PIONICON Luncurkan Seri Superhero dengan Karakter Pertama KALAWIRA

4 weeks ago
Kalawira_Banner

“KALAWIRA menjadi karakter superhero pertama yang dirilis dalam proyek PIONICON HEROES”

Dari sekian banyak genre cerita fiksi yang ada, genre superhero adalah salah satu genre yang memiliki banyak penggemar. Berawal dari genre yang sangat niche, kini genre superhero digemari oleh khalayak luas di berbagai belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Menyambut tingginya antusiasme penggemar superhero di Indonesia, PIONICON sebagai perusahaan manajemen IP karakter fiksi terdepan di Indonesia meluncurkan PIONICON HEROES dengan karakter pertamanya yang bernama KALAWIRA.

KALAWIRA adalah seorang superhero remaja yang memiliki kekuatan daya tahan tubuh yang tinggi serta pengendalian waktu. Sosok di balik karakter superhero ini adalah seorang siswa SMA bernama Tama yang mendapatkan kekuatannya dari seseorang yang daatang dari masa depan yang memberinya kekuatan super.

KALAWIRA_Comic Preview
Comic Preview (Sumber: PIONICON)

Kehidupan remaja yang dibalut dalam cerita superhero menjadi tema besar yang diangkat dalam dasar pembuatan karakter KALAWIRA ini. Nuansa graffiti dan street wear dalam desain kostumnya dibuat untuk menyesuaikan dengan sosok Tama sebagai remaja yang suka street art.

Selain menghadapi penjahat Tama juga harus menghadapi berbagai permasalahannya sebagai remaja. Dengan tokoh Tama yang masih SMA, PIONICON berusaha mendekatkan karakter hero ini dengan anak-anak dan remaja.

KALAWIRA_Model
Sumber: PIONICON

Asal nama karakter KALAWIRA berasal dari dua kata dalam bahasa Sansekerta yaitu “Kala” dan “Wira”. Dalam bahasa Sansekerta kata “Kala” bisa berarti “hitam” yang melambangkan warna dominan dari karakter ini, “seni” yang mewakili hobi karakter Tama, serta “waktu” yang merupakan kekuatan yang dimiliki KALAWIRA. Sedangkan kata “Wira” dalam bahasa Sansekerta memiliki arti “keberanian” dan “kepahlawanan”.

Sebagai seorang superhero KALAWIRA memiliki logo yang terinspirasi dari kumbang Red Weevil. Kumbang Sagu Merah (Red Weevil) yang menjadi salah satu sumber kekuatan KALAWIRA adalah salah satu hewan khas dari Asia Tenggara. Serangga ini kemudian menyebar hingga Afrika dan Eropa. Harapannya tentu Kalawira tidak hanya populer di Indonesia namun dapat mendunia.

KALAWIRA_kalawira team
Tim kreatif KALAWIRA (dari kiri ke kanan) Rhoald Marcellius (desainer karakter & komikus), Faza Meonk (kreator), Yahya M (penulis cerita), Sakti Yuwono (colorist)

Karakter KALAWIRA ini dibuat oleh Faza Meonk dengan cerita yang ditulis oleh Yahya M, duo kreator dan penulis yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan karakter komedi Si Juki. Dalam pembuatan desain karakter ini PIONICON bekerjasama dengan salah satu kreator berbakat asal Indonesia yang telah berpengalaman menggarap komik Marvel yaitu Rhoald Marcellius. Beberapa komik internasional yang telah dikerjakan oleh Rhoald di antaranya adalah Contest of Champions (2015-2016), All-new Inhumans, Sea of Thieves, serta Bonehead.

“Kami memilih untuk bekerjasama dengan Rhoald setelah saya melihat fanart Spider-man versi Betawi buatan Rhoald. Sejak saat itu saya berpikir untuk mengajak Rhoald berkolaborasi membuat sebuah karakter superhero baru dengan tampilan yang sangat remaja.” Ujar Faza Meonk.

KALAWIRA_Cover Comic
Sumber: PIONICON

Karakter KALAWIRA ini pertama kali diluncurkan kepada publik pada gelaran Indonesia Comic Con 2019 yang berlangsung pada tanggal 12-13 Oktober 2019. Pada saat peluncurannya di acara tersebut, PIONICON merilis komik KALAWIRA #00 Collector’s Edition.

Untuk pembuatan komik ini PIONICON menggandeng Sakti Yuwono, salah satu artist dalam negeri yang sudah berpengalaman mengerjakan berbagai judul komik internasional bersama Rhoald. Duo Rhoald dan Sakti sudah memiliki pengalaman mengerjakan komik Sea of Thieves, Bonehead, serta yang paling baru adalah komik Amsterdamned untuk DJ Yellow Claw asal Belanda.

Setelah peluncuran komik perdananya di Indonesia Comic Con 2019, komik terbaru dari KALAWIRA direncanakan untuk mulai terbit reguler pada awal tahun 2020 mendatang. Faza juga menyatakan bahwa karakter KALAWIRA akan terus dikembangkan ke dalam berbagai media mulai dari komik cetak, webtoon, produk fashion, merchandise sampai layar lebar.

KALAWIRA_booth ICC 2019
Sumber: PIONICON

TENTANG PIONICON

Pionicon adalah perusahaan manajemen karakter berbasis Intelectual Property dan berfokus pada konten lokal. Setelah berhasil dengan berbagai karakter seperti Si Juki, Tuti and Friends, Manka, dan Si Bedil yang populer di sosial media melalui berbagai komik strip, kini Pionicon mencoba tantangan baru dengan merilis Pionicon Heroes pertama yaitu Kalawira.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

The Dark Side of Japan: Sisi Gelap Jepang yang Jarang Diketahui

Di balik segala gemerlap dan keindahannya ternyata ada sisi gelap Jepang yang sedikit banyak tidak disadari orang-orang... more

00-d-komik-jendi

Selami Perjuangan Perenang Difabel Lewat Komik JENDI!

Komik JENDI mengangkat kisah Jendi Pangabean, atlit renang paralimpik yang meraih 5 medali dalam ASEAN Paragames 2017 di.. more

Ajin

Review Film Live-Action Ajin-Demi Human: Aksi Berbalut Persepsi tentang Kebenaran

Ajin, adalah sebutan bagi para makhluk setengah manusia, atau bisa disebut juga Demi-Human. Ajin ditemukan 26 tahun lalu.. more

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Mengenal GeGeGe no Kitaro, Anime yang Akan Menggantikan Slot TV Dragon Ball Super

GeGeGe no Kitaro bukanlah IP kemarin sore. Serial anime ini sudah hadir sejak anime pertama kali dibuat dalam sejarah... more

game prime clash of titans

Game Prime Clash of Titans 2019 Hadirkan 8 Tim Esports Top

Mulai dari RRQ, Louvre, hingga Aerowolf; 8 tim Mobile Legends tangguh akan bertarung di Game Prime CLash of Titans 2019!.. more