Patut Dicontoh, Berikut 5 Daftar Selebriti yang Berbisnis Sambil Beramal!

5 months ago

Selebritis adalah sosok yang dipandang tinggi.

Mereka dipuja dan dicinta. Penampilan mereka ditiru. Perkataan mereka diperhatikan. Selebritis mengusung sebuah impian, harapan serta keinginan kita akan sesuatu. Mereka ada dengan tujuan “celebrate”. Merayakan. Tak sedikit yang menjadikan selebritis sebagai panutan. Role model. Dan walau dalam banyak kasus hal ini tidak sehat, baik untuk si seleb maupun fans-nya, tapi ini menunjukkan kalau seorang selebritis punya kemampuan mempengaruhi yang kuat. Jika dimanfaatkan untuk hal positif tentu hal itu akan berguna.

Menjadi seorang selebritis, secara prinsip, adalah menjadi seorang pebisnis.

Dan kita tentu tahu tidak semua pebisnis pintar berbisnis. Ada juga pebisnis yang kurang pintar, yang mengakibatkan bisnisnya tumbang atau bangkrut. Hal itu sering terjadi. Penyebab utamanya adalah manajemen buruk seleb itu sendiri. Bukan hal aneh atau luar biasa saat melihat seleb yang dulunya terkenal dan kaya raya, namun kemudian hidup dalam kesuraman dan kesusahan. Ambil contoh Macaulay Culkin, yang populer dengan film bertema Natal “Home Alone” itu [Beberapa Tontonan Keluarga Menyambut Musim Liburan Natal yang ke-5 Bikin Nostalgia]. Saat masih kecil dan muda, Culkin sangat populer. Beragam tawaran mendatanginya, yang otomatis menambah pundi-pundi penghasilannya. Tapi manajemen yang buruk membuat karir filmnya yang seharusnya cemerlang, jadi suram. Tak ada lagi film yang memakai dia. Karirnya redup dan sia-sia.

Dulu dan kini. Sumber gambar: stantondaily.com

Dulu dan kini. Sumber gambar: stantondaily.com

Faktor lain lagi mungkin karena si seleb kurang beramal? Bagian ini memang spiritual dan bisa diperdebatkan antara yang percaya dengan yang tidak. Tapi sudah sering terdengar bagaimana artis dan seleb yang sering beramal karirnya tetap baik dan stabil terjaga. Chrissy Teigen, model dan istri dari penyanyi John Legend, terkenal karena kedermawanannya (Chrissy pernah memberikan tips US$ 1.000 pada pelayan resto tempat dia dan teman-temannya makan). Hal ini membuatnya dicintai baik fans maupun media.

Chrissy Teigen. Sumber gambar: irishnews.com

Chrissy Teigen. Sumber gambar: irishnews.com

Lima seleb ini punya metode yang lebih seru. Mereka menjalankan bisnis sambil sekalian beramal saat melakukannya. Siapa dan bagaimana mereka? Inilah dia.

 1. Rosario Dawson

Rosario Dawson adalah aktris Amerika Serikat yang populer dari film bioskop seperti “Men in Black II” dan “Sin City” serta serial TV Netflix Marvel’s The Defenders [Marvel’s The Defenders vs Marvel’s Avengers]. Sepulang dari perjalanannya ke benua Afrika, Dawson mendirikan perusahaan garmen “Studio 189”. Studio 189 mengkhususkan diri menjual pakaian yang murah, buatan tangan dengan motif serta kain yang berasal dari Ghana. Studo 189 mempekerjakan dan membayar orang-orang produksi produk Studio 189 dengan gaji yang layak. Studio 189 juga merupakan bagian dari badan PBB “United Nations Ethical Fashion Initiative” yang menyasar para pebisnis garmen agar menjaga lingkungan dan membayar upah pekerja secara layak.

Rosario Dawson. Sumber gambar: bet.com

Rosario Dawson. Sumber gambar: bet.com

2. Pharrell Williams

Siapa pernah nonton film animasi 3D “Happy Feet”? Tahu soundtrack-nya dong? Ya… Lagu “Happy” itu dinyanyikan oleh Pharrell Williams. Penyanyi-produser peraih Piala Grammy yang berasal dari Amerika Serikat ini adalah direktur kreatif perusahaan bernama “Bionic” sejak 2010. Bionic merupakan perusahaan daur ulang plastik, dimana mereka membuat berbagai macam produk dengan memanfaatkan limbah plastik (yang menjadi momok lingkungan hidup dunia saat ini) seperti alas kursi mobil dan atap rumah. Bionic meng-klaim sudah mendaur ulang botol plastik sebanyak lebih dari 9 juta botol, dan akan terus bertambah.

Pharrell Williams. Sumber gambr: lauradunn.com

Pharrell Williams. Sumber gambr: lauradunn.com

3. Hugh Jackman

Apa saya harus memperkenalkan aktor Australia ini pada bro sis? Hehehe. Hampir mirip dengan Rosario Dawson, Jackman terinspirasi dari perjalanannya ke benua Afrika (tepatnya Ethiopia). Inspirasinya adalah kopi. Melihat petani kopi mendapatkan perlakuan tidak adil pada usaha mereka, Hugh Jackman mendirikan Laughing Man Coffee pada tahun 2011 yang bertujuan melakukan perdagangan kopi langsung ke petani yang ada di Afrika. Untuk melancarkan visi dan misinya, Laughing Man Coffee juga membuka kedai kopi di Manhattan, New York. Bekerja sama dengan perusahaan pembuat mesin kopi Keurig, Laughing Man Coffee kini punya 1.800 cabang di seluruh Amerika Serikat. Menurut website Laughing Man Coffee semua profit ditujukan untuk dunia pendidikan, pengembangan komunitas dan model bisnis di negara-negara berkembang.

Hugh Jackman. Sumber gambar: ferrvor.com

Hugh Jackman. Sumber gambar: ferrvor.com

4. Jamie Oliver

Celebrity chef dari Inggris ini membuka restorannya “Fifteen” di London tahun 2002. Dinamakan Fifteen karena itu adalah jumlah orang yang dilatihnya untuk menjadi chef di sana. 15 orang ini adalah anak-anak muda yang punya ‘masalah’ (seperti anak putus sekolah atau yang punya masalah sosial lainnya). Saat ini, para chef yang ‘magang’ di Fifteen akan mendapatkan pelatihan memasak secara professional selama 3 bulan di universitas, dan 11 bulan bekerja di restoran Oliver. Sudah ada lebih dari 500 chef yang merasakan program pendidikan Fifteen ini, dengan 80 persen diantaranya masih bekerja di bidang kuliner.

Jamie Oliver. Sumber gambar: tasteofthewight.co.uk

Jamie Oliver. Sumber gambar: tasteofthewight.co.uk

 5. Michael Sheen

Aktor dari Wales yang dikenal lewat perannya di film “Twilight saga” dan “Frost/Nixon” pada bulan April 2017 mengumumkan kalau dirinya adalah pendukung Social Enterprise UK, yaitu sebuah badan sosial. Sheen mengatakan “Badan sosial adalah salah satu perangkat untuk komunitas yang ingin menciptakan peluang-peluang mereka sendiri, seperti saya sendiri yang berasal dari lembah Wales Selatan”. Michael Sheen menyatakan akan mendirikan badan sosialnya sendiri tahun 2018, dengan fokus pertama membantu menolong para pekerja industri baja Port Talbot, Wales.

Michael Sheen. Sumber gambar: youtube.com

Michael Sheen. Sumber gambar: youtube.com

Seleb-seleb ini memanfaatkan ketenaran dan keartisan mereka untuk berbisnis sambil melakukan amal ke masyarakat. Hal ini selain menunjukkan kejelian intuisi bisnis juga kemuliaan hati, yang  membuat citra mereka menjadi baik. Dan itu hal yang bagus untuk semua orang.  Bukankah berbuat kebaikan seharusnya akan mendapatkan ganjaran yang baik pula?

Jika bro sis tahu ada seleb lain (lokal maupun internasional) yang serupa dengan kelima orang ini, bisa tulis di bagian komentar ya. Let’s giving back to society!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: irishfilmcritic.com

A Fantastic Woman, Cinta Tidak Pernah Cukup Membuat Orang Lain Mengerti

“A Fantastic Woman”, film mengenai transgender yang sedang berkabung dan kehidupannya yang didiskriminasi. Film ini .. more

00 d pacific rim: uprising

Pacific Rim: Uprising – Film Super Robot Khas Hollywood?

Film robot melawan monster raksasa Pacific Rim mendapatkan kelanjutannya. Kesan akhir terbagi antara bagus dan tidak. Ma.. more

EA Tidak Dapat Untung Sepeser Pun Dari A Way Out?

A Way Out menjadi game kuda hitam dari EA tahun 2018 ini. Tak hanya mengasyikkan, namun juga karena EA tidak untung sepe.. more

Sumber: CIAYO Comics

Rika Si Preman Sekolah Siap Menghancurkan Masa Indahmu!

Rika bandel suka merokok dan nge-bully!.. more

Sumber: savingcountrymusic

Grammy Awards Di Boikot? Ini Kata Para Musisi

Pada umumnya musisi terlepas dinominasikan atau tidak, merasa antusias ketika musim penghargaan tiba, termasuk saat ajan.. more