sumber gambar: expertreviews.co.uk

Ukurannya pas di tangan dengan display yang cerah serta tajam. Sumber gambar: expertreviews.co.uk

Ada pula slot MicroSD (kapasitas hingga 128GB) untuk menambah ruang memory internal yang tersedia dalam varian 16GB atau 32GB. Kamera depan dan belakang tampil seragam dengan ukuran 5 MegaPixel dengan kemampuan HDR. Memang bukan megapixel terbesar yang ada di pasaran, namun mengingat ini adalah sebuah tablet maka ukuran itu sudah memadai. Sementara slot yang ada di Shield K1 ini adalah Micro USB serta mini HDMI untuk menyambungkan tablet Android ini ke televisi atau proyektor yang memiliki slot HDMI.

HDMI slot memungkinkan tablet ini disambung ke TV atau layar lain. Sumber gambar: expertreviews.co.uk

HDMI slot memungkinkan tablet ini disambung ke TV atau layar lain. Sumber gambar: expertreviews.co.uk

Saat diluncurkan, Shield K1 menggunakan sistem operasi Android Lollipop, namun Nvidia sudah merilis update Android Nougat secara OTA alias Over The Air untuk Shield K1 yang ada di pasaran. Pemilik Shield K1 tinggal melakukan update langsung dari tablet mereka tanpa harus repot mendatangi pusat penjualan ataupun service center lagi.

Shield K1 menggunakan Tegra K1 SoC. Dengan kecepatan 2.2Ghz quad-core ARM Cortex A15, pengolah grafis Nvidia Kepler dengan 192 CUDA cores dan RAM DDR3 low power sebesar 2GB menjadikan Shield K1 memiliki banyak kemiripan dengan rangkaian kartu grafis kelas desktop yang dimiliki oleh Nvidia. Ditunjang daya tahan baterai yang mencapai 10 jam akan membuat tablet ini menyamai tablet-tablet premium yang beredar di pasaran.

Nvidia Shield K1 memiliki komponen terbaik. Sumber gambar: androidpolice.com

Nvidia Shield K1 memiliki komponen terbaik. Sumber gambar: androidpolice.com

Seperti halnya Shield Portable, Shield K1 juga di-support kemampuan gaming yang prima. Bahkan Nvidia juga menyediakan controller ala console untuk dipasangkan dengan Shield K1 ini, yang dijual terpisah. Bentuknya menyerupai joystick console seperti Xbox + PS sehingga gamer console tidak akan mengalami kesulitan menyesuaikan diri menggunakannya.

Controller dengan rasa yang familiar. Sumber gambar: nvidia.com

Controller dengan rasa yang familiar. Sumber gambar: nvidia.com

Dengan apa yang ditawarkan oleh Shield K1 ini, Nvidia bersaing ketat dengan tablet-tablet Android premium lain seperti Nexus 7 atau malah dengan tablet iOS keluaran Apple seperti iPad Mini 3. Dengan kemampuan teknis dan tampilan yang hampir serupa, ketiganya dapat dikatakan sesuai untuk di adu satu sama lain. Yang membuat Shield K1 berbeda dari kompetitor adalah adanya teknologi Nvidia sebagai pengolah grafis serta kemampuan pairing dengan controller game official dari Nvidia sendiri sehingga lebih baik dibanding tablet-tablet sejenis yang mengandalkan joystick dari 3rd party yang kadang tidak begitu bagus desain dan kompatibilitasnya.

iPad Mini 3 dari Apple. Tablet mini yang juga mumpuni di gaming. Sumber gambar: youtube.com

iPad Mini 3 dari Apple. Tablet mini yang juga mumpuni di gaming. Sumber gambar: youtube.com

Dengan harga awal $299 (untuk ukuran 16GB) dan kini $199 per November 2015, Nvidia Shield K1 masih sangat layak untuk dimiliki terutama untuk yang menginginkan tablet Android mumpuni dalam urusan grafis serta gaming. Dibandingkan tablet kelas atas lainnya seperti Samsung Galaxy Tab S atau Google Nexus dan Apple iPad, Nvidia Shield K1 mungkin kalah kelas. Tapi dengan harga kompetitif, dan kemampuan grafis kelas Nvidia, Shield K1 tetap menarik buat yang mengerti kualitas sebuah gadget.

Apakah bro sis gamers berminat punya satu Nvidia Shield K1? Beliin saya juga dong~ hihi

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: solopos.com

Jangan Ngaku Punya Nyali Kalau Gak Berani Nonton Film Horror Klasik di Bawah Ini!

Setuju gak kalau film classic atau film jadul menampilkan sebuah asthetic yang gak bisa direpsentasikan ulang di jaman s.. more

(Youtube BEKRAF Game Prime 2017)

Hal yang Bisa Kamu Dapetin Kalau Datang ke Game Prime 2017

Setelah sukses menggelar Game Prime 2016, tahun ini Game Prime kembali hadir dengan tema “Moving Forward: Accelerate G.. more

(from : jurnalotaku.com)

3 Cosplayer Imut dari China Ini Bikin Heboh Comifuro 9

Bagi kalian nih guys, yang demen banget sama video game ataupun film bertema anime, pastinya udah gak asing lagi dong de.. more

00-dos-d

DOS, Game Kartu Lanjutan UNO – Bagaimana Cara Mainnya?

Sekuel game kartu UNO, DOS, kelihatannya bakal sama kacaunya dengan UNO. Tapi kenyataannya justru permainannya jauh lebi.. more

thumb-4

7 Film Tebaru di Bulan Mei 2018, Dari Superhero Gila Sampai Petualangan Luar Angkasa

Bulan baru artinya tontonan baru! Ini dia film terbaru bulan Mei 2018 yang akan segera datang ke bioskop terdekat!.. more