Villain Film Aquaman Terungkap! Seperti Apa Kisahnya?

3 months ago
00-d-aquaman

Gimana jadinya kalau pecinta alam ningrat muak sama orang-orang yang suka buang sampah sembarangan? Percaya deh, nggak bagus.

Kalimat itu udah cukup buat mendeskripsikan gimana motivasi Orm sebagai perebut tahta Atlantis nantinya sebagai oposisi dari Arthur. Kebencian Orm akan makhluk daratan plus keinginannya buat nyatuin ke-tujuh kerajaan laut melawan mereka akan menjadi visi dan misi yang harus ditantang oleh Arthur Curry, yang bukan penduduk asli Atlantis.

Patrick Wilson –sebagai pemeran dari Ocean Master atau Orm- bilang sendiri kalau tokohnya nanti bakal jadi semacam ‘eco-warrior’ atau pejuang lingkungan. Keinginan utamanya cuma satu, yaitu ngeberesin semua yang dilakukan makhluk daratan ke laut, macam buang sampah, limbah, dan sejenisnya. Kalau begini sih seharusnya tujuannya mulia ya, orang sayang lingkungan kok.

“Orang-orang permukaan udah mengotori kediamannya selama ratusan tahun. Masalah itu cukup mudah dipahami oleh kita semua. Bayangan saja kalau udara yang kamu hirup dikotori dan kehidupanmu dirusak,” kata Wilson ketika diwawancarai oleh Entertainment Weekly.

Amber Heard, James Wan, Jason Momoa dan Willem Dafoe di set syuting film Aquaman (Sumber: Entertainment Weekly)

Amber Heard, James Wan, Jason Momoa dan Willem Dafoe di set syuting film Aquaman (Sumber: Entertainment Weekly)

Weits, tapi usaha ‘pemberesan’ Orm ini nggak main-main loh. Seperti yang beberapa kali diceritain di komik, Orm melakukan usaha pembersihan lingkungan ini yaitu dengan cara menjajah bumi. Masalahnya, kerajaan Atlantis ini punya teknologi dan militer yang sudah jauh lebih berkembang dibandingkan militer negara manapun di bumi. Ditambah jumlah pasukan mereka yang nggak sedikit, mungkin tanpa Aquaman dan Justice League, semua penduduk daratan bisa dibantai habis.

Disitulah peran Aquaman hadir sebagai penyeimbang tujuan mulia Orm. Berbeda 180 derajat dengan saudaranya, Arthur Curry malah pengen Atlantis membangun hubungan diplomatik dengan negara-negara di daratan, terutama Amerika Serikat. Hal ini bisa kita lihat beberapa kali dalam komik, dimana Arthur membangun kedutaan besar Atlantis di lepas pantai Amerika.

Arthur Curry dan Mera di daratan. (Sumber: Entertainment Weekly)

Arthur Curry dan Mera di daratan. (Sumber: Entertainment Weekly)

Soal perbedaan visi nya sama Arthur, James Wan udah bocorin dikit soal hubungan kedua pewaris tahta Atlantis tersebut. “Orm menghargai saudaranya yang tinggal di permukaan, dan sebenarnya pengen memimpin Atlantis sama-sama, tapi Arthur tidak sepemikiran dengannya. Kebanyakan perselisihan mereka berasal dari asuhan yang berbeda,” jelasnya.

Pemandangan kuil yang menunjukkan patung penguasa kerajaan dari tujuh lautan. Di sisi kiri merupakan pasukan kerajaan Xebel, dan di sisi kanan pasukan Atlantis. (Sumber: Entertainment Weekly)

Pemandangan kuil yang menunjukkan patung penguasa kerajaan dari tujuh lautan. Di sisi kiri merupakan pasukan kerajaan Xebel, dan di sisi kanan pasukan Atlantis. (Sumber: Entertainment Weekly)

Kalau begini, film Aquaman bisa jadi akan sesukses ‘Black Panther’ jika dieksekusi dengan bagus. Kenapa? Karena disini James Wan dan Patrick Wilson menawarkan sosok tokoh antagonis yang sebenarnya memiliki visi bagus dan impian bagus, yang bisa berhubungan dengan apa yang dirasakan oleh penonton. Kurang lebih mirip sama karakter Killmonger di film Black Panther. Jujur lah, siapa sih yang nggak prihatin ketika lingkungan tempat tinggalnya dikotori orang nggak bertanggung jawab? Tentu kita semua bisa mengapresiasi visi Orm dan tidak semata-mata membencinya sebagai antagonis.

Disamping Orm, film Aquaman juga akan menampilkan tokoh antagonis lain yang hingga saat ini masih belum memiliki info jelas akan perannya diantara konflik perebutan tahta Atlantis, yaitu Black Manta yang diperankan oleh Yahya Abdul-Mateen II.

Yahya Abdul Mateen II dengan helm Black Manta yang ikonik. (Sumber: Entertainment Weekly)

Yahya Abdul Mateen II dengan helm Black Manta yang ikonik. (Sumber: Entertainment Weekly)

David Hyde merupakan tentara dan pembunuh bayaran yang terlatih, dengan dipersenjatai persenjataan canggih rancangannya yang nggak kalah sama kekuatan teknologi Atlantis. Konflik diantara keduanya dimulai pas Manta disewa orang buat mengambil darah dari Aquaman buat memastikan kalau Arthur itu Atlantean. Dalam pertempuran untuk mendapatkan darah Arthur, ayah dari mereka sama-sama terbunuh. Dan akhirnya Manta mengabdikan dirinya untuk memburu Aquaman dan membalaskan dendam kesumatnya.

Disini kita akan berhadapan dengan dua villain sekaligus, hampir sama seperti film Wonder Woman dimana Diana Prince berhadapan sama Dr. Poison dan Ares. Ini akan jadi tantangan tersendiri bagi Wan, apakah dia menceritakan origin singkat dari kedua tokoh? Atau hanya origin dari salah satunya yang lebih penting? (Seperti di film Wonder Woman dimana Patty Jenkins hanya menceritakan asal usul dari Ares).

Nicole Kidman sebagai Ratu Atlanna menggendong bayi Arthur Curry. (Sumber: Entertainment Weekly)

Nicole Kidman sebagai Ratu Atlanna menggendong bayi Arthur Curry. (Sumber: Entertainment Weekly)

Entah bagaimana plotnya akan berlangsung, tapi pastinya Orm tidak akan pernah bisa bekerja sama dengan Manta, karena tujuan Orm yang pengen ‘membereskan’ penduduk darat. Bukan nggak mungkin loh kalau nantinya Orm berakhir bantuin Arthur buat lawan Manta dan filmnya berakhir dengan happy.

Yang pasti, kita berharap kalau nantinya James Wan bisa meracik film Aquaman sedemikian rupa agar hasilnya bisa menakjubkan layaknya film solo sebelumnya. Selain itu, melihat rekor dua film origins sebelumnya, DC selalu berhasil menghasilkan film yang bagus –berbanding terbalik dengan film tim seperti ‘Suicide Squad’ dan ‘Justice League’.

Semoga saja film live-action semata wayang DCEU di tahun 2018 ini bisa menjadi titik balik kesuksesan bagi sektor film DC yang belakangan mulai terpuruk. In James Wan we trust lah pokoknya!

About Author

Aldyfa Raihan

Aldyfa Raihan

Comments

Most
Popular

Tahun 2017 Waktunya Berkolaborasi Dengan CIAYO Comics

Yes guys! Tahun ini adalah awal yang tepat untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics!.. more

sumber: SafeWithTech

ESRB Rating: Apakah Masih Ngaruh dan Relevan untuk Diterapkan Terhadap Gamers Zaman Now ?

Memasuki era globalisasi, semua menjadi serba mudah. Termasuk akses untuk memainkan video game. Sayangnya hal ini tidak .. more

00-d-ghost-parade

Ghost Parade, Game Indonesia Yang Buat Kejutan di Anime Expo 2018

Game platformer Indonesia Ghost Parade akan rilis di PS4, Switch dan PC oleh Aksys Games. Hal ini diumumkan di Anime Exp.. more

XBox One X (Sumber: theverge.com)

E3: Project Scorpio Kembali Hadir Dengan Varian mininya, Xbox One X!

Satu kabar lagi dari E3 (Electronic Entertainment Expo) 2017. Nah, kali ini kita bakal ngebahas khusus tentang XBox. Tah.. more

(Sumber: Rocketnews24.com)

Coca Cola Rasa Buah Peach Telah Hadir di Jepang!

Kira-kira dari mana ya ide unik ini muncul?.. more