Penampilan AKB48 di MAMA 2017 Menunjukkan Perbedaan Antara Idol Jepang Dan Korea Selatan

8 months ago

Di mata orang awam, grup boyband dan girlband dari Jepang dan Korea terlihat sama saja. Mereka memiliki konsep penampilan dan musik yang berbeda. Ada yang mengedepankan konsep imut, penampilan seksi, maupun menjadi alternatif antara keduanya.

Tapi, antara grup Jepang dan Korea, ada satu prinsip yang bersebrangan dalam filosofi tiap grup idol. Di Jepang, grup idol yang imut lebih diminati, sementara grup idol yang keren dan sempurna menjadi tuntutan di Korea.

AKB48 di red carpet MAMA 2017. (Sumber: Twitter)

AKB48 di red carpet MAMA 2017. (Sumber: Twitter)

Hal ini ternyata sangat terlihat ketika grup idol Jepang dan Korea menyatukan kekuatan mereka dalam penghargaan musik Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2017. Event MAMA tahun ini spesial karena diadakan di 3 negara berbeda: Vietnam, Jepang, dan Hong Kong. Indonesia boleh bangga karena berhasil menyabet dua penghargaan – Artis Indonesia Terbaik yang dimenangkan Agnez Mo, serta Komposer Musik Terbaik yang diraih duet maut Raisa dan Isyana Sarasvati.

6 grup idol di satu panggung, saya takjub nggak ada yang merasa kagok ditumpuk sedemikian rupa. Rehearsalnya gimana ya? (Sumber: KPOP24hrs)

6 grup idol di satu panggung, saya takjub nggak ada yang merasa kagok ditumpuk sedemikian rupa. Rehearsalnya gimana ya? (Sumber: KPOP24hrs)

Pada event Jepang yang diadakan tanggal 29 November lalu di Yokohama Arena, AKB48 memainkan sebuah kolaborasi monster. Tak cukup dengan membernya yang bejibun itu, AKB48 mengajak 5 grup idol dari Korea untuk tampil sepanggung dengan mereka. Grup-grup tersebut adalah Weki Meki, Pristin, Class 1 dari Idol School, Fromis_9, serta solois Kim Chungha. Dalam kolaborasi yang diberi tajuk It’s Showtime itu, mereka memainkan 3 lagu. Lagu-lagu tersebut adalah Pick Me bersama I.O.I, serta dua hit AKB48: Heavy Rotation dan Koisuru Fortune Cookie.

Penampilan idol Korea Selatan dan AKB48  berkolaborasi membawakan lagu Korea berjudul Pick Me.

Selanjutnya giliiran AKB48 berkolaborasi dengan idol Korea Selatan membawakan lagu Jepang yang berjudul Heavy Rotation dan Fortune Cookies.

Kolaborasi raksasa tersebut memancing komentar dari para netizen Jepang dan Korea. Mereka sangat menikmati penampilan tersebut, namun terdapat catatan dan komentar terkait kontrasnya penampilan para idol Korea jika dibandingkan dengan AKB48. Secara umum, disimpulkan bahwa netizen memuji penampilan grup idol Korea, sementara AKB48 dikritik karena tak mampu mengimbangi 5 grup idol yang lain.

Meski harus membawakan lagu AKB48, para grup idol Korea yang tampil mampu menyajikan penampilan yang enerjik. (Sumber: Youtube)

Meski harus membawakan lagu AKB48, para grup idol Korea yang tampil mampu menyajikan penampilan yang enerjik. (Sumber: Youtube)

Idol Korea Selatan lebih cantik dan punya gerakan dansa lebih baik,” “Sekarang aku mengerti kenapa idol group Korea sangat populer di luar negeri,” “Mereka menyanyikan lagu AKB tapi kenapa gerakan dansa mereka jauh lebih baik?” “Banyak orang yang senang membela koreografi dansa amatiran dan nyanyian buruk yang dibawakan AKB48,” begitulah beberapa komenter netizen dari Jepang dan Korea.

Mengapa bisa demikian? Kita kembali lagi dengan bagaimana masyarakat memandang idol di masing-masing negara. Jepang dengan keimutannya, dan Korea dengan kematangannya.

Kekuatan AKB48 datang dari kepribadian menarik serta harmonisasi dari setiap anggotanya. (Sumber: Japanchord)

Kekuatan AKB48 datang dari kepribadian menarik serta harmonisasi dari setiap anggotanya. (Sumber: Japanchord)

Di Jepang, hal penting yang harus dimiliki oleh seorang idol adalah charm atau kharisma. Mereka harus mampu menarik perhatian fans dengan kepribadian yang hangat dan imut, serta quirk/ciri khas unik. Namun bukan berarti idol di Jepang mengabaikan kualitas dari skill nyanyian dan tarian ya. Mereka tetap mendapatkan pelatihan dalam kedua bidang tersebut, hanya saja bagaimana industri idol Jepang memandang skill cukup berbeda dengan industri di Korea. Mereka ingin seorang idol bertumbuh kembang bersama fans, sehingga fans dapat menyadari perkembangan kemampuan seorang idol dan akhirnya akan semakin setia mendukung mereka.

SNSD merupakan grup idol Korea yang all-rounder, punya kualitas vokal dan koreografi dansa terbaik di angkatannya. (Sumber: Dok. Pribadi)

SNSD merupakan grup idol Korea yang all-rounder, punya kualitas vokal dan koreografi dansa terbaik di angkatannya. (Sumber: Dok. Pribadi)

Berbeda dengan Jepang, idol Korea haruslah sempurna begitu mereka didebutkan. Untuk mencapai hal ini, agensi idol Korea tak ragu untuk merekrut idol di usia yang sangat muda dan kemudian melatih mereka dalam jangka waktu yang sangat lama. Resimen latihan yang keras dan panjang ini menjadi wajah dari industri idol Korea yang tidak banyak diketahui orang. Banyak trainee yang jatuh di tengah jalan tanpa bisa menikmati masa debut. Mereka yang berhasil debut pun masih harus bekerja ekstra keras untuk “membalas budi” agensi yang telah melatih mereka sejak muda.

Lantas bukan berarti grup idol Korea lebih baik karena punya skill tinggi, atau grup idol Jepang lebih baik karena “lebih humanis”. Dan bukan berarti juga, Jepang hanya lebih berminat dengan grup idol yang imut, karena yang garang seperti Babymetal pun ada. Korea juga tidak cuma lebih minat dengan grup idol yang seksi karena yang imut-surealis seperti Crayon Pop juga ada.

Semua kembali lagi kepada apa yang kita mau dan kita sukai. Baik grup idol Jepang dan Korea punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang saling mengisi. Kita hanya tinggal memilih dan menikmati saja. And that’s it! Nggak usah ditambah acara saling ejek dan berantem antar fandom.

Bodo amat dengan J-pop VS K-pop, yang penting kita yang nonton merasa terhibur. (Sumber: Twitter)

Bodo amat dengan J-pop VS K-pop, yang penting kita yang nonton merasa terhibur. (Sumber: Twitter)

Toh pada akhirnya, kita sebagai fans kembali jadi pemenangnya. Kolaborasi antara AKB48 dan 5 idol group Korea ini merupakan sebuah fanservice raksasa yang apa lagi tujuannya kalau bukan untuk memuaskan kita semua. AKB48 memang kelihatan lebih lesu dibanding kolaboratornya, tapi inti dari penampilan mereka bukanlah untuk membuktikan siapa yang paling hebat. Kita sebagai penonton puas dengan penampilan mereka, hal itu sudah bisa dikatakan sebagai sebuah kesuksesan. Betul tidak?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: ramenparados.com

Cutie Honey Universe: ‘Nenek Moyangnya’ Anime Mahou Shojo Akan Rilis TV Series Baru Di 2018

Serial yang akan diberi judul “Cutie Honey Universe” itu akan mulai ditayangkan di musim semi atau April 2018 nanti .. more

Disney's Villain. Sumber: youtube

Fakta Mengejutkan Tokoh Antagonis Disney yang Jarang Diketahui!

Setiap cerita pasti punya karakter antagonis yang membuat jalan cerita jadi lebih seru. Selain mempunyai peran sebagai l.. more

(sumber: Screen Rant)

Storyline Flashpoint di DCEU: Apakah Rana Sinematik DC Memang Memerlukan Reboot Segar?

Flashpoint adalah storyline komik top DC yang ditulis oleh Geoff Johns dan dirilis dari bulan Mei hingga Agustus 2011. T.. more

Sumber: www.nflix.pl

Altered Carbon Season 1: Peluang Manusia Hidup Abadi dengan Banyak Tubuh Berbeda

Saat pertama kali melihat dunia “Altered Carbon”, yang terpikir di dalam benak tentu saja adalah dunia dalam film .. more

Playstation 4 vs Nintendo Switch

Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

Di bulan puasa ini emang kadang suka bikin lemes dan rasanya pengen tidur aja. Mau ngapa-ngapain rasanya jenuh banget. T.. more