Plants vs Zombies: Garden Warfare 3 untuk PlayStation 4 Segera Hadir

3 months ago
(Sumber gambar: digitaltrends.com)

Oleh: @HarryRezqiano

Plants vs Zombies. Mungkin banget kalian pernah memainkan game gokil ini!

Plants vs Zombies adalah game dengan genre ‘Tower Defense’. Genre ini merupakan turunan dari genre utamanya, yaitu ‘Real-Time Strategy’. Real-Time Strategy (sering disingkat dengan sebutan RTS) merupakan genre dimana situasi berjalan secara nyata dan keputusan gamers akan situasi tersebut harus dilakukan saat itu juga. Genre Tower Defense memaksa gamers mempertahankan tower/menara/markas mereka dari serangan yang terjadi secara real time dan tanpa adanya jeda untuk santai.

Genre ini semakin terkenal dan diadopsi oleh banyak judul game. Jika dilihat ke belakang, genre ini mungkin dimulai sejak 1978 oleh game klasik “Space Invader” (walau beberapa berpendapat kalau game “Missile Command” tahun 1980 lebih memiliki elemen Tower Defense).

Game Tower Defense generasi awal (Sumber gambar: atarimania.com)

Game Tower Defense generasi awal (Sumber gambar: atarimania.com)

Game lain yang juga menggunakan genre ini (walau bukan dalam game utama melainkan sebagai bonus game) adalah Fort Condor mini game di “Final Fantasy VII”. Tapi sepertinya game yang berhasil memanfaatkan hype dan gameplay Tower Defense di peta video game dunia adalah game “Plants vs Zombies”.

Sumber gambar: windowscentral.com

Sumber gambar: windowscentral.com

Plants vs Zombies merupakan IP dari PopCap Games. Kalian yang menyukai game-game lama PC jadul harusnya ingat nama ini. Pernah main Zuma ‘kan? Atau Bejeweled? Nah… itu IP lainnya dari PopCap Games. Game Plants vs Zombies dirilis pertama pada bulan Mei 2009 untuk platform Windows PC, Apple OSX. Versi digital juga dijual di toko game online terpopuler Steam pada saat bersamaan dengan versi disc. Setelahnya versi untuk platform lain (seperti Apple iOS, Xbox, PS3 dll) menyusul satu demi satu. Rasanya semua platform mendapatkan game Plants vs Zombies. Bahkan platform yang secara popularitas tidak terkenal sebagai platform game seperti BlackBerry Playbook.

PopCap Games terkenal dengan game-game ringan mereka (Sumber gambar: nave360.com)

PopCap Games terkenal dengan game-game ringan mereka (Sumber gambar: nave360.com)

Sebagai game Tower Defense, gameplay Plants vs Zombies memiliki elemen bertahan dari serangan dan menyerang balik zombies yang datang. Kita harus melindungi ‘Tower’ (di game ini di-representasikan sebagai rumah dengan halaman penuh tanaman) dari serbuan zombies yang berusaha masuk ke dalam rumah. Diperlukan strategi untuk melindungi sekeliling rumah dari serangan zombies dengan memanfaatkan tanaman yang ada. Jika zombies berhasil masuk ke dalam rumah, maka ‘Game Over’ disertai pesan kalau ‘zombie telah memangsa otak Anda’. Bikin kesal tentunya. Hehehe.

Tampilan game Plants vs Zombies (Sumber gambar: videogamer.com)

Tampilan game Plants vs Zombies (Sumber gambar: videogamer.com)

Sutradara Plants vs Zombies, George Fan, ingin menciptakan game yang punya keseimbangan elemen seram & imut sekaligus (seperti konsep Yami Kawaii fashion). Sebuah game yang dapat memuaskan pemain yang senang tantangan serius namun juga mampu memikat gamers kasual yang bermain game hanya di sela-sela kesibukan harian mereka. Fan memutuskan memakai genre Tower Defense setelah bermain game modifikasi Warcraft III “Element Tower Defense” yang sesuai dengan konsep dia sebelumnya.

George Fan (Sumber gambar: YouTube)

George Fan (Sumber gambar: YouTube)

Plants vs Zombies juga banyak menggunakan plesetan yang berasal dari berbagai elemen pop culture dunia ke dalam game. Misalnya dari judul. Sebelum berjudul “Plants vs Zombies”, game ini sempat akan diberi judul “Lawn of the Dead”. Jelas merupakan plesetan dari film zombie “Dawn of the Dead” George A. Romero. Atau nama-nama stage di dalam game seperti ‘Scary Potter’ dan ‘Ace of Vase’. Keduanya merupakan plesetan dari Harry Potter dan grup musik lawas Ace of Base.

Ini jelas plesetan pop culture (Sumber gambar: YouTube)

Ini jelas plesetan pop culture (Sumber gambar: YouTube)

Layaknya game sukses, Plants vs Zombies segera menjadi franchise. Selain game canonical alias utama, terdapat pula game sempalan / spin-off dari Plants vs Zombies di pasaran.

Plants vs Zombies 2: It’s About Time” merupakan sekuel dari game Plants vs Zombies original dan dirilis tahun 2013 untuk iOS dan Android sebagai game ‘Freemium’ seperti game Animal Crossing: Pocket Camp dari Nintendo . Gameplay-nya kurang lebih sama seperti game sebelumnya, namun ditambah elemen ‘perjalanan waktu & keliling dunia’. Perubahan konsep dari game retail berbayar menjadi ‘gratis tapi bayar’ sedikit menimbulkan pro-kontra. Namun Plants vs Zombies 2 secara umum tetap disukai penggemar game sebelumnya.

Game Free-to-Play alias ‘Freemium’ (Sumber gambar: cultofmac.com)

Game Free-to-Play alias ‘Freemium’ (Sumber gambar: cultofmac.com)

Jika “It’s About Time” adalah sekuel langsung maka “Garden Warfare” adalah spin-off yang tak kalah seru. Menggunakan mesin grafis keluaran EA ‘Frostbite 3’ (yang digunakan game-game papan atas seperti Battlefield 4 dan Fifa 18) dengan gameplay 3rd  person shooter tanpa meninggalkan elemen Tower Defense, Garden Warfare cukup diterima pasar dengan baik.

Grafis lebih cakep dengan gameplay lebih action (Sumber gambar: gamezone.ge)

Grafis lebih cakep dengan gameplay lebih action (Sumber gambar: gamezone.ge)

Terkini, Garden Warfare 3 dikabarkan akan segera dirilis untuk PlayStation 4. Berita ini bocor dari komik “Plants vs Zombies: Garden Warfare Volume 2” yang nongol di Amazon Product Page. Komik ini masih dalam status pre-order (akan dirilis September 2018) dan disebutkan kalau komik ini adalah ‘jembatan penghubung antara Garden Warfare 2 dengan Garden Warfare 3’.

Masih lama banget… (Sumber gambar: amazon.com)

Masih lama banget… (Sumber gambar: amazon.com)

Garden Warfare 2 dirilis February 2016 untuk PS4, XB1 dan PC. Jadi bisa di prediksi kalau Garden Warfare 3 akan dirilis bersamaan atau dekat dengan rilis komik Plants vs Zombies: Garden Warfare Volume 2 nanti. Tapi apakah benar? Kita masih harus menunggu.

Suka Plants vs Zombies? Kalau ada komentar jangan lupa tag saya, ya?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Polygon

Waduh! Dana Kickstarter Untuk Game Project Phoenix Diduga Diselewengkan Untuk Membuat Game Lain!

angat disayangkan bahwa masih saja terjadi kasus-kasus penyelewengan dana dalam proyek Kickstarter. Belum lama ini, game.. more

Sumber gambar: steemit.com

Tak Hanya PUBG dan Fortnite – Game Berikut Juga Cocok untuk Mode Battle Royale Death Match

Saat ini di kalangan PC gamers sedang trending game berbasis “Battle Royale Death Match”. Battle Royale? Seperti apa.. more

Teriakan Berdarah – File 003 Dia Kembali

Apakah ingatan masa lalu akan membuatmu lega? Setelah sekian lama sibuk dengan keseharianku, dia kembali... more

As Long As I Lived: Cewek Introvert Gone Wrong!

Komik yang berhasil mengantarkan Duta Pi menjadi pemenang ini berjudul As Long As I Lived. Kira-kira gimana ya ceritanya.. more

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more