Patung Black Panther Di Korea Selatan Dirusak Orang Mabuk!

1 year ago

Jika mengira kelakuan orang mabuk dan merusak properti (alias vandalisme) hanya terjadi di negara berkembang, pikir lagi.  Karena di setiap negara orang mabuk memang ada, dan mereka cenderung melakukan hal-hal merusak secara spontan dan tidak direncanakan sebelumnya. Ini terjadi dimanapun. Bahkan di negara maju seperti Korea Selatan.

Apalagi saat melihat objek barang yang dirusak oleh orang Korea mabuk ini. Yaitu patung Black Panther yang terletak di Busan, Korea Selatan. Mengherankan! Tapi ya itulah orang mabuk. Tindakan mereka cenderung merusak dan tidak terkendali.

Kejadian perusakan patung Black Panther ini terjadi dua kali. Sebelumnya perlu diingat kalau beberapa adegan di film Black Panther diambil di Busan. Untuk mengenang hal itu (sekaligus sebagai promosi film), pihak Disney sebagai pemegang copyright Black Panther kemudian mengirimkan sepasang patung Black Panther ke kota Busan untuk dipajang. Satu patung diletakkan di Gwangalli Beach, dan sisanya di Gwangbok-ro.

01 patung black panther

Sumber: YonHap News

Nah… patung yang diletakkan di Gwangbok-ro tersebut kemudian dirusak. Memang tidak sampai hancur lebur. Tapi tetap saja rusak. Dan ini menghebohkan hingga jadi berita nasional di Korea Selatan. Terjadi antara malam tanggal 16 Maret 2018 hingga keesokan harinya. Patung yang dirusak itu sudah dikembalikan ke pihak Disney dan Komisi Perfilman Busan sudah berbicara dengan pihak Disney mengenai kemungkinan penuntutan ke pihak yang bertanggung jawab. Mengingat banyak CCTV di seantero Korea Selatan, pencarian pelaku seharusnya akan berjalan mudah.

02-patung-black-panther

Sumber: Facebook

Tersangka akhirnya dapat dibekuk. Pria berusia 32 tahun dan dalam pengakuannya dia sedang tidak sadar alias mabuk saat kejadian.

03-patung-black-panther

Sumber: Facebook

Menurut pejabat berwenang di Korea Selatan “Kuku patung Black Panther itu sebenarnya sudah dirusak orang tidak bertanggung jawab saat baru beberapa hari didirikan, dan sekarang saat melihatnya dihancurkan seperti ini sungguh memalukan” sesal pejabat yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Masalah perusakan selesai? Sayangnya tidak. Karena kejadian serupa juga terjadi di patung Black Panther yang diletakkan di Gwangalli Beach!

04-patung-black-panther

Sumber: KoreaBoo

Patung Black Panther yang tersisa itu pada 21 April 2018 juga mengalami vandalisme. Jam kejadian lebih sore dibandingkan sebelumnya, yaitu sekitar 16:50 waktu setempat. Tapi satu hal penting yang membedakan dari kejadian sebelumnya adalah ketiadaan CCTV di sekitar patung. Hal ini membuat situasi sedikit lebih sulit ketimbang kejadian di Gwangbok-ro. Polisi sampai harus bertanya pada orang-orang di sekitar lokasi kejadian untuk mencari petunjuk pelaku perusakan patung Black Panther itu.

05-patung-black-panther

Sumber: KoreaBoo

Tapi tidak perlu waktu lama mendapatkan pelaku perusakan karena orangnya ternyata menyerahkan diri dan mengakui perbuatan perusakan tersebut. Seorang wanita berusia 24 tahun menelepon polisi dan mengaku sebagai pelaku perusakan patung Black Panther kedua yang menghebohkan Korea Selatan.

06-patung-black-panther

Sumber: KoreaBoo

“Waktu itu saya sedikit mabuk dan mencoba berfoto bersama teman-teman tapi kemudian saya terjatuh menimpa patung itu” sebut wanita itu menurut laporan kepolisian. “Saya tidak tahu kalau patungnya jadi rusak” sambungnya kemudian.

07-patung-black-panther

Sumber: NewSis

Mungkin dia tidak membaca tulisan di patung yang berbunyi: “Patung ini tidak terbuat dari Vibranium. Mohon jangan menaiki atau duduk di atas patung” ?

08-patung-black-panther

Sumber: YonHapNews

Akibat dari dua kejadian beruntun ini, pihak pemerintah kota Busan akhirnya memutuskan untuk tidak memajang patung maupun memorabilia Black Panther di kota itu. Langkah yang disesalkan namun dapat dimengerti. Dan semuanya terjadi gara-gara kelakuan orang mabuk.

Intinya? Mabuk mengakibatkan masalah yang seharusnya tidak perlu terjadi. Jadi jangan sampai mabuk ya! Drink responsibly.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

sumber: www.youwereneverreallyhere.movie

You Were Never Really Here : Saat Keadilan Membuat Hidup Penuh Luka

Tema tentang keadilan saya rasa sudah sangat sering diangkat ke dalam film, namun membicarakan tentang keadilan sering k.. more

(from : wccftech.com)

Visceral Games Ditutup, Proyek Game Star Wars Tetap Jalan

Electronic Arts (EA) telah menutup studio Visceral Games-nya dan membuat perubahan besar pada proyek Star Wars, khususny.. more

Sumber gambar: boutiquejapan.com

Mau Jalan-Jalan ke Jepang? Jangan Bawa Benda-Benda Ini!

Jadi sebelum menginjakkan kaki di salah satu airport negara itu, pastikan kalau bro sis tidak membawa salah satu dari be.. more

James & Martha Season 2 (CIAYO Comics)

James & Martha Season 2: Munculnya Sosok Masa Lalu James

Komik romantis "James & Martha" yang bernuansa Retro Amerika ini sudah memasuki season 2. Pada season 2 kali ini, sang a.. more

superherohype.com

Film Alita Hadir dengan Tokoh Menyerupai Karakter Anime

James Cameron, director film Avatar dengan Robert Rodriguez, director film Sin City, membuat film dengan genre sci-fi te.. more