One Cut of the Dead: Film Pembuka PSJ 2018 Yang Penuh Kejutan

4 months ago
00-one-cut-of-the-dead

Biasanya film horor suka menjual gimmick-gimmick unik seperti direkam dalam format mockumentary hingga disampaikan lewat rangkaian video CCTV. Film horor Jepang One Cut of the Dead, seperti judulnya, direkam hanya dalam satu take saja.

One Cut of the Dead mengisahkan tentang proses shooting sebuah film zombie di sebuah gudang tua. Sang sutradara yang tak puas dengan penampilan para aktornya, memilih untuk break sejenak. Dari break sebentar tersebut, tiba-tiba suasana berubah mencekam. Zombie sungguhan muncul dan meneror para kru dan aktor. Rupanya kemunculan zombie tersebut adalah ulah sang sutradara itu sendiri agar para aktor termotivasi dan memberikan ekspresi yang nyata.

Zombie cowok itu aslinya adalah aktor… dulunya. Sumber: Cinapse

Zombie cowok itu aslinya adalah aktor… dulunya. Sumber: Cinapse

Selama 30 menit, penonton akan disuguhi teknik sinematografi yang sangat apik. Membuat film dalam satu take memang bukan urusan yang mudah, karena harus melalui perencanaan yang sangat matang. Proses produksi harus berjalan sangat sempurna, dimana kesalahan sekecil apapun tidak bisa ditolerir.

Meski begitu, One Cut of the Dead mampu menyajikannya dengan baik. Unsur film low budget dengan arahan guerrilla style membuat film ini terasa sangat unik. Melihat alur film dari sudut pandang kameramen itu sendiri terasa sangat unik karena tidak ada momen yang terlewatkan. Penonton dipaksa untuk terus terhubung dengan aksi-aksi mencekam dalam film ini.

Walaupun terasa singkat, One Cut of the Dead menyajikan sebuah perspektif unik dalam film horor dan film zombie secara spesifik. Akting karakternya memang terasa canggung dan kurang mengena, namun semua itu terbayar ketika para zombie betulan muncul dan meneror mereka.

Baca Juga: Cargo, Menarik Di Atas Kertas Dengan Ide Unik Untuk Sebuah Film Zombie

Keren sih, tapi…

“Jangan berhenti merekam!” pesan sang sutradara. Sumber: MyMBuzz

“Jangan berhenti merekam!” pesan sang sutradara. Sumber: MyMBuzz

PERHATIAN: SPOILER ALERT!

One Cut of the Dead ternyata belum selesai sampai di situ saja. Rupanya potongan one cut film zombie barusan hanya satu bagian dari keseluruhan film berjudul asli Camera wo Tomeru na ini.

One Cut of the Dead merupakan film pembuka dari Pekan Sinema Jepang 2018, rangkaian acara di bulan Desember 2018 yang menyajikan film dan anime terbaik dari sineas Jepang. Keputusan memilih One Cut of the Dead sebagai pembuka PSJ 2018 yang diadakan di CGV Grand Indonesia ini rupanya sangat tepat. Kenapa? Karena begitu film tersebut “selesai,” kejutan lain masih menyimpan: rupanya film tersebut belum selesai.

Kru film memfilmkan kru film yang memfilmkan kru film. Bingung? Sumber: The Reel Bits

Kru film memfilmkan kru film yang memfilmkan kru film. Bingung? Sumber: The Reel Bits

Usut punya usut, ternyata rahasia di balik One Cut of the Dead adalah menampilkan rahasia di balik proses pengambilan film one take tersebut. Dan uniknya, sesi behind the scene ini pun punya jalan ceritanya sendiri. Rupanya One Cut of the Dead merupakan sebuah variety show televisi yang ditayangkan secara live hanya dalam satu kali take saja. Makanya disebut dengan One Cut of the Dead.

Sutradara One Cut of the Dead (in universe) adalah Takayuki Higurashi (Takayuki Hamatsu), seorang sutradara yang dikenal fleksibel dan efisien, namun diam-diam memiliki hasrat mendalam untuk menjadikan film sebagai sebuah media seni. Proses penggarapan One Cut of the Dead dimulai dengan merekrut aktor kawakan seperti Aika Matsumoto (Yuzuki Akiyama) yang berasal dari agensi besar, Kazuaki Kamiya (Kazuaki Nagaya) yang sering melawan arahan sutradara, Manabu Hosoda (Manabu Hosoi) yang alkoholik, dan masih banyak lagi.

Saat hari dimana shooting live One Cut of the Dead diadakan, banyak masalah mendera. Aktor yang memerankan sutradara dan penata rias terlibat kecelakaan, sehingga sutradara Takayuki menjadi penggantinya bersama sang istri Harumi (Harumi Syuhama). Anak mereka yang merupakan seorang asisten sutradara pemula, Mao (Mao) menggantikan posisi Takayuki ketika sang ayah pergi ke set.

Salah satu momen klimaks One Cut of the Dead. Sumber: BookMyShow

Salah satu momen klimaks One Cut of the Dead. Sumber: BookMyShow

Di segmen kedua One Cut of the Dead inilah rahasia one cut di awal dibongkar. Berbagai adegan keren yang muncul di bagian one cut ternyata merupakan hasil dari musibah yang tak disangka. Dari sini, penonton justru dibuat tertawa saat melihat kembali adegan yang pada awalnya seharusnya terlihat sangat serius dan mencekam.

Ambil contoh saat sang sutradara memarahi aktor cowok yang sering melawan perintahnya. Pada kenyataannya, sutradara Takayuki berimprovisasi melakukan adegan tersebut karena terinspirasi pengalamannya menangani Kazuaki yang sangat rewel dan susah diatur. Bagian lain saat kemunculan perdana Manabu yang menjiwai perannya sebagai zombie. Ternyata itu adalah akibat ia meminum sake sebelum mulai shooting. Beberapa kali ia muntah di muka para aktor, namun muntah tersebut bukan dibuat-buat. Dia benar-benar hangover dan sedang teler.

Bapak ini aslinya sedang mabuk, tapi dipaksa berakting jadi zombie. Sumber: Creative Tourist

Bapak ini aslinya sedang mabuk, tapi dipaksa berakting jadi zombie. Sumber: Creative Tourist

Memang awalnya kelihatan lucu melihat banyak sekali adegan keren yang ternyata merupakan hasil improvisasi dari kesalahan teknis dan nonteknis selama proses shooting. Namun hal ini juga merupakan sebuah realitas tersendiri dari proses produksi film. Sekecil apapun itu, sebuah kesalahan dan musibah tidak bisa dihindari, dan memaksa para kru untuk melakukan improvisasi.

Tak hanya mencekam dan menghibur, One Cut of the Dead juga seakan memberi wawasan tentang apa yang tidak direkam oleh kamera di dalam sebuah film. Shinichiro Ueda mampu menyajikan fakta-fakta ini dalam sebuah cerita yang sangat meta.

Coba tebak: ini foto bareng kru One Cut of the Dead di dalam filmnya, atau foto bareng kru One Cut of the Dead yang asli? Sumber: Johnny Alucard

Coba tebak: ini foto bareng kru One Cut of the Dead di dalam filmnya, atau foto bareng kru One Cut of the Dead yang asli? Sumber: Johnny Alucard

Pekan Sinema Jepang 2018 masih dibuka hingga tanggal 16 Desember 2018. Kamu bisa menonton banyak film keren dari Jepang mulai dari film drama, film klasik, anime, hingga tokusatsu. Cek website resmi mereka untuk melihat jadwal tayang setiap film.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju dikt.. more

Sumber gambar: pinterest.com

Sepuluh Nama Keluarga Jepang Dengan Maknanya

Berikut sepuluh nama keluarga di Jepang dengan makna dibaliknya. .. more

CIAYO Comics

Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi.. more

Sumber: variety.com

Review Film Loveless: Pudarnya Seorang Anak Akibat Rasa Sakit yang Dicipta Orangtuanya

“Loveless” bergerak dalam tema yang tidak jauh dari film-film Andrey lainnya. Hanya saja kali ini suasana yang diban.. more

Sumber: immediate.co.uk

10 Mantra Harry Potter yang Memiliki Manfaat Besar Bila Digunakan di Dunia Nyata

Nyatanya, seperti yang kita baca di novelnya atau lihat di filmnya, terdapat juga beberapa mantra yang memiliki manfaat .. more