Otaku’s World, Mengoleksi Action Figure

6 months ago
pinterest.com

Salah satu hobi yang biasa dimiliki oleh otaku adalah mengoleksi action figure dari karakter kesukaannya. Figures atau miniatur kecil ini luas cakupannya. Gak hanya hadir dalam bentuk tokoh karakter pop culture, tapi juga bentuk miniatur bangunan atau transportasi, seperti mobil atau pesawat. Tapi kali ini kita bakal membahas tentang figures dari anime yang banyak dikoleksi oleh penggemar anime dan manga.

Di Jepang, figures ini populer banget. Gak heran kalau untuk membelinya di toko saat baru pertama kali dijual, harus cepet-cepetan sama yang lain. Terutama untuk figure dari karakter tokoh anime yang terkenal dan limited edition. Harganya juga gak murah. Terus kenapa orang-orang sampai bela-belain untuk mengoleksi miniatur plastik itu ya?

pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Ada sebutan untuk orang yang suka mengoleksi figure anime, yaitu “Figure moe zoku”. Penggemar dari suatu animasi atau otaku pasti ingin punya barang atau official goods dari tokoh yang mereka suka. Sama seperti penggemar dari band yang biasa membeli goods ketika konser, punya figure sama seperti punya representasi dari tokoh yang disukai.

Pabrik yang membuat figurines melihat ini sebagai peluang besar, jadi mulai dari lima atau tujuh tahun lalu, figure yang dijual gak hanya tokoh anime yang populer aja. Saat ini kita sudah bisa menemukan dan membeli hampir semua tokoh anime dalam bentuk figure atau miniature toy. Gak hanya untuk dikoleksi, figure juga bisa dijual lagi dengan harga yang mahal. Pastinya sangat menguntungkan!

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Kalau ada yang ngomong kalau figure itu mainan, salah besar! Figure ini sebenarnya kurang tepat kalau disamakan seperti mainan. Karena para kolektor yang mengumpulkan figure anime lebih setuju kalau miniatur ini dianggap sebagai karya seni. Figure dibuat sebagai pajangan yang memorable dari karakter anime dengan detail yang semirip mungkin dengan karakter pada animasinya. Mengoleksinya sama kayak memiliki bagian dari animasi itu sendiri. Penggemar yang berhasil punya bisa terus melihat figure tersebut sebagai pajangan atau pengingat dari cerita.

Sumber: en.rocketnews24.com

Sumber: en.rocketnews24.com

Biasanya kolektor figure punya komunitas sendiri sebagai tempat untuk menjual figure mereka atau berbagi informasi kalau ada figure animasi yang akan dirilis. Makanya gak aneh kan kalau di acara-acara “jejepangan” di Indonesia, sering ada komunitas-komunitas penyuka action figure. Sama seperti kolektor benda lainnya, semakin jarang atau limited edition figure tersebut, orang jadi merasa tertantang untuk punya figure-nya, gak peduli seberapa mahal harganya.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Kalau di Jepang, bro sis bisa dengan mudah menemukan berbagai toko yang menjual figure anime di sepanjang jalan Akibahara. Barang yang dijual, gak hanya yang berukuran kecil, tapi ada juga yang menjual dengan ukuran besar bahkan ada yang berukuran setinggi badan manusia. Contohnya figure karakter Megumi Kato, tokoh dari animasi Saenai Heroine no Sodatekata. Figure-nya ada yang mencapai 158 sentimeter. Figure ini dijual dengan harga 19,600 USD oleh Aniplex dan cuma diproduksi 10 figure. Yah, cuma bisa mengelus dada aja melihat harganya. Walaupun ada keinginan untuk punya.

Sumber: en.rocketnews24.com

Sumber: en.rocketnews24.com

Bro sis ada yang tertarik untuk mengoleksi? Atau jangan-jangan sudah punya banyak di rumah?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: boutiquejapan.com

Mau Jalan-Jalan ke Jepang? Jangan Bawa Benda-Benda Ini!

Jadi sebelum menginjakkan kaki di salah satu airport negara itu, pastikan kalau bro sis tidak membawa salah satu dari be.. more

Wanita Yakuza. Sumber: pinterest

Ternyata Beginilah Peran Wanita Yakuza di Jepang!

Tapi tahukah kamu, kalau gak semua yakuza itu berisikan laki-laki loh. Meski hal ini kurang populer, namun Yakuza juga m.. more

Spinning Man, Berputar Pada Pencarian Bukti Tentang Kebenaran Bukan Pada Dosa

Spinning Man, film bergenre thriller yang kembali dengan cerita yang "biasa"... more

(Facebook Monopolis Board Game Store)

Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas. Emang iya?.. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more