Kanada Menggunakan Animasi Sebagai Promosi Pariwisatanya dan Hasilnya Keren Banget!

10 months ago
Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Bosan melihat iklan pariwisata yang biasa aja? Nah, Kanada punya cara baru untuk mempromosikan tempat pariwisata mereka loh! Dengan durasi 30 detik, animasi yang berjudul “Warm, winter Canada” ini menampilkan tempat-tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh turis yang datang ke Kanada saat musim dingin. Tempat-tempat yang ditampilkan ada Banff, Pegunungan Rocky Kanada, Pasar di tengah pulau Vancouver Granville, Air terjun Niagara, dan Nathan Phillips Square di Toronto.

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Iklan pariwisata untuk Kanada ini disutradarai oleh Hisayuki Tabata beserta member staffnya yang juga sempat bekerja dalam pembuatan animasi populer berjudul “Your Name.”

Your Name, anime populer yang menjadi box office. Sumber: straight.com

Your Name, anime populer yang menjadi box office. Sumber: tvtropes.com

Iklan ini mengisahkan sebuah cerita pendek tentang Yuya Miyagi yang sangat menyukai travelling ala backpacker. Bersama teman kuliahnya yang bernama Satsuki, Yuya mengajak Satsuki untuk berlibur ke Kanada untuk pertama kali dan menjelajahi tiap tempat pariwisata populer di Kanada.

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Apa ya reaksi dari orang-orang mengenai iklan ini? Jadi, memang ada banyak orang yang melihat iklan ini merasa kaget ,karena gak pernah terpikirkan oleh mereka kalau pemerintah Kanada akan menggunakan video animasi yang dibuat oleh animator Jepang. Sementara membuat iklan menggunakan anime memang bukan hal yang asing di negeri Jepang. Terutama karena animasi dan manga sendiri mempunyai peran penting untuk mempromosikan negara.

Turis yang berbondong-bondong hunting tempat setting sebuah anime di Jepang. Sumber: chanwon.com

Turis yang berbondong-bondong hunting tempat setting sebuah anime di Jepang. Sumber: chanwon.com

Bagi pemerintah Jepang, seni animasi dan manga memberi keuntungan bagi ekonomi negaranya. Karena pop culture yang berasal dari Jepang sudah sangat diterima oleh orang dari berbagai negara di dunia, bahkan dalam dunia perfilman Hollywood. Komik atau animasi Jepang sukses membawa turis asing untuk datang ke negara mereka. Penggemar dari anime Slam Dunk misalnya, mereka datang ke Jepang untuk mengambil foto lokasi yang ada pada animasi Slam Dunk.

Ada juga turis asing yang datang untuk mengunjungi kuil yang ada pada film “Your Name” atau sekedar datang untuk melihat festival kembang api, festival yang sering muncul pada film Jepang. Data yang dimiliki oleh Japan National Tourism Organization menunjukkan  jumlah turis yang datang tahun ini mengalami kenaikkan sebesar 26,7 persen dari tahun lalu.

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Penggunaan animasi pun mulai dijadikan cara untuk mempromosikan tempat pariwisata suatu negara. Sebenarnya penggunaan animasi untuk mempromosikan destinasi pariwisata bukan hal yang baru. Hanya aja beberapa film gak secara langsung menunjukkan film tersebut sebagai ajang promosi.

Setting animasi Brave di Skotlandia. Sumber: ohmy.disney.com

Setting animasi Brave di Skotlandia. Sumber: ohmy.disney.com

Animasi buatan Disney Pixar misalnya, “Brave” yang mempublikasikan wilayah-wilayah di Skotlandia. Ada juga film Hollywood The Davinci Code yang menampilkan tempat-tempat bersejarah di wilayah Inggris dan Eropa. Turis biasanya akan tertarik dengan tempat wisata yang memilki cerita atau legenda seperti monster di sungai Loch Ness dan sebagainya. Diharapkan, cara untuk menarik perhatian turis asing ini juga akan terus dikembangkan supaya gak hanya tempat-tempat populer aja yang akan sering didatangi, melainkan tempat yang ada di pulau terpencil juga. Hal ini supaya bisa membantu pendapatan rakyatnya di wilayah tersebut.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: Personal Editing

Kurang Motivasi untuk Berkarya? Deretan film tentang Author ini Pasti Bisa Menambah Motivasimu!

Jika kalian bekerja di bidang kreatif seperti illustrator, komikus, ataupun penulis, pasti pernah mengalami yang namanya.. more

00 desktop trailer ant-man and the wasp

Ant-Man Punya Sidekick Baru di Trailer Ant-Man and the Wasp!

Ant-Man kembali jadi buronan, namun untungnya ia bakal mendapatkan partner baru: Wasp! Marvel merilis trailer Ant-Man an.. more

Nasi Kare Jepang. Sumber gambar: wikipedia.org

Nasi Kare: Masakan India Yang Malah Jadi Kuliner Nasional Jepang

Kare sangat populer di Jepang. Saking populernya Kare disana mengakibatkan tak sedikit generasi masa kini Jepang yang me.. more

Ario Anindito (instagram.com/arioanin)

Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

komik, dunia komik, komikus, baca komik.. more

Sumber: mojokstore.com

Review Novel: Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah

“Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah” adalah novel paling terbaru karya Puthut E. A. Nama Puthut E. A. sudah se.. more