Perang Kartu Grafis PC Kelas Menengah: RX 480 vs RX 580 vs GTX 1060

8 months ago
Sumber: vrworld.com

Saat ini mencari kartu grafis murah untuk PC boleh dibilang gampang-gampang susah.

Trend penambangan bitcoin yang belum mereda (seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di Semua yang Harus Kamu Tahu Mengenai Bitcoin )menjadikan pasar komponen kartu grafis komputer kekurangan pasokan. Para penambang bitcoin ramai-ramai memborong kartu grafis komputer untuk kepentingan mereka. Akibatnya kini sangat sulit mencari kartu grafis komputer yang berharga murah karena stock selalu habis diborong para ‘bitcoin miner’.

Hanya ada stok di kartu grafis kelas premium serta menengah; itupun sebenarnya juga tidak luput dari incaran para penambang bitcoin. Namun saat ini mereka lebih fokus memborong yang harganya terjangkau, dan akibatnya yang tersisa adalah produk yang secara price tag cukup tinggi untuk kebanyakan kantong PC gamers, walau berkualitas oke.

Ada harga, ada kualitas. Sejak dulu begitu.

Kali ini kita akan lihat dan bandingkan dua jenis kartu grafis PC di kelas menengah. Kedua kartu ini berasal dari dua kubu yang berbeda, Nvidia dan AMD. Namun berada dalam kelas yang sama (price, power, performance), sehingga layak untuk di adu satu sama lain.

Dengan level harga retail di bawah $300, Nvidia GTX 1060, AMD RX 480 dan AMD RX 580 adalah tiga kandidat kartu grafis ideal untuk dimiliki gamer PC di tengah kelangkaan kartu grafis yang lebih murah dari ketiga seri ini.

Beberapa website tester sudah pernah menguji ketiga jenis kartu grafis ini dengan hasil-hasil yang bervariasi.

Seperti misalnya extremetech.com ataupun tomshardware.com yang melakukan uji coba menggunakan testbed Intel serta AMD. Website techspot.com menggunakan testbed Intel Kaby Lake i7-7700 yang di-overclock hingga 4.9GHz (sangat tinggi!) demi mendapatkan hasil optimal.

Kartu grafis yang mereka uji ada empat jenis sekaligus; yakni MSI GTX 1060, EVGA GTX 1060, Aorus RX 580, dan MSI RX 480. Secara pribadi saya paling prefer RX 480 karena price-to-performance nya sempurna, tapi jangan harap bisa menemukan RX 480 di pasaran karena stock selalu kosong diborong penambang bitcoin dimana-mana.

Dua merk kartu grafis populer di kalangan gamers. Sumber gambar: techspot.com

Dua merk kartu grafis populer di kalangan gamers. Sumber gambar: techspot.com

Pengujian pertama dilakukan di bagian konsumsi daya. Jika dilihat secara keseluruhan efisiensi, GTX 1060 terlihat lebih memuaskan dibanding lainnya.

Benchmark bagian konsumsi daya. Sumber gambar: techspot.com

Benchmark bagian konsumsi daya. Sumber gambar: techspot.com

Selanjutnya pengujian dilakukan di bagian favorit kita semua: gaming!

Game pertama yang diuji dalam perang ini adalah game favorit banyak gamer: Grand Theft Auto 5 alias GTA V. Melihat hasil statistik yang ada, GTX 1060 lebih unggul dibanding kompetitornya.

Game GTA V dalam pengujian. Sumber gambar: techspot.com

Game GTA V dalam pengujian. Sumber gambar: techspot.com

Pengujian dilanjutkan dengan game online populer yang memiliki banyak fans di seluruh dunia (termasuk di Indonesia): Overwatch. Di game ini sepertinya RX 580 menunjukkan taring dengan meyakinkan.

Game shooter ini terlihat lebih baik dengan RX 580 dalam pengujian. Sumber gambar: techspot.com

Game shooter ini terlihat lebih baik dengan RX 580 dalam pengujian. Sumber gambar: techspot.com

Untuk menguji grafik di efek cuaca dan kecepatan gerak objek, dilakukan dengan game “F1 2016” dalam mode cuaca hujan deras. RX 580 unggul tipis 7% dibanding saudaranya RX 480; yang berimbang dengan GTX 1060 dalam ujicoba ini.

Game simulasi balapan Formula One dalam ujicoba. Sumber gambar: techspot.com

Game simulasi balapan Formula One dalam ujicoba. Sumber gambar: techspot.com

Dan tak lupa game yang menghebohkan di kalangan fans Resident Evil tahun ini karena perubahan format yang drastis (dari 3rd Person menjadi 1st Person View); Resident Evil 7: Biohazard. Di game ini, RX 580 mengeluarkan kemampuannya menyajikan tampilan spektakuler dari game horor terkemuka ini. Dan hasilnya terlihat seperti dalam tabel.

RX 580 meyakinkan untuk memainkan Resident Evil 7 dalam resolusi tinggi. Sumber gambar: techspot.com

RX 580 meyakinkan untuk memainkan Resident Evil 7 dalam resolusi tinggi. Sumber gambar: techspot.com

Dari pengujian-pengujian di atas terlihat kalau kartu grafis seri RX 580 bersaing ketat dengan seri GTX 1060, dan bahkan dengan saudara kandungnya sendiri RX 480.

Hal yang menjadi pertimbangan adalah harga ke empat kartu grafis yang ada dalam pengujian tadi sama alias semua di bawah harga $300, sehingga secara faktor harga mereka masuk kategori kelas menengah yang cocok dimiliki jika budget gamer tidak begitu tinggi namun menginginkan kualitas terbaik.

Karena pasar kartu grafis yang masih tidak menentu dengan ketersediaan barang yang sering kosong, saat ini gamer “dipaksa” kreatif menentukan pilihan kartu grafis untuk PC gaming mereka. Namun bisa dipastikan kalau kelas RX 480, RX 580 atau GTX 1060 saat ini sangat layak untuk dimiliki. Tapi itupun jika bro sis gamer dapat menemukan mereka di pasaran, dengan harga retail yang seharusnya (dibawah $300) ya. Selamat berburu bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: Marvel Comics

Thor Odinson Akan Kembali Jadi “God of Thunder” di Komik Terbaru Marvel

Thor adalah IP lama dari Marvel Comics. Mayoritas orang mungkin baru mengenal karakter ini dari film “Thor” (2011) y.. more

Sumber gambar: youtube.com

Belum Bisa Move On dari The Last Jedi? Yuk Cobain Game-Game Star Wars Keren Ini!

Berikut game-game Star Wars keren yang bisa bro sis mainkan... more

Sumber: www.artscommented.com

Phantom Thread: Pesona Daniel Day-Lewis yang Perfeksionis

Sosok Reynolds yang gigih, sempurna, modis, keras kepala, dan sekaligus rapuh berhasil diperankan oleh Day-Lewis dengan .. more

Anime Dragon Ball yang Terbaru: Membawa Son Goku ke Level Berikutnya

Bro Sis ada yang tahu gak, kalo sampai sekarang Goku dan kawan-kawan masih berpetualang dalam seri Dragon Ball terbaru .. more

(Sumber : Koleksi pribadi)

Ketika Komik dan Seni Rupa Dipertemukan

Ada acara hits kekinian mengenai komik dan seni rupa di Jakarta, loh. .. more