Parasite: Kisah Si Kaya dan Si Miskin Tidak Selamanya Harus Romantis

2 weeks ago
Parasite

Selain Industri K-pop atau yang kita kenal dengan “idol”, Korea Selatan juga terkenal dengan industri drama dan filmnya yang booming hingga kemana-mana. Setelah film “Miracle in Cell No. 7” sanggup menguras air mata penonton, kali ini satu lagi film korea yang justru mampu menampar kita sekaligus bikin kita tertawa.

Parasite_Penghargaan Palme d'Or
Para Cast Parasite (Sumber: IMDb)

Tahun ini, tepat 100 tahun perfilman Korea, sutradara Bong Joon-ho berhasil memukau dunia lewat film Parasite. Gimana enggak, film bergenre drama-misteri ini memberikan hadiah termahal, yaitu Piala Palem Emas alias Palme D’Or Festival Cannes 2019. Wajar aja, ketenaran film ini dengan cepat booming di negara asalnya dengan memecahkan berbagai rekor seperti rekor film terlaris, film terbaik, dan masih banyak lagi.

Komedi dan Tragedi Digabungkan Dalam Satu Cerita

Kisah Si Miskin dan Si Kaya

Parasite_KiWoo
Suasana di rumah Ki Taek (Sumber: IMDb)

Film ini menceritakan tentang Ki Woo, anak sulung dari Ki Taek, seorang pengangguran beranak dua. Suatu hari Ki-woo direkomendasikan oleh sahabatnya yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas bergengsi, agar Ki-woo menjadi guru les bahasa inggris yang dibayar mahal dan membuka secercah harapan penghasilan tetap. Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara.

Setibanya di rumah Mr. Park, pemilik perusahaan IT global, keluarga Park enggak curiga dengan penampilan Ki-woo yang menipu. Bahkan, Ki-woo sampai bisa merekomendasikan keluarganya untuk bekerja di rumah kaya Park namun dengan tetap berpura-pura enggak kenal satu sama lain.

Kesenjangan Sosial yang Benar-Benar Diperlihatkan

Parasite_keluarga Ki Taek
Keluarga Ki Taek (Sumber: IMDb)

Menonton film ini, kamu akan benar-benar diperlihatkan perbedaan sangat mencolok antara keluarga Ki Taek dan keluarga Park. Di mana keluarga Ki Taek harus hidup di rumah sempit dan kumuh, sedangkan keluarga Park dapat menikmati rumahnya yang luas dan indah.

Belum lagi kebiasaan sehari-hari, gaya hidup, hingga perabotan yang ada di masing-masing rumah. Sungguh berbeda! Film yang dalam bahasa Korea berjudul Gisaengchung ini berhasil menepis rasa “kepura-puraan” yang selalu kita tampilkan diluar agar orang melihat dan percaya. Film ini menjelaskan juga bahwa setiap orang punya sisi buruk jadi jangan terlalu naif.

Setiap Orang Dapat Menjadi Parasit

Parasite_kediamanPArk
Sumber: IMDb

Parasit, hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya. Tak hanya berlaku di pada hewan. Tak jarang makhluk hidup lainnya pun ditunggangi oleh parasit. Manusia adalah contohnya. Sutradara Bong Joon-Ho meramu semua ini dalam bentuk sebuah visualisasi di layar lebar.

Film ini secara keseluruhan menggambarkan bagaimana Ki Taek yang menghalakan segala cara untuk keluar dari jurang kemiskinan. Sementara itu, keluarga Park adalah sosok yang naif. Merasa familiar dengan sikap keluarga Ki Taek? Atau kamu suka berpura-pura seperti keluarga Park?

Parasite_bertengkar
Keluarga Park (Sumber: IMDb)

Kalau melihat diawal, mungkin film ini akan sesederhana keluarga Ki Taek yang akhirnya bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan mereka. Sementara itu, keluarga Park, bisa memberikan apa yang terbaik untuk anaknya. Tapi yang namanya hidup, gak pernah semudah dan selancar itu. Justru, serangkaian kejadian menegangkan hadir di dalam rumah Keluarga Park.

Parasite mencoba menampilkan kejadian-kejadian tragis yang dikemas dengan konsep komedi. Bukan happy ending yang dicari, namun justru kita akan melihat sarkasme yang dibungkus rapi. Film Parasite mengkritik sifat kapitalisme dan hierarki kelas yang jauh dari ketidakadilan.

Dilirik Rumah Produksi Hollywood

Parasite_anakbungsu
Sumber: IMDb

Ramainya film Parasite ini sepertinya terdengar hingga ke negara Paman Sam. Sang sutradara mengungkapkan bahwa sebuah rumah produksi asal Amerika Serikat telah menghubunginya. Rumah produksi tersebut menawarinya untuk membuat ulang film Parasite menjadi serial drama. Sebelumnya, film karyanya yaitu Snowpiercer juga tengah digarap menjadi serial drama di Amerika Serikat.

Parasite_KiTaek
KI Taek (Sumber: IMDb)

Wajar sih, soalnya film ini enggak hanya jadi salah satu andalan Box Office Korea, tapi juga jadi film yang dapat skor 98% di Rotten Tomatoes dan 8,6/10 di IMDb.

Kalau kamu suka film si kaya dan si miskin yang romantis dan menye-menye, STOP! Mending gak usah beli tiketnya. Nah, buat kamu yang suka film thriller dan drama dengan pesan yang ngena, film Parasite bisa jadi pilihan. Tapi buat kamu yang penakut atau gak terlalu suka film thriller tapi penasaran dengan euforia film ini, mending tutup muka pas filmnya menuju klimaks. Jangan lupa berikan komentar kalian di sini sehabis nonton, ya!

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: arstechnica.comSumber gambar: arstechnica.com

Project Yeti: Usaha Google Menyaingi The Big Three of Video Games?

Bisnis gaming mobil Google pada prinsipnya sama bagus dengan Apple. Mereka berbagi ceruk pasar di bagian ini seperti Nin.. more

Hello Kitty, oleh perusahaan Sanrio. Salah satu maskot terpopuler di dunia. Sumber: wallpapercave.com

Hello Kitty X Godzilla: Crossover Terbaru Dari Hello Kitty

Hello Kitty. Siapa sih yang ga kenal sama karakter imut unyu satu ini Hello Kitty?.. more

Sumber: www.greenprophet.com

Etgar Keret, Penulis Asal Israel yang Menyuarakan Perdamaian Lewat Lelucon

Gak banyak penulis cerpen yang bisa mendunia, apalagi jika cerpen-cerpen itu terbilang sangat pendek, dan si penulis ber.. more

(Sumber: youtube.com)

Rencana Penerapan Teknologi VAR di Piala Dunia 2018 dengan Segala Kelemahannya

Katanya Piala Dunia tahun ini akan kedatangan sesuatu yang baru, yaitu teknologi VAR. Kira-kira akan seperti apa, ya?.. more

Inktober 2017

7 Tips Jitu Taklukkan Inktober 2017

Wuiihh, gak nyangka sudah masuk bulan Oktober 2017. Itu berarti sudah waktunya para ilustrator mengeluarkan pena kesayan.. more