Berapakah Pendapatan Seorang Artist Dalam Aplikasi Streaming Service (Apple Music, Spotify, Joox, MelOn dll)?

12 months ago
Pendapatan seorang artist dalam streaming services. Sumber: pinterest

Sekarang hampir semua orang udah jarang banget untuk beli CD album untuk mendengar musik. Karena internet dan paket data sudah bisa dipasang ke smartphone dengan mudah, orang lebih memilih untuk streaming lagu atau download langsung melalui Aplikasi Streaming Lagu. Namun, penyanyi yang merilis album juga pasti akan tetap merilis albumnya dalam bentuk fisik atau CD.

Album dalam bentuk CD ini juga nantinya berpengaruh bagi artist dalam sebuah penghargaan musik. Misalkan Album of The Year atau Record of The Year untuk artist dengan penjualan album fisik terbanyak. Kalau penjualan CD album fisik, sudah jelas penghasilannya bisa langsung masuk ke distributor atau label tempat penyanyi bernaung. Lalu, kalau dengan media streaming gitu gimana?

Aplikasi Streaming Lagu -joox

Sumber: pinterest.com

Bagaimana penyanyi mendapatkan uang dari Aplikasi Streaming Lagu?

Sebenarnya hal ini termasuk kontroversi dalam industri musik. Banyak orang bertanya-tanya gimana cara penyanyi mendapatkan uang dari jasa streaming seperti Apple Music, Spotify, MelOn, dan masih banyak lagi. Menurut informationisbeautiful.net di tahun 2017, dalam Spotify seorang artist bisa mendapatkan $0,0038 (sekitar 500 ribu rupiah) setiap lagu, ketika user dari Spotify berjumlah 140 juta orang.

Aplikasi Streaming Lagu - data

Sumber: digitalmusicnews.com

Setelah itu sang artist baru bisa mendapat upah minimum di U.S. yaitu $1,472 (hampir 20 juta rupiah) per-bulan kalau lagunya telah dipasang sebanyak 380.000 kali dengan mengambil sekian persen dari pendapatan Spotify. Peraturan dan sistem ‘pendapatan’ artist ini berbeda-beda dari setiap jasa streaming app.

Beberapa artist menyayangkan tentang kecilnya pendapatan dan apresiasi dari musik yang telah mereka buat. Karena itu Taylor Swift dan labelnya membuat perjanjian dengan Spotify kalau lagu Taylor hanya boleh diakes oleh premium user aja.

Taylor merasa kalau semua yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagunya seperti penulis lirik dan produser berhak untuk mendapat penghasilan yang lebih atas jerih payah mereka. Dan streaming service hampir gak bisa memenuhi semua itu menurut Taylor. Ada juga pihak yang mengatakan, kalau sebenarnya streaming service seperti Spofity selalu membayar artist sesuai dengan perjanjian, dan merasa seharusnya gak akan ada masalah apapun.

Baca juga: 7 Hal Tersirat Yang Ada di Lagu Taylor Swift “Look What You Made Me Do”

Aplikasi Streaming Lagu - Taylor Swift.

Taylor Swift. Sumber: pinterest.co.uk

Berbeda dengan streaming service di Korea. Menurut seorang penyanyi hiphop bernama Kang Gary, seorang penulis lirik lagu bahkan gak mendapatkan royalty apapun dari channel streaming. Di Korea sendiri, aplikasi untuk streaming musik yang paling populer adalah MelOn. Biaya bulanan untuk dapat melakukan streaming musik secara unlimited di MelOn berkisar 170 ribu rupiah per-orang. Sementara rata-rata seseorang mendengar lagu 1000 kali perbulan. Belum lagi label dan streaming service juga akan menerima pendapatan.

Baca juga: Berbagai Ajang Penghargaan Musik Korea Selatan di Penghujung Tahun

Aplikasi Streaming Lagu - melon

Sumber: daylightdesign.com

Bisa di bayangkan dong seberapa kecilnya pendapatan yang diperoleh oleh artist dan penulis lagu? Jangan lupa juga, pendapatan besar bisa diperoleh kalau artist tersebut merupakan penyanyi populer dan lagunya stay dalam chart teratas dalam waktu yang cukup lama. Untuk penyanyi yang belum memiliki popularitas ,pastinya lebih sulit. Gimana menurut kamu?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

Death Stranding adalah game Hideo Kojima (dibaca: A Hideo Kojima Game) yang dibuat setelah keluar dari Konami. Pada pena.. more

Sumber: youtube.com

[SPOILER ALERT] The Greatest Showman, Film Musikal Terbaik Di Penghujung Tahun 2017

Film musikal The Greatest Showman terbukti menjadi kejutan di akhir tahun 2017 dan mampu menyaingi film lain seperti La .. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more

Sumber: www.engadget.com

Review Game Night in the Woods: Diri Kita dalam Hidup Seekor Kucing

“Night in the Woods”, game adventure imut dan lucu yang justru memiliki background cerita yang dewasa serta gelap.. more

Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

Komikus GHOSTY's COMIC, Fajar Ghosty, adalah salah satu juri dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Mari mengenalnya lebih d.. more