Pemeran Serial TV DC Comics Watchmen Diumumkan

5 months ago

Untuk banyak penggemar pop culture komik superheroes Amerika, nama “Watchmen” mungkin ada di antara ‘tahu’ dengan ‘kayaknya tahu’. Hal ini termasuk normal, karena komik Watchmen memang, kalau dibandingkan IP populer seperti Superman misalnya, tidak terlalu mainstream secara global. Tapi bukan berarti komik ini jelek atau tidak berkualitas! Sebaliknya, kenalan-kenalan saya dari Amerika yang juga penikmat komik bahkan berkata kalau “Watchmen lebih oke dibandingkan komik superheroes mainstream karena grafis dan muatan cerita yang lebih dewasa dan kompleks dalam penyampaian”.

Watchmen adalah IP yang diciptakan oleh trio Alan Moore (penulis), Dave Gibbons (penggambar) dan John Higgins (inker/pewarna) yang dirilis pada tahu 1986-1987 serta dimiliki oleh DC Comics. Tema dasar dari komik Watchmen adalah ‘alternative history’ dari bumi atau dunia yang saat ini kita tinggali. Di mana peran superheroes era 1940an-1960an berpengaruh pada jalannya sistem politik dunia sehingga Amerika Serikat tidak kalah di Perang Vietnam dan di tahun 1985 dunia diambang Perang Dunia Ketiga karena konflik Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Para superheroes era Perang Dunia Kedua di kisah ini kebanyakan sudah pada pensiun dan beberapa dari mereka (termasuk keturunan) bekerja untuk pemerintahan. Konflik pekerjaan dan moral mewarnai tone dari komik ini.

Sumber: Wikia

Watchmen meraih sukses di penjualan dan kritik sekaligus. Kantor berita Inggris, BBC, bahkan berani menyebut graphic novel Watchmen sebagai ‘saat dimana komik menjadi tumbuh dewasa’ ; yang mengindikasikan kalau Watchmen memang memiliki muatan yang tidak dapat dicerna oleh anak-anak (terlepas citra komik sebagai bacaan anak-anak).

Watchmen penuh referensi situasi politik walau digambarkan dalam situasi dunia alternatif. Perang Vietnam dimenangkan Amerika Serikat tahun 1971. Pemerintahan Presiden Richard Nixon di Amerika Serikat bertahan hingga 1985. Invasi Uni Soviet ke Afghanistan juga menjadi bagian dalam kisah Watchmen.

Bagaimana dengan superheroes-nya?

Sumber: CBR

Kebanyakan dari mereka merupakan manusia dengan tools atau gadgets yang menjadikan mereka ‘super’. Satu-satunya karakter yang benar-benar punya kekuatan super beneran hanyalah Doctor Manhattan; karakter yang punya penampilan unik (berkepala botak dan berwarna biru). Pria bernama asli Dr. Jon Osterman ini mengalami perubahan molekul pada tubuh saat terjebak dalam ‘Intrinsic Field Subtractor’ sehingga dia memiliki kekuatan nuklir.

Doctor Manhattan. (Sumber: ComicVine)

Ada pula karakter bernama Nite Owl (nama asli: Daniel Dreiberg) yang secara sepintas, mirip Batman-nya Bruce Wayne. Jika Batman bertema kelelawar, maka Nite Owl menggunakan citra burung hantu dan sama-sama pengguna berbagai gadget; minus kekayaan karena Wayne jauh lebih tajir ketimbang Dreiberg.

Nite Owl. (Sumber: WordPress)

Satu karakter superhero unik lainnya di komik Watchmen ini adalah Rorschach alias Walter Joseph Kovacs. Mengenakan topeng putih dengan motif tinta yang selalu berubah-ubah bentuknya, Rorschach beraksi menumpas kejahatan dengan berada di luar kendali pemerintahan seperti Doctor Manhattan (alias menjadi vigilante).

Rorschach. (Sumber: DeviantArt)

Dengan sistem paneling sembilan kotak panel per halaman, Watchmen menyajikan kisah superheroes berbalut politik di dunia alternatif. Sebuah campuran yang memang tidak umum diberikan sebuah komik superheroes.

Halaman komik Watchmen. (Sumber: Wikia)

Watchmen sudah pernah di adaptasi ke dalam format film layar lebar oleh Warner Bros. Dibuat tahun 2009 dengan sutradara film yang sebelumnya sukses di film komik lain “300” (2006), Zack Snyder, film ini tidak begitu sukses secara komersial namun menimbulkan perang opini ‘film ini bagus vs film ini jelek’ di kalangan kritikus maupun fans film komik.

Film yang menimbulkan polarisasi di kalangan kritikus & fans. (Sumber: Wikia)

Trailer film Watchmen

Sesuatu yang sepertinya jadi kutukan buat film-filmnya Zack Snyder? Saya tidak ingin mempercayai itu.

Film versi ‘Ultimate Cut’ (alias home version) dari Watchmen berdurasi 3 jam 35 menit; 24 menit lebih panjang dari versi teatrikal bioskop. Watchmen memiliki rating R-rated alias dewasa. Jadi komentar “film superheroes R-rated pertama itu Deadpool!” yang dulu banyak beredar di forum internet sebenarnya salah kaprah. KarenaWatchmen sendiri bukanlah yang pertama menggunakan rating R-rated. Ada “The Punisher” (1989) yang lahir lebih dulu serta judul-judul lain.

Dolph Lundgren masih muda. (Sumber: WordPress)

Terbaru, serial TV Watchmen kini akan segera diproduksi.

Langkah yang berani namun tepat karena komik Watchmen lebih ideal dibuat dalam format serial TV ataupun miniseri untuk merangkum seluruh isi graphic novel tersebut ke dalam gambar bergerak. Tapi ternyata serial TV Watchmen ini tidak akan mengadopsi kisah dari komik versi asli.

Damon Lindelof, kreator serial TV Watchmen akan menciptakan Watchmen yang menggambarkan era sekarang. Masa kini.

“Watchmen dulu diciptakan khusus di era 80an dengan kepemimpinan PotUS Reagen, PM Inggris Thatcher dan Premier Gorbachev dari Uni Soviet. Watchmen kami akan berada di era Trump, May serta Putin”.

Kalau Damon Lindelof tidak sedang bercanda, maka serial Watchmen itu nanti akan terasa ‘masa kini’ seperti halnya serial superheroes lain seperti CW “Arrowverse” yang juga merupakan IP dari DC Comics seperti halnya Watchmen.

Aktris Regina King akan jadi pemeran utama di peran yang masih dirahasiakan. King sendiri pernah bekerja sama dengan Lindelof di “The Leftovers”. Nama-nama lain yang diinformasikan Variety akan berperan di Watchmen-nya HBO ini adalah Don Johnson, Tim Blake Nelson, Adelaide Clemens, Andrew Howard serta Louis Gossett Jr. Semua masih dirahasiakan perannya.

Regina King, Don Johnson & Louis Gossett Jr. (Sumber: ConsequenceOf Sound)

Dengan perubahan radikal di tema dan timeline apakah serial Watchmen ini nanti akan berhasil memikat penonton? Kebanyakan pembaca komik garis keras alergi dengan perubahan ekstrim dari komik ke film atau televisi series. Tapi kita lihat saja nanti saat serial ini siap ditayangkan oleh HBO.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: WikiHow

Hati-hati, Attitude Jelek Bisa Menghancurkan Karir Berkarya!

Attitude, inilah satu hal yang tidak boleh gagal kita pahami dalam kehidupan berkarya... more

Sumber: www.nflix.pl

Altered Carbon Season 1: Peluang Manusia Hidup Abadi dengan Banyak Tubuh Berbeda

Saat pertama kali melihat dunia “Altered Carbon”, yang terpikir di dalam benak tentu saja adalah dunia dalam film .. more

Ada Wong Resident Evil 6 (sumber: tokkoro)

Ada Wong, Si Seksi Penakluk Zombie & Leon Kennedy yang Juga Sukses Menaklukkan Hati Para Gamers

Mungkin, tidak pernah terbesit sama sekali di benak (alm) Noboru Sugimura kalau karakter Ada Wong yang diciptakannya, ba.. more

Joko Anwar Akan Menyutradarai Film Gundala!

Tayang di tahun 2019, film Gundala garapan Joko Anwar akan menghadirkan sosok superhero Indonesia dalam kemasan segar!.. more

00-d-adel-maghfirare

Know Your Judges #3: Adel Maghfirare

Adel Maghfira, komikus muda pencipta komik strip beken Maghfirare menjadi juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa arti R.. more