Pacific Rim: Uprising – Film Super Robot Khas Hollywood?

9 months ago
00 d pacific rim: uprising

Dalam dunia anime dan manga Jepang, dikenal dua istilah dalam cerita sains fiksi yang menampilkan karakter robot: Super Robot dan Real Robot.

Super Robot menampilkan karakter robot dengan penekanan pada aksi. Senjata besar, robot tahan banting, pokoknya aksi robotnya bisa membuatmu excited. Mazinger dan Voltron adalah salah satu contoh Super Robot.

Sementara itu, Real Robot menampilkan karakter robot yang dibalut unsur hard sci-fi. Maksudnya adalah segala hal yang berkaitan dengan robot itu dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki unsur realistisnya. Entah dari bentuk fisik, gerakan, hingga caranya menyerang. Gundam dan Macross adalah contoh Real Robot populer.

01-pacific-rim-uprising

Sumber: Indiewire

Saat film Pacific Rim tayang di bioskop tahun 2013, para penggemar robot bergembira. Guillermo delToro menjadikan Pacific Rim sebuah surat cinta kepada serial tokusatsu ala Godzilla dan Ultraman, serta kekerenan mecha raksasa. Kaiju, monster raksasa dengan kekuatan destruktif, bertarung melawan robot Jaeger dengan berat ribuan ton.

Pacific Rim menemukan keseimbangan antara Super Robot dan Real Robot. Ia punya segalanya: Kaiju raksasa, robot Jaeger dengan pukulan bermomentum, aksi epik, namun juga diseimbangkan dengan drama manusia. Pacific Rim nggak hanya menampilkan aksi robot raksasa, namun juga mampu menyajikan cerita yang sangat personal lewat bagaimana cara karakter utamanya berdamai dengan konflik pribadi mereka.

Kini 4 tahun berselang, apakah film sekuelnya, Pacific Rim: Uprising, mampu mengungguli film perdananya? Hal ini cukup sulit karena Guillermo delToro hanya bertindak sebagai produser, sementara kursi sutradara diduduki oleh Steven S. DeKnight. Akankah perubahan visi sutradara mempengaruhi esensi Pacific Rim itu sendiri?

Kisah dimulai 10 tahun sejak Pacific Rim pertama. Peradaban dunia mulai berbenah sejak suksesnya serangan ke portal Breach yang menjadi sumber kedatangan Kaiju. Jake Pentecost (diperankan John Boyega) adalah mantan pilot Jaeger serta anak dari pahlawan Stacker Pentecost (diperankan Idris Elba). Setelah kabur dari akademi PPDC, Jake hidup mewah dari menyelundupkan komponen Jaeger curian.

02-pacific-rim-uprising

Sumber: Wired

Kehidupannya berubah setelah bertemu dengan sesama pencuri, Amara Namani (diperankan Cailee Spaeny), yang mencari bahan untuk membangun Jaegernya sendiri. Mereka berdua ditangkap oleh PPDC. Jake kemudian dihadapkan kepada komandan PPDC dan kakak angkatnya, Mako Mori (diperankan Rinko Kikuchi). Mako memberi dua pilihan pada Jake: penjara, atau menjadi instruktur di PPDC dan mengajar Amara.

Jake dan Amara pun dipindahkan ke Shatterdome milik PPDC di Hong Kong. Amara harus beradaptasi dengan ketatnya persaingan antara para kadet Jaeger, sementara Jake pun harus memperbaiki persahabatannya dengan partner lama, Nate Lambert (diperankan Scott Eastwood).

03-pacific-rim-uprising

Sumber: Sanook

Di sisi lain, Mako dibuat tak berdaya karena program pilot Jaeger terancam diputus, menyusul dikembangkannya Jaeger tanpa awak oleh Liwen Shao (diperankan Jing Tian) dan Newt Geiszler (Charlie Day).

Semua konflik di atas hanya sebuah awal dari ancaman baru terhadap perdamaian di bumi. Seperti yang dikatakan oleh Hermann Gottlieb (diperankan Burn Gorman) kepada temannya Newt, ia masih mendapatkan mimpi buruk – Kaiju akan datang kembali.

04-pacific-rim-uprising

Sumber: Empire

Pertama kita langsung bicara soal kekurangan film ini. Jangan berharap Pacific Rim: Uprising bakal sama deep-nya dengan Pacific Rim pertama. Ada banyak hal yang terjadi di film ini sehingga penceritaannya terasa setengah-setengah.

Ceritanya banyak melompat antara Jake, Amara, bahkan rekonsiliasi antara Newt dan Hermann. Karakter Jake dan Amara justru malah kurang berkembang – Jake nggak terlihat seperti karakter utama, sementara perkembangan Amara pun nggak dibuat matang. Berbeda dengan Pacific Rim pertama yang fokus utamanya tetap pada karakter Raleigh Beckett (diperankan Charlie Hunnam) dan Mako, dengan sesekali berpindah ke karakter lain secara singkat.

05-pacific-rim-uprising

Sumber: NME

Karena ada banyak hal yang haru dituturkan, unsur drama pun tidak dieksplor banyak. Konsep drift, yaitu saat dua pilot Jaeger saling terhubung dan mampu membaca pikiran masing-masing, hanya dijelaskan sekenanya saja. Uprising berasumsi bahwa penonton sudah menonton Pacific Rim pertama.

Apa yang kurang dari segi cerita dan karakter, berhasil ditutupi lewat aksi. Menonton pertarungan Jaeger masih terasa menyenangkan dan menegangkan. Sense of weight dari para Jaeger kurang terasa karena gerakannya lebih luwes dan lincah – sebenarnya sedikit masuk akal karena para Jaeger ini sudah diupgrade. Namun tetap saja melihat aksi pertarungan Jaeger sangat asyik untuk disimak.

06-pacific-rim-uprising

Sumber: Inverse

Pada akhirnya, Pacific Rim: Uprising masih cukup menyenangkan untuk dinikmati. Film ini memang kehilangan beberapa elemen penting yang membuatnya spesial, namun tidak serta merta “selling out.”

Apakah ini buruk? Bagi saya, nggak demikian. Nggak ada salahnya Pacific Rim: Uprising ingin lebih mencontek robot-robot dari anime Super Robot. Toh di hasil akhir, pertarungan antara Jaeger dan Kaiju masih punya bobot dan nggak bisa ditandingi film robot lainnya.

07 pacific rim: uprising

Sumber: Digital Trends

Meskipun tidak ditukangi oleh pencipta aslinya, Pacific Rim: Uprising masih terlihat menonjol. Kalau di akhir ternyata film ini nggak sukses dari segi rating atau finansial, Pacific Rim: Uprising tetap berhasil menyelesaikan tujuan awalnya: membuat film Super Robot yang keren.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: asianwiki.com dan myanimelist.net

Saint Young Men akan Diadaptasi dalam Bentuk Live-Action, Siapa saja Pemerannya?

Kalian ada yang pernah baca manga Saint Young Men? Atau malah sudah nonton animenya? Kalau kalian belum pernah dengar, m.. more

00-d-his-barcode-tattoo

His Barcode Tattoo: Melihat Kematian Dari Barcode Misterius

Dimanakah His Barcode Tattoo si Sehyun? Dakota mampu melihat tanda barcode di leher semua orang yang menandakan tanggal .. more

Sumber: Digitalspy.com

Rekor Terbaru dan Debut Premiere Black Panther yang Dibanjiri Review Positif oleh Wartawan

Bisa dikatakan, hadirnya film ini menjadi highly anticipated movie atau film yang paling ditunggu-tunggu di awal tahun.. more

(CIAYO Pictures)

Day 1 Comic Frontier (Comifuro) 9 Extra Hot, Day 2 Mulai Adem

Kalo ditanya dari mana Comic Frontier bermula, di Kantin Sastra UI atau yang dikenal dengan Kansas-lah semuanya dimulai... more

Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari.. more