Pokemon GO Genap Satu Tahun, Habis Ini Apa?

1 year ago
Sumber: Gamerant

Masih ingat dengan salah satu fenomena yang sempat mengguncangkan dunia sekitar 1 tahun yang lalu? Hampir semua orang membicarakannya, hampir semua orang punya aplikasinya bahkan tak jarang orang rela berpergian untuk mencarinya. Ya, betul sekali, fenomena Pokemon GO. Pasti bro sis salah satunya yang pernah keranjingan muter-muter komplek buat main Pokemon GO kan? Game ini memang cukup menarik dan bikin penasaran. Fenomena ini bisa dibilang menawarkan budaya main game yang aktif, tidak hanya duduk diam, tapi pemain juga harus aktif memburu Pokemon di berbagai tempat. Meski begitu, fenomena Pokemon GO sempat banyak menuai pro dan kontra.

Game besutan Niantic dan Nintendo ini menawarkan virtual reality experience yang dikombinasikan dengan IP yang sangat populer di masyarakat dunia, yaitu Pokemon. Gagasan virtual reality dengan smartphone ini memang cukup berhasil digemari orang-orang di berbagai belahan dunia, baik generasi 80-an, 90-an hingga generasi 2000-an!

Survey pemain Pokemon Go oleh SurveyMonkey (Sumber: Forbes)

Survey pemain Pokemon Go oleh SurveyMonkey (Sumber: Forbes)

Sejak diluncurkan pertama kali di Amerika dan di Jepang, seluruh dunia banyak yang iri dan berbondong-bondong menuntut game Pokemon GO untuk segera dirilis di negaranya. Tak jarang, banyak sekali gamers yang menghalalkan segala cara agar mereka bisa mengakses dan memainkan Pokemon GO saat itu. Sampai pada akhirnya, satu per satu area server pun diaktifkan dan orang-orang di penjuru dunia pun bisa bermain Pokemon GO.

Tampilan Pokemon Go dalam smartphone (Sumber: mpora)

Tampilan Pokemon Go dalam smartphone (Sumber: mpora)

Akses bermain Pokemon GO yang sudah bisa dilakukan dimanapun tidak serta merta mempermulus langkah pecinta Pokemon GO. Pecinta Pokemon GO yang notabene adalah penggemar anime televisi Pokemon diharuskan untuk menaati beberapa peraturan berkaitan dengan keamanan. Karena saat itu, banyak isu yang beredar menyebutkan bahwa Pokemon Go bisa memancing orang jahat untuk bisa mencelakai penggunanya. Game ini mengharuskan pemainnya untuk menghampiri lokasi tertentu dan tidak sedikit lokasinya sepi dan gelap yang memungkinkan oknum tertentu memanfaatkan kesempatan ini.

Selanjutnya adalah banyaknya perusahaan yang melarang pegawainya main Pokemon GO selama di kantor. Bahkan banyak institut pemerintah di Indonesia yang sempat melarang pegawainya untuk bermain Pokemon Go. Hal ini dikhawatirnya dapat menurunkan kinerja para pegawainya. Namun hal ini bukanlah maslaah besar, mengingat pemain Pokemon Go dapat mengumpulkan telur, dan berjalan untuk menetaskan telur, menyimpan Pokemon di gym dan membuatnya lebih kuat untuk diadu dengan pemain lain.

Pengguna Pokemon Go terbagi dalam tiga jenis tim. (Sumber: Android Central)

Pengguna Pokemon Go terbagi dalam tiga jenis tim. (Sumber: Android Central)

Pemain Pokemon GO yang tergabung pada tiga tim berbeda yakni Instinc, Mystic dan team Valor ini dapat memalsukan lokasi dan bisa berpindah tempat. Pemain juga dapat menangkap Pokemon berada lewat peta yang disediakan pihak ketiga tanpa harus keluar rumah. Hal in membuat pemain lebih mudah menaikan level dan akhirnya gym hanya dikuasai oleh mereka yang curang. Fenomena ini cukup menyaring pemain. Pemain juga semakin menurun karena game ini dianggap terlalu banyak jalan pintasnya untuk menjadi meningkatkan level Pokemon.

Aplikasi third party (pihak ketiga) memudahkan untuk melacak Pokemon. (Sumber: seputarpokemon.com)

Aplikasi third party (pihak ketiga) memudahkan untuk melacak Pokemon. (Sumber: seputarpokemon.com)

Akibat hal-hal tersebut, bisa dikatakan dampaknya adalah saat ini pemain Pokemon Go menurun drastis dibandingkan saat awal dirilis. Hype-nya sangat turun sekali. Sudah jarang sekali kita melihat orang mondar-mandir melihat smartphone-nya untuk memburu Pokemon. Selain itu, banyak orang menganggap game Pokemon GO ini menjadi miskin kreasi. Padahal trailer awal yang meramaikan media sosial kala itu, Niantic dan Pokemon seolah-olah menjanjikan permainan pvp dimanapun dan kapanpun. Namun hingga beberapa update terakhir, permainan ini masih berkutat pada perbaikan kecil dan event-event saja. Tidak ada peningkatan atau penambahan fitur yang bisa menarik minat pemain lama untuk main lagi. Ekspektasi sangat berbanding terbalik jika dibandingkan dengan trailer-nya, sehingga banyak fans-nya yang kecewa.

Mode trade pokemon PvP yang masih belum hadir di Pokemon Go. (Sumber: jalantikus-gamerant)

Mode trade pokemon PvP yang masih belum hadir di Pokemon Go. (Sumber: jalantikus-gamerant)

Mode trade pokemon PvP yang masih belum hadir di Pokemon Go. (Sumber: jalantikus-gamerant)

Mode trade pokemon PvP yang masih belum hadir di Pokemon Go. (Sumber: jalantikus-gamerant)

Nah, kabar terbaru dari Pokemon GO adalah, Tim Evolution membocorkan kabar mengenai update event fire and ice dimana akan banyak bermunculan Pokemon baru dengan kekuatan es dan api. Update akan dimulai pekan depan, bertepatan dengan setahun peluncuran Pokemon GO. Beberapa menduga bahwa akan ada event Pokemon legenda yang bakalan muncul di update-an selanjutnya. Namun hal tersebut masih belum bisa dipastikan.

Demikianlah kabar terbaru mengenai game Pokemon yang cukup menyita perhatian dunia tahun lalu, lalu apakah tahun ini Pokemon sanggup memberikan kejutan yang mampu membawa penggunanya balik lagi untuk main Pokemon GO? Atau kamu adalah salah satu yang setia memainkannya sampai hari ini? Apa Pokemon andalanmu? dan apa harapanmu terhadap game Pokemon GO kedepannya?

About Author

Ramadhan

Ramadhan

Happiness is a warm gun, bang-bang shoot shoot - John Lennon

Comments

Most
Popular

Sumber: Paperhi

5 Musisi Ini Melebarkan Sayapnya ke Dunia Anime-Manga!

Kali ini, CIAYO Blog punya daftar beberapa musisi yang terlibat dalam berbagai proyek di luar bermusik. Lucunya, mereka .. more

gintama desktop

Sukses di Film Perdana, Sekuel Gintama Siap Mengudara Tahun 2018

Ada yang masih ingat anime Gintama? Kabarnya anime yang sudah rilis Film Live Action-nya ini, akan segera ditayangkan se.. more

CIAYO Comics X Si Juki & Mang Awung (CIAYO Pictures)

Kedua Kreator Yang Berbalasan Status Facebook Ini Berbuah Manis

Menulis status di facebook dapat membawa manfaat kebaikan ataupun mudharat keburukan bagi facebooker. Nah yang ini kayak.. more

(kebuncerita.blogspot.co.id)

5 Urban Legend Terseram di Pulau Jawa

Berbicara mengenai dunia mistis ataupun klenik, sudah tentu Indonesia termasuk negara yang amat sangat kental mempercaya.. more

00-d-ennichisai-2018

Ennichisai 2018 Peringati 60 Tahun Hubungan Jepang-Indonesia

Event Jejepangan terbesar Ennichisai kembali lagi. Ennichisai 2018 diadakan memperingati 60 tahun hubungan Jepang dan In.. more