Permasalahan Sajaegi dalam Industri Musik Korea

1 year ago
Sumber: tripzilla.com

Kalau musimnya boyband dan girlband di Korea Selatan sedang comeback atau merilis lagu baru, muncul deh kesempatan skandal ini untuk datang. Skandal yang dimaksud disini adalah Sajaegi. “Saejaegi” dalam bahasa Korea berarti hoarding atau “menumpukkan barang”. Barang yang ditumpuk ini gak lain adalah album musik yang dirilis oleh entertainment tempat sang idola bernaung.

Nah, kalau penggemar yang membeli album sebanyak-banyaknya untuk membantu penjualan dan chart musik sang idola, itu sih sah-sah aja. Bahkan hampir semua fandom musik Kpop sepertinya melakukan hal itu. Mereka bisa membeli lebih dari 10, 40, bahkan 100 jumlah album demi membantu sang idola. Tapi kalau perusahaan sendiri yang membeli album idol mereka, gimana tuh?

Sumber: kknews.cc

Sumber: kknews.cc

Baru-baru ini perusahaan entertainment yang menaungi girlband Momoland, Duble Kick dituduh melakukan Sajaegi. Dalam tuduhannya Duble Kick dilaporkan membeli 8200 kopi album dari Momoland yang berjudul ‘Great!’. Sajaegi ini dilakukan agar Momoland bisa menang pada acara musik di Korea yang ditentukan setiap minggunya. Acara musik di Korea Selatan memang menampilkan chart musik.

Album Momoland (Sumber: weheartit.com)

Album Momoland (Sumber: weheartit.com)

Biasanya dua penyanyi yang terpilih menjadi nominasi nomor satu akan ‘diadu’ satu sama lain. Awal tuduhan sajaegi kepada perusahaan Duble Kick ini adalah karena saat itu hasil penjualan album Momoland naik sebanyak 3000 kopi ketika bersanding melawan boyband iKon yang sedang comeback juga.

Momoland menang di chart acara musik mingguan (Sumber: topstarnews.net)

Momoland menang di chart acara musik mingguan (Sumber: topstarnews.net)

iKon dikenal sebagai boyband dengan jumlah fans yang banyak, terutama karena mereka berasal dari YG Entertainment, perusahaan yang sama dengan grup populer Big Bang. Gak hanya itu aja, comeback iKon kali ini sangat ditunggu oleh penggemar karena mereka sudah hiatus cukup lama.

Sebenarnya hal ini gak ada kaitan sama sekali dengan IKon. Hanya saja, peningkatan penjualan album yang drastis ini yang cukup membuat orang lain heran. Perusahaan Duble Kick langsung meklarifikasi kalau mereka gak melakukan sajaegi dan mengatakan kalau penjualan album Momoland meningkat karena penggemar di Jepang yang melakukan bulk order. Mereka juga mengatakan kalau gak mungkin mereka melakukan hal curang karena perusahaan mereka sendiri mempunyai budget yang sangat limit.

Agensi entertainment Korea (Sumber: allkpop.com)

Agensi entertainment Korea (Sumber: allkpop.com)

Setiap penjualan album musik dari toko retail harus memberikan informasinya secara benar dan akan didata secara sistematik oleh Hanteo Chart. Hanteo juga yang memberikan data mereka kepada acara musik di channel TV Korea nantinya. CEO Hanteo, Kwak Young Ho, mengatakan kalau mereka gak akan diam saja dengan permasalahan kecurangan ini dan akan mengambil aksi hukum.

Hanteo Chart menghitung penjualan setiap album yang rilis perharinya dan gak pernah terjadi error. Karena itu, setiap ada hal yang mencurigakan, Hanteo akan menyelidikinya hingga tuntas. Dengan begitu hasilnya jadi lebih adil dan clear.

Apapun tuduhan yang diajukan, idola yang bekerja keras dalam melakukan comeback seharusnya gak menerima komentar jahat dari pihak manapun. Karena bagaimana pun juga, perusahaan kan yang mengatur penjualannya?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: Zimbio

Teori Konspirasi: Avril Lavigne Sudah Meninggal Sejak Tahun 2004!

Avril Ramona Lavigne, atau yang lebih dikenal Avril Lavigne ini memang sangat terkenal di genre musik pop punk. Namun ap.. more

00-d-conjuring

Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Mulai dari The Conjuring sampai Annabelle, film-film horor ini saling berhubungan dalam satu dunia yang sama. Pertanyaan.. more

00-d-valthirian-rilis

Valthirian Arc: Hero School Story Akhirnya Resmi Dirilis!

Game Valthirian Arc: Hero School Story karya Agate akhirnya dirilis secara internasional melalui penerbit game PQube... more

00 d infinity war

Review Avengers: Infinity War – Lubang Hitam Penuh Emosi

Avengers: Infinity War lebih dari sekedar film crossover superhero Marvel yang menegangkan dan menghibur; namun juga pen.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

The Ritual, Atmosfer Luar Biasa untuk Cerita Usang yang Klasik

“The Ritual” merupakan contoh film horror yang punya skenario klasik dengan menampilkan atmosfer mencekam yang terja.. more