PewDiePie Mencoba Memperbaiki Reputasi dengan Memanfaatkan Drama Logan Paul?

6 months ago
Sumber gambar: youtube.com

Di dunia ini ada istilah “sampah dari seseorang adalah harta karun untuk seseorang lainnya”. Atau bisa juga diartikan “kesialan kita adalah keberuntungan orang lain”. Hal ini terdengar kejam atau tidak etis, namun di kehidupan terkadang hal-hal yang seperti itu terjadi. Sebuah hal atau kejadian bisa berdampak terbalik buat dua individu yang mungkin bahkan tidak saling kenal (atau malah dalam lingkup sosial yang sama).

Beberapa waktu belakangan internet sempat gempar karena kejadian dramatis yang dilakukan seorang YouTuber bernama Logan Paul. Bersama crew channel-nya Logan Paul memasuki hutan angker Jepang, Aokigahara, dan menemukan mayat korban/pelaku bunuh diri disana. Aksi Logan Paul dalam situasi itu sangat tidak sopan dan tidak etis sehingga memancing kecaman dunia.

Ekspresi Logan Paul di video kontroversialnya. Sumber gambar: thesun.co.uk

Ekspresi Logan Paul di video kontroversialnya. Sumber gambar: thesun.co.uk

Dalam situasi keriuhan akibat aksi Logan Paul, yang dianggap tidak sopan dan tidak menghargai negara/kultur Jepang (karena kemudian beredar pula video-video aksi prank dan tidak sopan dia selama di Jepang sebelum kejadian di hutan Aokigahara), berbagai reaksi dan video opini akan hal tersebut bersliweran di YouTube. Mulai dari sesama YouTuber hingga selebritis dunia.

Dan diantara video reaksi tersebut ada yang berasal dari Felix “PewDiePie” Kjellberg, YouTuber yang secara teknis lebih terkenal lagi dibandingkan Logan Paul jika ukurannya adalah jumlah subscribers. Logan Paul memiliki sekitar 15 jutaan subscribers, sementara PewDiePie hampir 4x lipat di angka 59 jutaan subscribers.

Felix “PewDiePie” Kjellberg. Sumber gambar: polygon.com

Felix “PewDiePie” Kjellberg. Sumber gambar: polygon.com

Tapi buat beberapa pihak, termasuk website Polygon.Com, video reaksi PewDiePie justru dikecam. Alasan mereka adalah karena PewDiePie tidak lebih baik dari Logan Paul dalam hal “berbuat kerusuhan online”.

Channel YouTube PewDiePie, jika dilihat dari “About” nya, hanya bertuliskan “Saya membuat video”. Yang mana tentu saja hal itu merupakan ‘oversimplification’ dari yang dia lakukan buat subscribers. Sedari awal berkarir di YouTube, PewDiePie membuat banyak video “Let’s Play”, dimana dia bermain game dan merekam situasi saat dia bermain. Jadi seakan-akan kita sedang duduk bersama dia, dan menonton dia bermain game.

Video-video “Let’s Play” PewDiePie sangat populer. Sumber gambar: coub.com

Video-video “Let’s Play” PewDiePie sangat populer. Sumber gambar: coub.com

Menonton orang bermain game? Terdengar membosankan ‘kan? Mungkin. Tapi tingkah polah PewDiePie saat bermain itu yang jadi ‘selling point’ video di channel PewDiePie. Saat bermain game dia sangat ekspresif. Memaki saat terkejut, berkomentar, melompat kaget saat bermain game horror jika ada adegan ‘jumpscare’ (seperti saat dia bermain game horror terbitan publisher Indonesia yang berjudul “Dreadout”). Tingkah polahnya saat bermain game yang dianggap lucu serta menghibur berhasil mengangkat reputasinya hingga channel PewDiePie semakin populer dan meraup banyak subscribers. Kjellberg juga mendapatkan endorsement serta berbagai hal yang menghasilkan pendapatan uang plus barang seiring meroketnya popularitas dia sebagai YouTuber terkenal sedunia.

Saat PewDiePie bermain game horor buatan Indonesia. Sumber gambar: brilio.net

Saat PewDiePie bermain game horor buatan Indonesia. Sumber gambar: brilio.net

Namun sifat ceplas-ceplos semau gue PewDiePie juga membawa masalah untuknya.

Setidaknya ada dua kejadian besar yang membuat PewDiePie menuai kecaman akibat aksi di channel YouTube dia. Pertama berupa aksi provokasi yang dikategorikan “Anti Semit/Yahudi” dimana PewDiePie membayar dua orang India untuk memegang papan bertuliskan “Kematian Untuk Semua Yahudi” dan menayangkan seseorang berpenampilan seperti Jesus Christ yang berkata “Hitler Tidak Melakukan Kesalahan Apapun”.

Aksi berujung pemutusan hubungan bisnis dengan Disney. Sumber gambar: youtube.com

Aksi berujung pemutusan hubungan bisnis dengan Disney. Sumber gambar: youtube.com

Aksi ini menuai kecaman keras dan berimbas dikeluarkannya dia dari list prioritas YouTube Preferred. Sampai-sampai Disney juga memutus kerjasama dengan dia. PewDiePie sudah meminta maaf akan aksi tersebut.

Kjellberg di ‘putus hubungan’ oleh Disney. Sumber gambar: theodysseyonline.com

Kjellberg di ‘putus hubungan’ oleh Disney. Sumber gambar: theodysseyonline.com

Namun kemudian dia bermasalah lagi karena aksinya; kali ini saat siaran langsung / livestreaming. Saat sedang bermain game dan dalam situasi menegangkan, PewDiePie melontarkan ‘racial slur’ atau makian rasis “N-word”. Walau beberapa pihak menganggap dia tidak sengaja melakukannya karena tekanan saat bermain, namun situasi yang berkembang memaksa PewDiePie kembali meminta maaf pada publik yang tersinggung akan aksinya.

Mengaku khilaf memaki dengan N-word. Sumber gambar: variety.com

Mengaku khilaf memaki dengan N-word. Sumber gambar: variety.com

Nah, saat kasus Logan Paul memanas di internet, PewDiePie mencoba ‘nimbrung’ dengan membandingkan kasus dia dengan Logan Paul. “Sepertinya gue mendapat reaksi lebih parah dari yang seharusnya gue dapet” keluh Kjellberg, merujuk pada kondisi Logan Paul yang -saat video PewDiePie itu dibuat- tidak di tinggal pergi sponsor. Berbeda dengan PewDiePie yang dicampakkan oleh sponsor seperti Disney, Logan Paul sepertinya lebih “dimaafkan” oleh sponsornya. Perlakuan berbeda ini yang dikeluhkan PewDiePie alias Felix Kjellberg.

Perlakuan berbeda yang dirasa tidak adil. Sumber gambar: postradar.co.uk

Perlakuan berbeda yang dirasa tidak adil. Sumber gambar: postradar.co.uk

Keluhan PewDiePie sepertinya berhubungan langsung dengan show-nya yang berjudul “Scare PewDiePie – Season 2”, Show itu terkatung-katung nasibnya tidak dapat ditayangkan di channel YouTube berbayar (YouTube Red). Dua kasus PewDiePie sebelumnya disinyalir yang jadi penyebab.

Season 1 sukses besar. Season 2 terbengkalai. Sumber gambar: youtube.com

Season 1 sukses besar. Season 2 terbengkalai. Sumber gambar: youtube.com

“Kalau (Paul) tidak mendapatkan sanksi apapun (karena video offensive dia), setidaknya tayangin lah Scare PewDiePie – Season 2. Kami udah syuting. File nya udah ada. Tinggal ditayangin doang” omel Kjellberg di video komentarnya soal Logan Paul.

Buat banyak orang PewDiePie terlihat berusaha menjadikan kasus Logan Paul sebagai pembenaran akan kasusnya sendiri. PewDiePie mengatakan kalau dia “memang berbuat bodoh dan mengusik beberapa orang dan kultur, tapi dia melakukannya dari rumahnya dan tidak langsung di wajah, negara dan kultur orang tersebut”.

Tapi menurut Polygon.Com hal itu tidak membuat PewDiePie jadi lebih baik dari Logan Paul. Komentar Polygon.Com tersebut memancing PewDiePie untuk membalas melalui Twitter-nya. Sampai tulisan ini saya buat sudah ada 3.200 komentar, 18.000 retweet dan 163.000 likes di Tweet tersebut. Nggak tau deh bakal sepanjang apa jadinya nanti.

PewDiePie strikes back. Sumber gambar: twitter.com/pewdiepie

PewDiePie strikes back. Sumber gambar: twitter.com/pewdiepie

Seorang YouTuber memang harus punya konten menarik untuk dapat mendulang subscribers, likes, yang akan berujung pada iklan serta endrosement. Dan cara cepat untuk itu biasanya berupa konten dan kelakuan kontroversial. Sudah sering terbukti. Tapi segala hal ada konsekwensi. Dan efeknya bisa sangat berbahaya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(CIAYO Comics)

Setahun Perjalanan CIAYO Comics

Setahun sudah, CIAYO Comics sebagai platform komik digital Indonesia hadir dengan deretan komik-komik favorit. Para peci.. more

Sumber: Mini en Monde

Cafe yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Kamu ke Jepang dan Korea!

Sebagai anak muda, kita pasti suka banget nongkrong buat ngabisin waktu bareng temen atau bahkan ngerjain tugas di kafe... more

00-d-noyer-van-java

Jelajahi Bandung Post Apocalypse Dalam Noyer Van Java

Penasaran gimana jadinya kalau kota kembang Bandung bertahan dari musibah global? Jelajahi kota Bandung di masa post apo.. more

Teriakan Berdarah – File 005 Gejolak Dalam Diri

Jika saja aku mengerti apa yang sebenarnya terjadi padaku dan memberi batasan pada gejolak diriku yang lain ini, mungkin.. more

(Vandaria Saga – Redfang)

Resensi Novel Redfang: Kakak Bunuh Adik, Dikubur, Eh Si Adik Malah Muncul Lagi

Kolaborasi CIAYO Comics dan Vandaria Saga membuahkan komik baru yang nantinya akan meramaikan hikayat Vandaria, lho. Kab.. more