Akankah Pokemon: Detective Pikachu Bernasib Seperti Live-Action Lainnya?

5 months ago
00-d-pokemon-detective-pikachu

Siapa sangka jika akhirnya sebuah video game spin-off dari serial Pokemon yang rilis pada tahun 2016 (Rilis pertama kali di Jepang pada 3 Februari) ini akan diadaptasi menjadi film layar lebar bersekala besar. Mengapa disebut dengan sekala yang besar, sebab mulai dari rumah studio sampai pada orang-orang yang terlibat di dalamnya merupakan nama-nama populer.

pokemon: detective pikachu

Versi video game. Sumber: Konsolinet

Mulai dari nama Rob Letterman selaku sutradara dan screenplay yang punya daftar film bagus buatannya seperti; Monsters vs Aliens (2009) sampai pada film Gulliver Travels (2010). Hingga pada keterlibatan Ryan Reynolds yang akan mengisi suara dari karakter Pikachu. Ya, kalian tidak salah baca, Pikachu akan bicara pada film ini, maksud saya benar-benar bicara! Jika kalian pernah menonton serial Pokemon tentu kalian tahu bahwa Pokemon yang bisa bicara hanyalah Meowth saja kan. Tapi karena ini mengikuti versi video game-nya maka hal ini bukanlah masalah besar.

Gambaran Dunia dengan Pokemon. Sumber Polygon

Gambaran Dunia dengan Pokemon. Sumber Polygon

Jajaran Production Companies yang terlibat dalam pembuatan film ini juga sangat menarik. Nama-nama prusahan besar seperti Legendary Entertainment, Nintendo, The Pokemon Company International, sampai pada Universal Pictures. Jelas ini seperti menyakinkan banyak orang serta penggemar Pokemon bahwa film ini benar-benar dibuat dengan serius dan tentu akan punya kualitas yang sangat bagus.

Penasaran kan akan seperti apa tampilan film ini?

Sulit memang membayangkan jika Pokemon hadir di dunia nyata. Tapi lewat trailer yang dirilis baru-baru ini kita bisa melihat penampilan beberapa Pokemon jika benar-benar ada di dunia nyata. Dalam trailer yang terbilang berdurasi singkat itu ada banyak jenis Pokemon yang terlihat, walau saya tidak yakin kalian memperhatikannya dengan seksama, sebab beberapa hanya tampil singkat.

Dilihat dari trailer yang ada sepertinya film ini tidak akan fokus mengangkat dari mana Pokemon itu berasal. Dunia yang diperlihatkan memang merupakan dunia di mana Pokemon itu sendiri merupakan makhluk yang sudah lumlah ditemukan. Ini merupakan ide yang jauh lebih bagus, sebab dengan begitu cerita akan lebih fokus pada konflik yang lebih seru dan penting. Hal-hal standar mengacu pada elemen yang pernah muncul dalam animenya secara mekanis tentu juga akan berlaku sama dalam versi layar lebarnya. Seperti pertarungan Pokemon, pengumpulan Pokemon, dan banyak lagi.

Tampilan Pikachu yang berbulu. Sumber: Uproxx

Tampilan Pikachu yang berbulu. Sumber: Uproxx

Nah, dari hal-hal standar itu, film Pokemon Detektive Pikachu ini memberikan hal menarik ketika seekor Pokemon (Pikachu) mencoba untuk menjadi detektif. Di pembuka trailer terlihat seorang remaja bernama Tim Goodman (diperankan oleh Justice Smith). Tim berjumpa dengan Pikachu yang saat itu menyelinap masuk ke kamarnya, dan secara mengejutkan Pikachu bisa bicara!

Seperti judul film ini, dibumbui dengan kata detektif, tentu akan ada misteri yang dipecahkan. Sejak bagian pembuka trailer kita diperlihatkan misteri apa yang akan diselidiki oleh Pikachu dan Tim.

Baca Juga: Ryan Reynolds Resmi Menjadi Pemeran Pikachu di Film Live Action Pokemon!

Justice Smith sebagai Tim Goodman. Sumber: IMdb

Justice Smith sebagai Tim Goodman. Sumber: IMdb

Singkatnya seperti ini: Tim berpikir bahwa ayahnya, detektif Harry Goodman meninggal dalam kecelakaan, namun Pikachu coba meyakinkannya bahwa sang ayah kemungkinan masih hidup serta ada konsfirasi yang lebih besar dibalik itu semua. Mereka berdua menjadi patner yang mencoba kompak dalam memecahkan kasus tadi.

Beberapa adegan perdebatan yang konyol, sampai pada lelucon Ryan Reynolds yang bicara cepat beritme khas Deadpool, sangat menarik untuk ditunggu. Apakah film ini akan punya banyak candaan kasar?

Sepertinya hal itu masih berada dibatas wajar, sebab film ini akan bermain di rating yang aman untuk banyak penonton, hal ini dipertegas pada sebuah adegan ketika Pikachu berada di sebuah bar kopi. Ini cukup kocak sebab seperti kebanyakan film detektif pada umumnya bahwa setiap detektif yang baik pasti memiliki bar yang sering mereka datangi. Nah, elemen itu pun akan ada di film ini, namun botol minuman keras diganti secangkir kopi.

Bahkan Jigglypuff pun muncul! Sumber: Nerdist

Bahkan Jigglypuff pun muncul! Sumber: Nerdist

Beberapa pokemon langka, pokemon populer, terlihat muncul dan kemungkinan besar jenis Pokemonnya akan lebih banyak lagi. Sejauh ini antusias penonton atas Pokemon: Detective Pikachu berjalan dengan baik. Dan semoga saja hal ini tetap berlaku ketika akhirnya rilis pada Mai 2019 nanti. Sebab tidak sedikit juga yang ragu ketika kabar bahwa Pokemon akan dibuat versi live-action. Tentu kalian tahu bahwa kebanyakan live-action berakhir dengan banyak hal yang mengecewakan. Tapi, tidak ada salahnya jika kita semua berharap untuk yang satu ini!

Apakah kalian penggemar Pokemon? Seberapa besar ekspektasi kalian untuk film ini? Jangan lupa tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya!

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber: www.youtube.com

Narratage: Satu Lagi Film Cinta Tak Berbalas

Narratage (baca: Narrataju), sebuah film romantis yang ceritanya diadopsi dari novel terlaris karya Ryo Shimamoto. Film .. more

Sumber: thesun.co.uk

Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

Baru-baru ini diperilisan film IT, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di Kanada, mereka menganggap bahwa berkaitan d.. more

Sumber: CIAYO Pictures

Wahai Para Komikus Dan Pembaca Komik Di Seluruh Indonesia

Buat semua yang lagi baca artikel ini, saya mau bertanya. Menurut kalian, sudah sejauh mana perkembangan industri komik .. more

Banner Indonesia Comic Con 2017. Sumber gambar: coroflot.com

Popcon Asia 2017 vs Indonesia Comic Con 2017: Siapa yang Lebih Menarik?

Sama-sama merupakan event pop culture dunia, dengan ragam perpaduan antara East Pop Culture dengan West Pop Culture, mak.. more

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more