Pemula dalam Membuat Cerita Bersambung? Perhatikan Tipsnya!

4 months ago

Fenomena komik digital memang sedang menjadi tren baru di kalangan para pegiat komik Indonesia. Para komikus, baik dari kalangan pemula maupun profesional, berlomba-lomba meluncurkan karya di berbagai platform yang telah tersedia. Karya-karya ini biasanya didominasi oleh cerita-cerita bersambung atau serial yang biasanya terdiri dari dua belas episode, atau lebih.

Bagi komikus profesional, membuat cerita bersambung mungkin bukan lagi hal yang aneh. Bagi mereka, ini bukanlah sesuatu yang baru. Namun, bagi sejumlah komikus pemula, membuat cerita serial tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karenanya, ketika komikus pemula tiba-tiba menempuh karir sebagai komikus serial, ada beberapa risiko yang akan ia hadapi.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara membuat serial atau cerita bersambung yang baik? Resiko apa saja yang akan dihadapi oleh para komikus dan kreator baru di dunia serial? Yuk, simak penjelasannya!

Bagaimana Cara Membuat Cerita Bersambung Yang Baik?

Ukur Kemampuanmu!

Cerita Bersambung mengukur kemampuan

Sumber: mpowermed

Hal pertama yang perlu kita perhatikan sebelum terjun menjadi seorang penulis cerita serial adalah pentingnya mengetahui kemampuan diri. Mengapa? Sebab, membuat cerita serial tidak hanya bicara soal teknik, tetapi juga membahas soal tekad dan konsistensi. Kita akan membuat cerita yang berkelanjutan, itu artinya kita harus siap merancang cerita setiap beberapa periode sekali, tanpa henti.

Bagi kreator profesional, menjaga konsistensi tentu sudah menjadi asupan harian. Namun, bagi para kreator pemula, menjaga konsistensi mungkin masih menjadi tantangan besar. Jangankan membuat cerita seminggu sekali, untuk membuat cerita bersambung sebulan sekali juga terasa berat, kok.

Untuk melatih konsistensi, ada baiknya kita tidak terburu-buru membuat cerita serial, tetapi bisa dengan berlatih membuat cerita bertipe oneshot atau cerita yang langsung selesai dalam satu chapter. Lakukan secara berkala agar terbiasa. Dengan membuat oneshot secara berkala, kita juga akan belajar banyak tentang pembuatan plot yang baik, character building, dan berbagai elemen cerita yang lain.

Membuat cerita serial memang terdengar menyenangkan. Akan tetapi, di sisi lain, menjaga tekad, konsistensi, dan kualitas dalam pembuatan cerita serial juga bukan hal yang mudah. Oleh karenanya, mengukur kemampuan sebelum beraksi adalah hal yang amat krusial.

Gunakan Kerangka Cerita

Cerita Bersambung kerangka cerita

Sumber: Storytelling for Good

Cerita bersambung yang baik adalah cerita yang plotnya rapi, konsisten, serta tidak melantur ke tema-tema yang tidak berkaitan. Untuk menjaga hal ini, kita bisa merancang kerangka plot terlebih dahulu sebelum mulai terjun menggarap sebuah cerita. Buatlah coretan konsep dari ceritamu, baik konflik maupun event-event penting yang akan terjadi pada setiap bab ceritamu, termasuk prolog dan epilognya.

Tak hanya itu, akan lebih bagus jika kamu bisa menambahkan detail-detail yang akan bermanfaat untuk kemajuan cerita, seperti motif utama masing-masing karakter dan sifatnya. Salah satu faktor yang membuat ceritamu terasa intriguing adalah karakter. Oleh karenanya, selain membuat kerangka, perbaiki desain karaktermu juga.

Kerangka ini akan menjadi panduan kita saat mulai terjun mengerjakan cerita, perannya adalah mencegah kita keluar dari jalur dan berbelok dari haluan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Tips Agar Menjadi Kreator Pemula yang Tidak Banyak Tanya

Selain itu, kerangka juga akan membantu kita untuk menghindari gap yang biasanya terjadi pada pergantian episode. Gap seperti ini sering kali menuntun pada plothole yang akan membuat audiens merasa bingung atau marah. Bagaimana pun, kita adalah manusia yang pelupa, kalau tidak ada pedoman jadi seringkali keliru saat membuat cerita.

Tak berhenti sampai di situ, kerangka juga memberikan kita keuntungan untuk disiplin update cerita. Ingat, konsistensi waktu update juga merupakan hal yang krusial dalam cerita serial. Sebab, jika kita tidak disiplin, hal ini akan memungkinkan pembaca untuk melupakan cerita yang sudah kita buat atau bahkan melupakan eksistensi karya kita. Jadi, kerangka punya banyak manfaat dalam pembuatan serial.

Mulai dari Jumlah Episode yang Sedikit

Cerita Bersambung jumlah episode

Sumber: ResoIT

Kamu merasa sudah punya kemampuan, tapi masih merasa bimbang? Merasa di antara siap dan tidak siap untuk mengerjakan cerita serial? Jangan khawatir. Solusi untuk masalah ini sebenarnya cukup sederhana, yakni mulai membiasakan diri mengerjakan miniseri.

Mulailah dengan mengerjakan miniseri sebanyak minimal tiga episode sebagai permulaan. Kalau sudah terbiasa, dorong kemampuanmu agar bisa mengerjakan lebih banyak episode, misalnya menjadi dua belas episode. Membuat serial dengan jumlah total episode yang lebih pendek ini akan membiasakan mental dan kemampuan untuk merancang cerita yang lebih kompleks dan lebih panjang.

Baca Juga: Tips dan Langkah Membuat Komik One-Shot Dalam Format Webtoon

Cerita dengan banyak episode belum tentu akan menjadi cerita yang lebih bagus. Bagus atau tidaknya cerita tergantung dari banyak faktor, tidak bisa ditentukan oleh jumlah episodenya saja. Oleh karenanya, jika kamu termasuk kreator  pemula dan belum 100% yakin dapat mengerjakan cerita serial secara berkala, kamu tidak perlu memaksakan diri.

Terburu-buru mengerjakan serial di saat kita belum siap hanya akan membuat cerita menjadi kumpulan event yang tidak sempurna, padahal seharusnya bisa dibangun lebih apik. Upaya yang telah kita kerahkan akhirnya hanya menjadi kesia-siaan belaka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu memulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana sebelum mulai menjajaki cerita yang lebih kompleks, lebih panjang, dan lebih serius.

About Author

S09 Gruppe

S09 Gruppe

S09 Gruppe adalah circle penyedia konten kreatif. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. Berkenaan dengan motto tersebut, kami akan selalu memberikan insight-insight kreatif terbaru serta penyemangat untuk berkarya.

Comments

Most
Popular

Hasil jarahan perang dari Pasar Komik Bandung 6 (CIAYO Pictures)

Indonesia Harus Mulai Melirik Intellectual Property Sebagai Komoditi Industri

Inilah kekuatan IP yang harus mulai dilirik oleh penggiat industri kreatif. Ada banyak cara untuk memulai untuk membangu.. more

Ockto Baringbing: Menulis Cerita Komik Sampai Luar Negeri

Sempat naik di kancah internasional, pria jebolan DKV ITB ini akhirnya tidak lelah melahirkan karya-karya barunya. Ockto.. more

Little Smile: Sebuah Komik Tentang Dilema Keluarga Jaman Sekarang

Bro sis ada yang uda pernah baca komik berjudul “Little Smile” ? Komik one shot menyentuh hati ini sempat viral di m.. more

(from : anitrendz.net)

9 Judul Anime Terpopuler di Anime Fall 2017

Berbagai anime keren musim panas yang dimulai beberapa bulan lalu sudah berakhir. Kini saatnya kita memasuki seri anime .. more

Sumber gambar: asahi.com

Menggambar Manga Jadi Metode Rehabilitasi Tahanan Penjara di Jepang Loh!

Menggambar manga sebagai metode rehabilitasi tahanan penjara?.. more