Patut Dicontoh! Berikut Strategi Korea Untuk Meningkatkan Minat Membaca Masyarakatnya

7 months ago
Sumber: heyeonni.com

Kamu pernah dengar kalimat atau judul berita yang mengatakan kalau “Indonesia Darurat Minat Membaca”? Yap, ada survey yang mengatakan kalau dari 61 negara, Indonesia berada di urutan ke 60, kedua terendah minat membacanya. Padahal minat baca ini gak harus baca buku pelajaran loh. Bisa juga baca koran atau berita di media online.

Bahkan sering muncul kasus di internet tentang kesalah-pahaman karena kurangnya ketelitian dalam membaca. Contohnya seperti salah informasi saat kita membeli produk online shop atau belum baca berita sampai habis tapi uda langsung kasih komentar negatif tanpa tahu keseluruhan isi berita. Makin kacau kan?  Nah, gimana cara mengatasi kasus menurunnya minat membaca ini? Sebelum itu, cari tau penyebabnya dulu yuk!

Kalau menurut survey, ada korelasi antara kurangnya minat pembaca dengan kurangnya fasilitas seperti perpustakaan di Indonesia. Sebenarnya ada strategi menarik yang bisa dicontoh lewat drama Korea. Mulai dari beberapa tahun lalu, ada banyak sekali drama Korea yang memperkenalkan buku sastra di beberapa adegannya. Salah satunya yang paling populer adalah buku berisi kumpilan puisi dalam drama Korea Guardian: The Lonely and Great God/Goblin. Buku yang diperkenalkan dalam drama Goblin berjudul ‘May The Stars Take Your Grief Away’ adalah karya dari Kim Yong Taek. Awalnya buku ini memang sudah dijual di pasaran. Lalu setelah bukunya dipakai dalam drama dan dimasukkan ke dalam naskah drama, dalam seminggu buku ini langsung naik peringkat menjadi nomor 1 best seller di Korea.

Sumber: pinterest.com

Salah satu syair dalam naskah drama Korea populer Goblin. Sumber: pinterest.com

Sumber: forums.soompi.com

Goblin. Sumber: forums.soompi.com

Gak hanya satu buku aja yang langsung jadi populer. Bahkan semua buku yang berhubungan dengan cerita tentang legenda Goblin, buku anak-anak, sampai ke  penjualan buku mewarnai juga ikut naik dalam peringkat penjualan buku di Korea. Selain drama Goblin, drama Korea yang berjudul ‘Because This Is My First Life’ juga ikut menggunakan buku puisi romantis dalam dialognya. Buku puisi yang digunakan berjudul ‘Island’ karya Jeong Hyeong Jong, novel ‘To Room 19” karya Doris Lessing, dan “Even If Nothing Change When Crying” karya Park Jun. Semuanya juga laku terjual di toko buku. Kedua drama tadi juga punya rating penonton yang tinggi, sehingga penonton yang menontonnya pun penasaran untuk membacanya juga.

Sumber: koreandramaland.com

Banyaknya adegan membaca buku di drama korea, meningkatkan minat baca masyarakatnya. Sumber: koreandramaland.com

Sumber: koreaboo.com

Sumber: koreaboo.com

Selain pengaruh dari drama Korea yang bisa meningkatkan minat pembaca, idol di Korea juga ikut punya andil lho. Karena banyak sekali idol yang pergi ke bandara sambil membawa buku di tangannya. Mereka juga suka sharing kepada penggemar tentang buku apa yang sedang dibaca saat ini. Biasanya buku yang dibaca oleh idol kebanyakkan adalah buku puisi atau novel. Penggemar pun jadi ikut penasaran akan apa isi dari buku yang dibaca idolanya.

Wah, bisa banget, konsep ini diaplikasikan di Indonesia! Memperbanyak film adaptasi novel seperti Dilan misalnya. Siapa tahu kan jadi salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak muda di Indonesia?

Sumber: raharasi.id

Sumber: raharasi.id

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Para Trainee Produce 48 yang Mencuri Perhatian!

Dengan banyaknya trainee yang mengikuti ajang Produce 48, tentunya pasti membuat kita bingung. Nah, ini dia para peser.. more

Sumber: youtube.com

Jika “The Expendables” Adalah Film Kelas A, Maka “Showdown in Manila” Adalah Film Kelas B

Memang terlalu jahat jika membandingkan Showdown in Manila ini dengan salah satu dari The Expendables... more

Suasana Bioskop Bisik (sumber: bioskopbisik.com)

Bioskop untuk Orang Buta, Konser untuk Orang Tuli

Suka nonton film? Atau datang ke konser? Gimana jadinya kalau ada bioskop untuk orang buta dan konser untuk orang tuli?.. more

KAORI Nusantara dan Sony Music Akan Hadirkan Album SACRA Music di Indonesia

KAORI Nusantara dari hasil risetnya melihat ada peluang di ranah musik, khususnya dari kebiasaan penikmat musik Jejepang.. more

Dokumen Pribadi

Mengenal Supercell-EGOIST Fans Club Indonesia

Bro sis yang suka dengerin musik-musik Jepang, pastinya udah gak asing denger nama Supercell dan EGOIST. Kali ini Nanda .. more