Perkembangan Komik Wayang di Indonesia

12 months ago
sumber: http://patinantique.blogspot.co.id/2016/06/1-set-komik-wayang-ramayana.html

Siapa sih yang tidak tahu cerita epik Ramayana dan Mahabharata? Meskipun generasi muda, tapi pastinya kita pernah denger dong atau mungkin pernah nonton serialnya di tv. Cerita tentang pasangan Rama dan Shinta memerangi raksasa jahat bernama Rahwana, atau cerita tentang pertikaian dua keluarga dalam memeperebutkan negara Astina. Nah komik-komik yang mengangkat cerita perwayangan sempat merajai penjualan komik di Indonesia pada tahun 70-90an, karena plot ceritanya yang seru, tingkah lucu para punakawan, serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam setiap ceritanya. Komik wayang tidak hanya bercerita soal Mahabharata dan Ramayana, tapi juga cerita tentang legenda-legenda lainnya seperti Parikesit, Pandji Semirang, Arjuna Sasrabahu, Bharatayudha, Punakawan dan masih banyak yang lainnya. Beberapa komikus tanah air yang menjadi pelopor di dunia komik wayang adalah R.A Kosasih, Jan Mintaraga dan Teguh Santosa.

Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

R.A. Kosasih memulai komik-komik wayangnya di tahun 1955. Awalnya beberapa komiknya sempat dikecam karena mengandung unsur kebarat-baratan (karena sebelumnya R.A Kosasih selalu membuat komik-komik bertemakan superhero). Merasa tertantang, beliau kemudian membuat komik wayang dengan cerita Mundinglaya Dikusuma dan Ganesha Bangun.Namun, komiknya yang paling laris justru yang berjudul Burisrawa Gandrung dan Burisrawa Merindukan Bulan.

Inspirasi lahirnya komik kisah Ramayana dan Mahabharata datang ketika R.A. Kosasih sedang di perpustakaan Bogor. Kepada penerbitnya, R.A. Kosasih mengatakan akan mengomikkan wayang dari versi yang asli. Alhasil, terbitlah komik wayang Ramayana 10 jilid, dan Mahabharata 40 jilid. Menyusul pula judul-judul komik wayang yang lain yang terbit dalam berpuluh-puluh jilid. Saat itu menurut hitungan Kosasih, dalam sebulan, satu seri komiknya dapat terjual 30 ribu eksemplar! Jumlah ini cukup fantastis loh bro sis untuk ukuran komik terbitan dalam negeri! Kemudian komikus-komikus lainnya pun mulai terjun bebas mengikuti jejak beliau membuat komik wayang karena melihat kesuksesannya kala itu.

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/komik/1mi1i7-jual-buku-komik-wayang-pandawa-seda-ra-kosasih

Pamor komik wayang sempat meredup di tahun 1980an, dikarenakan masuknya gelombang komik-komik asing dan komik silat. Meski begitu, komik wayang masih menjadi favorit tersendiri di tempat penyewaan buku kala itu. Beberapa pengarang yang tetap melanjutkan komik wayang di tahun 80an adalah Jan Mintaraga dan Teguh Sentosa, dengan cerita Mahabharata dan Ramayana. Bahkan saat itu komik-komiknya dicetak full color loh guys. Sayangnya di tahun-tahun berikutnya, komik-komik wayang mulai menghilang dari peredaran seiiring dengan masuknya komik-komik Jepang dan Amerika di tahun 90an.

Sumber: http://www.tokokomikantik.com/

Tapi bukan berarti komik-komik wayang itu sudah punah loh bro sis, karena penerbit-penerbit besar di Indonesia kini mulai mencetak ulang komik-komik wayang tersebut dengan format komik cetak yang baru. Ini dilakukan agar generasi muda seperi kita masih bisa mengenal komik-komik klasik buatan Indonesia. Komik-komik wayang cetakan baru tersebut beberapa juga sudah bisa didapatkan di toko-toko buku besar. Jadi buat bro sis yang penasaran dan tertarik pengen baca cerita-cerita wayang yang pastinya ngga kalah seru dari cerita komik-komik luar, langsung aja guys dicoba cari ke toko buku terdekat yah dan buat kalian yang suka baca komik terbaru ga perlu repot- repot ke toko buku ataupun keluar rumah, kalian download aja Ciayo Comics yang punya komik komedi, komik drama, komik action dan komik romantis terpopuler lainnya ! yuk buruan kepoin Ciayo Comics!

About Author

Awe

Awe

"Geek lover"

Comments

Most
Popular

(gameranx.com)

Bakalan Keren Kalo Karakter-Karakter Ini Jadi DLC di TEKKEN 7!

Sebelumnya, udah pernah dibahas di sini kalo kemunculan Akuma, Eliza, dan Geese Howard membuka kemungkinan untuk TEKKEN.. more

(Sumber: duniaku.net)

Jangan Lewatkan Tournament-Tournament Besar Ini di BEKRAF Game Prime 2017

idak hanya berupa pameran dan workshop, Game Prime 2017 juga mengadakan berbagai tournament. Bagi kamu yang penasaran d.. more

EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya

Bagi para penikmat anime yang menyukai cerita tentang Imouto, sudah pasti menonton anime yang satu ini; EroManga-Sensei!.. more

Si Bedil (CIAYO Comics)

Yuk Kenalan Sama Si Bedil, Marbot Dadakan Mesjid Al-Ikhlas

Ada yang baru nih! Udah kenal sama Si Bedil, Marbot dadakan Mesjid Al-Ikhlas? Apa yang unik dari dia?.. more

Sumber: gameranx.com

Pokemon GO Adalah Sebuah Penistaan

Yang saya maksud penistaan disini adalah.. more