Para Trainee Produce 48 yang Mencuri Perhatian!

4 months ago

Dunia hiburan Korea Selatan memang terkenal keras dan butuh perjuangan. Kalau selama ini kita (para awam a.k.a non kpop-ers) selalu menganggap para idola Korea Selatan hanya bermodalkan tampang dan bentuk ideal, segera cepat singkirkan! Karena gak seperti di Indonesia, untuk menjadi seorang idola di Korea Selatan butuh usaha keras. Apalagi kalau kamu adalah pendatang dari negeri asing. Wah, butuh perjuangan yang berkali-kali lipat.

Gimana enggak? Para remaja Korea Selatan yang bercita-cita menjadi penyanyi atau Idol K-Pop harus lolos audisi di agensi entertainment dan diasah mulai dari segi vokal, tarian bahkan hingga akting agar dapat sukses debut. Bukan hal yang mudah untuk diterima di sebuah agensi, loh. Park Bom, mantan anggota girlband ternama 2NE1 harus mengikuti audisi berkali-kali setiap bulan selama 3 tahun, sampai dia di terima di agensi dan menjadi idola seperti sekarang.

Untuk itu, sudah tidak asing jika kamu mendapatkan berita kalau anak kecil saja sudah mengikuti pelatihan di agensi entertainment atau sebut saja trainee. Mereka rela menghabiskan, waktu, tenaga dan juga biaya untuk menjalani pelatihan yang gak sebentar. Bahkan mereka harus mau tinggal berjauhan dengan keluarga demi mencapai cita-cita. Berapa lama? Gak tentu! Ada yang berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Lamanya masa training atau pelatihan yang melelahkan ini juga gak menjamin mereka akan sukses debut.

Sebut saja G-Dragon dari boyband Big Bang yang menjalani pelatihan selama 11 tahun dan Jihyo dari girlband Twice yang menjalani pelatihan selama 10 tahun. Tentunya hal ini membutuhkan kesabaran yang ekstra. Mereka bahkan rela meninggalkan masa-masa menyenangkan selama sekolah. Gak jarang, mereka harus melihat teman seperjuangan sesama trainee yang debut duluan atau malah gugur ditengah jalan.

Nah, dengan semakin berkembangnya K-Pop ke manca negara, muncul banyak acara survival show. Acara ini tentunya menguntungkan bagi para trainee supaya bisa dikenal oleh para penggemar Kpop dan bisa debut lewat acara tersebut, seperti Produce 101Superstar-K hingga yang terbaru Produce 48. Bahkan kamu yang bukan dari agensi pun bisa mengikuti acara ini, loh.

Sayangnya, sama seperti konsepnya “survival show“, para trainee yang mengikuti acara ini harus dapat bertahan dan bersaing ketat untuk dapat debut menjadi idola. Pastinya faktor nasib dan lucky juga berjalan di acara ini.

Salah satu acara yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini ialah Produce 48. Acara survival show besutan Mnet Korea Selatan ini berkolaborasi dengan 48 group dari Jepang. Untuk itu, berbeda dari musim-musim sebelumnya, Produce 101 memiliki trainee yang berasal dari idola-idola 48 group. Iya, mereka sudah menjadi idola dan memiliki banyak penggemar di negeri asalnya, Jepang.

Kelihatannya memang gak adil. Tapi jangan salah, justru di sini lah kemampuan mereka dipertaruhkan. Persaingan antara trainee Korea Selatan dan idola-idola 48 group diperlihatkan. Terutama bagaimana perbedaan budaya mereka selama perlatihan.

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, di ajang Produce 48 ada 96 orang yang mengikuti acara ini. Selain itu nantinya bukan 11 orang namun 12 orang yang akan dipilih untuk debut menjadi girlband. Dengan banyaknya trainee yang mengikuti ajang ini, tentunya pasti membuat kita bingung. Nah, ini dia para peserta Produce 48 yang mencuri perhatian versi CIAYO Blog.

1. Lee Ga Eun (Pledis Ent.)

Sumber: kpop.wikia.com

Merupakan maknae (anggota termuda) girlband After School. Dia sudah menjalani pelatihan selama 6 tahun 11 bulan. Perempuan kelahiran tahun 1994 ini bisa menyanyi, menari, bermain flute dan juga berbahasa Jepang. Keikutsertaanya di ajang Produce 48 mengejutkan banyak orang.

Tidak sia-sia, Gaeun pun sukses masuk ke dalam grup A (grup dengan kemampuan paling baik dalam Produce 48) dan menjadi posisi center trainee Korea dalam penampilan perdana lagu Pick Me sebagai soundtrack acara Produce 48.

2. Sakura Miyawaki (HKT48)

Sumber: Facebook.com

Sakura Miyawaki (Miyawaki Sakura) lahir 19 Maret 1998 adalah seorang penyanyi Jepang dan anggota kelompok gadis idola Jepang HKT48 dan AKB48. Dia adalah wakil kapten dari Tim K-IV HKT48 dan mantan anggota bersamaan dari AKB48 Team A.

Dalam Pemilihan Umum AKB48 tahun ini, ia terpilih sebagai urutan ke-3. Sebagai salah satu bintang dalam grup, dia pernah menjadi center (leading singer & dancer) dari single ke-43 AKB48 yang berjudul “Kimi wa Melody”. Di tahun 2017, bersama dengan Jurina Matsui dari SKE48, dua ace generasi berikutnya yang juga dikenal sebagai pasangan “Jurisaku”, mereka menjadi WCenter (double centers) untuk single peringatan ke-48 AKB48 “Negaigoto no Mochigusare”.

Dengan kemampuannya, di ajang Produce 48, dia juga masuk ke dalam grup A dan menjadi posisi center trainee Jepang bersama dengan Lee Ga Eun. Walaupun begitu, pencapaiannya di Produce 48 menuai kontroversi. Dia dianggap tidak layak memasuki grup A dan menjadi center dengan kemampuannya.

3. Miyu Takeuchi (AKB48)

Sumber: torustyle.wordpress.com

Sejak kecil ia giat mengikuti audisi menyanyi dan pencarian bakat. Pada tahun 2009 ia lulus audisi anggota grup idola Jepang AKB48 dan diterima sebagai anggota pelatihan (kenkyuusei). Pada 9 Desember 2010, ia dinyatakan sebagai anggota AKB48 sepenuhnya dan dimasukkan ke Tim B.

Penampilannya di Produce 48 cukup memukau para juri. Walaupun tidak seterkenal Sakura Miyawaki, Miyu Takeuchi berhasil mengikuti audisi dan masuk ke dalam grup A. Dengan kemampuan vokalnya yang mumpuni, dia bahkan disandingkan dengan sang ace Sakura Miyawaki.

4. Lee Chaeyeon (WM Ent.)

Sumber: Twitter.com

Pernah mengikuti ajang SBS K-Pop Star 3 membuat Lee Chae Yeon menjadi trainee di JYP Entertainment. Namun hal ini tidak lantas membuatnya debut dan terkenal. Gagal dalam survival show Sixteen, dia pun gagal debut menjadi anggota grup TWICE. Trainee kelahiran tahun 2000 ini akhirnya memutuskan untuk pindah ke WM Ent. Perempuan yang dikenal ahli dalam waacking dan tarian hip hop berhasil memukau para juri.

5. Matsui Jurina (SKE48)

Sumber: kpop.asiachan.com

Berhasil meraih peringkat 1 dalam Pemilihan Umum AKB48 tahun ini sepertinya tidak lantas membuat Jurina puas. Untuk mengasah kemampuannya, perempuan yang sudah terkenal seantero Jepang ini mengikuti ajang Produce 48. Di tahun 2017, bersama dengan Sakura Miyawaki dari AKB48, yang juga dikenal sebagai pasangan “Jurisaku”, mereka menjadi WCenter (double centers) untuk single peringatan ke-48 AKB48 “Negaigoto no Mochigusare”.

6. Yamada Noe (NGT48)

Sumber: Hoshidoru48.blogspot.com

Perempuan yang lahir pada 7 Oktober 1999 ini memang belum banyak ditemukan informasinya. Bisa dibilang masih jauh terkenal dari para seniornya. Namun kehadiran perempuan yang ada di tim N-III ini sanggup mengundang gelak tawa dari para juri dan penonton karena semangat dan cerianya!

7. Jang Gyuri (Blockberry Creative)

Sumber: Twitter.com

Gak hanya trainee, beberapa idola K-Pop maupun idola Jepang juga turut jadi kontestan acara ini. Salah satunya adalah Jang Gyuri yang merupakan member fromis_9. Fromis_9 sendiri adalah girlgroup yang terdiri dari sembilan kontestan terakhir dari program survival Mnet ‘Idol School’. Mereka merilis single pada bulan November 2017 sebelum memulai debut resmi mereka pada bulan Januari..

Kabarnya keikutsertaannya dalam ajang ini karena ia merasa menjadi penghambat di dalam grup. Hal itupun membuatnya tidak nyaman dan kesulitan. Itulah sebabnya ia berfikir kembali untuk berlatih kembali dan mengikuti ajang ini adalah salah satu caranya.

Wah, padahal sudah terbilang sukses, ya. Gak heran deh kalau trainee Korea Selatan punya kemampuan yang gak bisa dipandang sebelah mata. Psst, masih ada lanjutannya, loh! Penasaran? Tunggu, aja di blog.ciayo.com! Ini baru versi CIAYO Blog, kalau kamu?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: NBCNews)

Steven Spielberg Buktikan Dirinya Masih Raja Box Office dengan “Ready Player One”

Steven Spielberg sang pembuat film Box Office. Apakah Ready Player One akan bernasib sama?.. more

00-d-aquaman

Villain Film Aquaman Terungkap! Seperti Apa Kisahnya?

Gimana jadinya kalau pecinta alam ningrat muak sama orang-orang yang suka buang sampah sembarangan? Inilah motif dari Or.. more

00-d-reverse-project

Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

Reverse Project menggabungkan elemen ilustrasi dan musik untuk menyampaikan cerita bertema post apocalypse... more

Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari.. more