Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

8 months ago
Sumber: time.com

By: @HarryRezqiano

IP Nintendo banyak diciptakan dengan karakter dan gameplay yang bisa dinikmati semua umur. Walau lucunya terkadang IP yang awalnya ditujukan untuk gamer usia anak sekolah, lama kelamaan juga dinikmati oleh gamer usia dewasa, misalnya Pokemon.

Pokemon sendiri merupakan franchise yang dijalankan oleh The Pokemon Company. Perusahaan konsorsium ini dimiliki oleh tiga perusahaan berbeda: Nintendo, Game Freak serta Creatures. Tapi pemilik merk “Pokemon” itu sendiri hanya satu, yaitu Nintendo. Jadi secara sederhana: merk Pokemon itu punya Nintendo, tapi yang berhak pakai tidak hanya Nintendo saja.

The Pokemon Company (Sumber: YouTube)

The Pokemon Company (Sumber: YouTube)

Game Pokemon sudah melewati tujuh generasi. Generasi awal dari Pokemon adalah untuk Game Boy di tahun 1996 berjudul “Pocket Monsters Aka to Midori / Pocket Monsters Red and Green”. Game ini mengambil genre RPG dengan elemen strategi. Pokemon merupakan hasil ide dan kerja Satoshi Tajiri 田尻 智 . Tajiri tak hanya menciptakan Pokemon. Salah satu IP lain darinya yang juga populer adalah Yoshi; kadal hijau yang muncul perdana sebagai game puzzle block a la Tetris tahun 1991.

Satoshi Tajiri (Sumber: wisance.com)

Satoshi Tajiri (Sumber: wisance.com)

Secara tradisional, game-game Pokemon hanya dirilis di hardware buatan Nintendo. Mulai dari Game Boy yang fenomenal hingga terkini di Nintendo Switch. Sebenarnya tidak hanya game. Pokemon juga merambah kemana-mana. TV anime, film anime, Trading Card… Trading Card malah punya event-event reguler resmi dengan endorsement dari The Pokemon Company! Salah satu kenalan di media sosial saya merupakan fans berat Pokemon Trading

Card Game (sebenarnya tidak hanya dia tapi dua putra dan satu putrinya juga pemain game kartu Pokemon). Terlihat kalau di Inggris, atau Eropa pada umumnya, event Pokemon Card sering dilakukan. Pastinya seru banget.

Turnamen Pokemon TCG Nasional Inggris 2017 (Sumber: tabletopgaming.co.uk)

Turnamen Pokemon TCG Nasional Inggris 2017 (Sumber: tabletopgaming.co.uk)

Dengan semakin meng-globalnya smartphone, Nintendo memperhitungkan platform ini untuk memperluas jangkauan produk-produk mereka.

Tidak semudah membalikkan telapak tangan, sih. Awalnya Nintendo malah sama sekali tidak punya rencana untuk ikut masuk ke bisnis gaming smartphone/mobile karena mereka punya divisi handheld sendiri yang sukses. Soal handheld gaming, Nintendo jawaranya. Mulai dari Game Boy hingga 3DS, handheld Nintendo selalu laris manis di pasaran. Tapi ‘wanginya’ pasar mobile gaming lama kelamaan menggoyahkan mereka juga.

Handheld Nintendo 3DS XL Pokemon Edition (Sumber: ebay.com)

Handheld Nintendo 3DS XL Pokemon Edition (Sumber: ebay.com)

Dimulai dari Mario Run dan diteruskan dengan Animal Crossing serta rencana memboyong game balap go-kart populer Mario Kart ke format smartphone, Nintendo terus bergerak memberikan pasar smartphone game-game signature mereka lainnya. Kali ini giliran franchise Pokemon.

Tentu dibandingkan game untuk handheld Nintendo, game Pokemon untuk smartphone masih belum ada apa-apanya sama sekali. Game Pokemon untuk smartphone dimulai dari “Pokemon GO” di tahun 2016. Game ini, tentu saja, sukses besar menarik perhatian publik. Bahkan yang awalnya bukan pemain video game sekalipun.

Walaupun dihajar berbagai masalah (dari server macet hingga pemain bermasalah dengan peraturan lokal seperti bermain sambil mengemudikan kendaraan; yang mana sangat berbahaya), Pokemon GO merupakan game smartphone paling happening di 2016. Gaungnya sempat mengecil di tahun berikutnya, namun hal itu tidak mengurangi antusiasme pemain yang memang fans Pokemon sejati yang awalnya sudah mengenal Pokemon sebelum Pokemon GO dirilis.

Pokemon GO (Sumber: 9to5mac.com)

Pokemon GO (Sumber: 9to5mac.com)

Di tahun 2017, game Pokemon berikutnya untuk smartphone dirilis bulan Mei. Kali ini game spesifik dengan karakter Magikarp; Pokemon air yang populer di kalangan fans Pokemon. Game yang diberi judul “Pokemon Magikarp Jump” itu tersedia untuk platform iOS & Android secara gratis (sama seperti Pokemon GO sebelumnya) dengan opsi ‘microtransaction’ alias perdagangan item-item pendukung game menggunakan mata uang asli.

Pokemon Magikarp Jump (Sumber: YouTube)

Pokemon Magikarp Jump (Sumber: YouTube)

Tidak hanya Magikarp, Nintendo kembali menerbitkan game Pokemon untuk smartphone di tahun yang sama. Diberi judul “Pokeland”, gamers akan berada di sebuah dunia luas terbuka dengan tujuan mengumpulkan ‘Toy Pokemon’. Akan ada 134 spesies Pokemon yang tersebar di dunia game ini dimana mereka bisa ditangkap, dilatih dan dibawa bertarung dengan Pokemon lainnya.

Dari informasi-informasi online yang ada, Pokeland masih dalam format ‘alpha testing’ alias belum resmi dirilis untuk publik. Gamers Android Jepang dapat mencoba setelah mendaftar sebagai peserta ‘alpha tester’ di www.pokeland.jp. Karena masih terbatas untuk Android dan regional Jepang, sepertinya game Pokeland hanya diperuntukkan untuk gamer Jepang saja. Sayang banget.

Pokeland screenshot (Sumber: gameaddik.com)

Pokeland screenshot (Sumber: gameaddik.com)

Kalau kamu sabar, tunggulah sampai Nintendo selesai dengan ‘alpha testing’ mereka. Tapi kalau pengen nyobain sekarang juga, kamu bisa coba cari file .apk nya melalui mesin pencari seperti Google. Oke? Happy gaming!

Pokeland screenshot (Sumber: YouTube)

Pokeland screenshot (Sumber: YouTube)

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Film Justice League sedang beredar di bioskop terdekat. Ayo nonton, bro sis! Sumber gambar: Justice League

Deleted Scenes dari Film Justice League dan Sosok yang Bertanggung Jawab di Baliknya!

Satu nama belakangan ini dituding sebagai si biang kerok dari pemotongan adegan-adegan di Justice League. Dan tidak hany.. more

Review Ant-Man and the Wasp: Sebuah Cerita Kecil dalam Bungkusan Universe yang Besar

Kisah keluarga superhero yang dibalut dalam komedi dan dikemas secara sederhana. Ant-Man and the Wasp. Apa hubungannya.. more

Konferensi pers World of Ghibli Jakarta. Photo by CIAYO Pictures

Q & A Studio Ghibli: Transfer Knowledge, Film Baru, Sampai Disney

Kami baru tahu kalau Toshio Suzuki ternyata savage juga. Buuurn!.. more

Sumber: WikiHow

Hati-hati, Attitude Jelek Bisa Menghancurkan Karir Berkarya!

Attitude, inilah satu hal yang tidak boleh gagal kita pahami dalam kehidupan berkarya... more

Member Cosuki Malang dengan kostum masing-masing

Cosuki, Basecamp-nya Cosplayer Malang

Ngoleksi kostum, gathering rutin, ikutan kompetisi, dandan pol dan pake kostum cosplay yang niat? Itulah aktivitas seru .. more