Pemuda Ini Tinggalkan Narkoba Demi Melihat One Piece Tamat!

4 weeks ago
00-d-one-piece-tamat

Setiap orang punya alasan untuk menyukai sesuatu, tak terkecuali anime dan manga. Alasannya macam-macam, entah itu karena adegannya keren dan ceritanya menarik, atau karena inspiratif dan mampu mengubah hidup.

Hal yang sama terjadi pada sosok Iman. Pemuda berusia 28 tahun ini mengaku dulunya merupakan pecandu narkoba. Kini ia telah tobat dan menjalani hidup lebih baik. Motivasinya ada dua: kesehatan tubuh, dan juga manga One Piece! Seperti apa cerita hidup Iman?

Sumber: Detik

Sumber: Detik

Iman mengaku telah mengenal obat-obatan terlarang sejak masih SD. “Awal mulanya kisaran 90-an, mulai rokok itu sekitar kelas 4 SD, kira-kira tahun 1993/1994, kemudian untuk ganja atau putaw antara akhir SD sampai dengan SMP,” ungkap Iman.

Dikutip dari detikHealth, Iman makin tenggelam dalam dunia narkotika karena barang yang mudah didapat. Menghisap dan menyuntik barang haram tersebut sudah jadi santapan sehari-hari. Alat-alatnya pun saling dipakai bergilir satu sama lain.

Puncaknya, pada tahun 2004 Iman didiagnosa mengidap HIV/AIDS. Selain itu, Iman juga tertangkap dalam sebuah razia polisi. Syukur, kejadian tersebut memotivasi Iman untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Iman mengaku selama 13 tahun sejak didiagnosa AIDS, ia tidak pernah diberikan obat ARV yang seharusnya diminum terus seumur hidup. “Ketika 2004 saya positif, saat itu kebijakan belum seperti sekarang. Orang boleh dapat ARV bagaimanapun keadaannya. Kalau dulu, orang harus menunggu CD4 di atas 200,” kenangnya.

Untuk bertahan hidup, Iman memilih untuk mengubah pola hidupnya. Menurutnya, penyakit berasal dari pikiran dan perut, sehingga Iman memilih untuk memperbaiki pola hidupnya. Ia rajin berolahraga, makan sehat, tidak begadang, dan rutin mengikuti kajian agama.

Menanti One Piece Tamat

Sumber: Amino App

Sumber: Amino App

Tapi ternyata, ada satu lagi rahasia yang memotivasi Iman untuk hidup sehat: One Piece. “Saya suka komik, saya pengin banget mempertahankan kehidupan, saya pengen lihat One Piece tamat,” ungkap Iman. Menurut Iman, membaca One Piece memberikan dia sugesti untuk terus hidup.

Selain One Piece, Iman juga suka membaca manga lain seperti Naruto. “Sebelumnya Naruto, Naruto sudah tamat,” imbuh Iman. Mungkin karena Iman sudah berhasil menyaksikan akhir dari petualangan Naruto, kini ia beralih membaca One Piece.

Sumber: IDNation

Sumber: IDNation

Sampai tulisan ini dibuat, manga One Piece karangan Eichiro Oda masih berlanjut. Di antara 3 besar komik Shonen Jump: Naruto-One Piece-Bleach, kini hanya tersisa One Piece saja yang masih berjalan ceritanya. Namun dalam satu berita, Oda menyebutkan bahwa kisahnya saat ini telah rampung sekitar 80%. “Jika waktunya One Piece tamat tiba, aku tak mau mendengar editorial mengatakan ‘Tolong lanjutkan lebih lama lagi.’ Saya akan akhiri (One Piece) sesuka saya,” ungkap Oda.

Kini, Iman sudah bersih dari pengaruh narkoba. Sejak tahun 2017 lalu pun, Iman sudah mengkonsumsi obat ARV untuk menambah ketahanan tubuhnya. Jika Iman terus menjaga kesehatannya, serta Tuhan mengizinkan, bukan tak mungkin Iman bisa menjadi saksi rahasia dari harta karun One Piece yang jadi incaran Luffy dan kawan-kawan.

Baca Juga: Eiichiro Oda: Tolong Dukung Luffy dan Kawan-Kawan Sedikit Lebih Lama Lagi

one piece tamat

Sumber: Duniaku

Cerita Iman ini nampak mirip dengan kejadian yang pernah dialami Oda di masa lalu. Ia membocorkan ending dari One Piece kepada satu anak bernama Hinati Fujinami yang menderita kanker paru-paru. Oda dengan senang hati memberitahukan ending dari One Piece kepada Fujinami secara pribadi, berduaan saja.

Setelah diberi tahu oleh Oda secara pribadi, Fujinami tak bisa menahan rasa harunya. “One Piece sangat indah,” begitu katanya. Oda pun tak bisa menahan tangisnya saat melihat kondisi Fujinami, yang mungkin menjadi salah satu alasan baginya untuk mewujudkan impian sang anak yang tak punya waktu lama untuk terus hidup.


Gimana dengan cerita Iman barusan, inspiratif nggak? Tentunya kisah Iman ini bisa jadi panutan bagi kita semua. Ia mampu menemukan semangat hidupnya lewat sebuah manga Jepang, sesuatu yang mungkin dipandang tak lebih sebagai bacaan waktu luang. Dalam momen terendah dalam hidupnya, Iman masih bisa berpegang teguh pada hal yang ia sukai dan kagumi. Ia pun berjanji untuk terus hidup, setidaknya sampai ia mampu menyaksikan One Piece tamat, sebagaimana ia menyaksikan Naruto tamat dalam hidupnya.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu juga punya kisah hidup yang mirip dengan Iman? Apa kamu punya judul komik, film, game, atau apapun yang menginspirasi dan mengubah hidup kamu? Tulis di kolom komentar ya. Kamu juga bisa baca berbagai komik webtoon online bertema petualangan di CIAYO Comics, siapa tahu bisa ikut menginspirasi kamu!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: grunge

10 Film yang Sering Dianggap Sebagai Film Terkutuk, Faktanya Bikin Merinding!

Siapa yang mengira kalau memerankan sosok pahlawan super pembela kebenaran, justru malah menjadi petaka bagi seluruh akt.. more

Si Bedil (CIAYO Comics)

Yuk Kenalan Sama Si Bedil, Marbot Dadakan Mesjid Al-Ikhlas

Ada yang baru nih! Udah kenal sama Si Bedil, Marbot dadakan Mesjid Al-Ikhlas? Apa yang unik dari dia?.. more

Sumber: myanimelist.net

Anime dengan Rating Terbaik di Musim Gugur 2017

Penayangan anime di Jepang terbagi ke dalam 4 musim: spring, summer, fall, dan winter. Di penghujung bulan Desember seka.. more

Game “Detroit: Become Human”, Gambaran Memikat Lewat Demo Yang Lumayan Panjang

Detroit: Become Human adalah game Action-adventure terbaru yang dikembangkan oleh developer Quantic Dream. Jika kalian m.. more