Pokemon Quest: Blocky dan Gratisan untuk Switch & Smartphones

2 months ago
Sumber gambar: Cnet

Sebagai IP penting dan terkemuka dari Nintendo, “Pokemon” adalah sebuah brand yang selalu ditangani secara serius oleh Nintendo melalui The Pokemon Company mereka. Karena Pokemon memang bukan sembarang merk. Boss-Boss Nintendo juga ‘digembleng di Pokemon’ terlebih dulu sebelum menduduki jabatan tersebut. Presiden Nintendo saat ini misalnya, mereka merupakan alumni staff Nintendo yang dulu bertugas membesarkan Pokemon sehingga menjadi seperti saat ini.

Baca juga: Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

Pokemon Quest adalah sebuah IP yang ‘Nintendo banget’

Anime Pokemon (Sumber gambar: ClubitTV)

Anime Pokemon (Sumber: ClubitTV)

Karena lahir di platform Nintendo (tahun 1996 dengan game “Pokemon Red” dan “Pokemon Green” untuk Game Boy), nyaris semua game-game Pokemon terbit dan di edarkan hanya untuk platform-platform Nintendo; baik handheld maupun home console. Semuanya sukses.

Ditambah lagi dengan adanya serial anime TV “Pokemon” di tahun 1997 (dan melambungkan citra maskot icon Pokemon paling populer sejagat: Pikachu) semakin membuat nama dan merk Pokemon sebagai ‘money maker’ buat para pemilik The Pokemon Company.

Pokemon Quest - Pikachu

Pikachu! (Sumber: TheVerge)

Tahun berganti. Millennium tiba. Internet dan berbagai hal teknologi informasi mulai menjadi bagian harian dunia. Banyak hal berubah ataupun berevolusi, termasuk industri video game.

Sejak dulu Nintendo dikenal keras dan sombong soal produk mereka. Diferensiasi produk Nintendo dengan kompetitor terlihat lugas; seperti misalnya saat mereka menolak merilis game kontroversial “Night Trap ”.

Baca juga: Saat Nintendo Mengabaikan Sumpah dan Akhirnya Merilis “Night Trap”

Begitu juga dengan perilisan IP Nintendo. IP Nintendo hanya untuk mesin Nintendo. Titik. Tapi itu dulu. Sampai akhirnya Nintendo tidak berdaya melawan perkembangan smartphone dan internet dan memutuskan untuk ikut terjun di ceruk pasar yang sangat lebar ini dengan IP mereka. Termasuk dengan merilis Pokemon di platform selain Nintendo.

Baca juga: Saat Nintendo Menyerah Pada Popularitas Smartphone

Pokemon Quest - Game Nintendo

Game Nintendo kini di smartphone. (Sumber: AndroidAuthority)

“Pokemon GO” lahir tahun 2016 dan menimbulkan gelombang besar (walau sesaat) di dunia gaming smartphone. Kemudian ada “PokeLand” yang juga dirilis untuk smartphone Android. Kedua game ini bersifat “Freemium” alias gratis-namun-bayar dalam format ‘microtransaction’. Hampir semua game smartphone dunia mengadopsi cara ini. “Pokemon Quest” juga tidak berbeda.

Baca juga: Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

Pokemon Quest - Coming soon

Sumber: USGamer

Pertama di umumkan untuk Nintendo Switch (juga dalam format gratisan) bulan Mei 2018, Pokemon Quest kini juga tersedia untuk platform iOS & Android. Pemain game buatan The Pokemon Company ini dapat mengunjungi Pulau Tumblecube dan erinteraksi dengan Pokemon yang ada di pulau tersebut.

Desain di Pokemon Quest ini unik karena bergaya ‘blocky’ seperti grafis game “Minecraft” dari Microsoft dengan gameplay sedikit mirip game Pokemon sebelumnya berjudul “Pokemon Rumble”(2009) di platform Nintendo WiiWare. Pemain akan mendirikan basecamp dan berusaha mengumpulkan para Pokemon yang ada di Tumblecube Island.

Pokemon Quest - Tumblecube Island

Tumblecube Island. (Sumber: Polygon)

Pokemon-nya sendiri di desain petak-petak yang lucu. Memang jadi terlihat sedikit aneh dan tidak ‘realistis’ seperti Pokemon sebelumnya. Tapi boleh dibilang kalau desain ini justru membuat game ini punya diferensiasi jika dibandingkan dengan game-game sebelumnya.

Pokemon Quest - Petak Kubus

Petak kubus seperti kotak. (Sumber: PokemonGoHub)

Hal ini menguatkan kesan kalau game smartphone ini bukanlah seperti game Pokemon biasanya. Namun seperti mobile game smartphone. Di mana kita (biasanya) harus ‘antri menunggu’ saat sudah melewati limitasi ambang batas waktu bermain.

Atau silahkan ‘membeli waktu bermain’ (diwakili dengan in-game currency bernama PM Tickets yang juga bisa di dapat setelah menyelesaikan suatu hal dalam game) dengan uang beneran.

Poke mon Quest - PM Tiket

Tanpa PM Tickets mustahil nyaman memainkan game ini. (Sumber: Polygon)

Game ini gratis, namun dalam level tertentu pemain akan dipaksa untuk mengeluarkan uang asli untuk membeli PM Tickets. Gratis-namun-berbayar. Freemium.

Video promosi Pokemon Quest

Apakah Pokemon Quest wajib dimainkan oleh fans Pokemon? Jawabannya adalah ‘tidak’. Pokemon Quest lebih merupakan ‘watered-down Pokemon game’ alias game Pokemon yang di sederhanakan sesuai karakteristik mobile smartphone. Not worth the time.

Baca juga: Sukses Dengan Pokemon Go, Pokemon Kembali Merilis Game Terbarunya

Apakah game Pokemon Quest tidak layak dimainkan? Jawabannya adalah ‘salah’. Game ini cocok untuk dimainkan siapa saja pengguna smartphone karena sederhana, lucu dan gratis. Tidak ada ruginya untuk mencoba main.

Pokemon Quest tersedia untuk platform iOS dan Android. Sudahkah kamu mencoba?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Series Fate. (Sumber: wallpaper abyss)

Fate Series: Dari Game PC Hingga Meraih Popularitas Di Smartphone

Fate series dimulai dari game Fate/stay night, dan kini melebar menjadi berbagai serial anime, manga, dan spinoff lain. .. more

sumber: cinepop.com.br

8 Film Pilihan Di Bulan April, Dari Kawanan Super Hero Sampai Adaptasi Video Game

Kira-kira ada film apa saja di bulan April ini, ya?.. more

00-d-fakta-deadpool

Fakta Menarik Deadpool Yang Harus Kamu Tahu

Mumpung filmnya masih ada di bioskop ini dia berbagai fakta Deadpool yang harus kamu tahu sebelum masuk ke bioskop!.. more

00-d-sensei-kunshu

Film Live Action Sensei Kunshu Tayang di Jepang Agustus Mendatang

Sensei Kunshu berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Ayuha Samaru yang mendapat masalah di restoran Gyudon. Beruntun.. more

Sabrina – Chapter 12: Dari Mana Sifat Serakah Manusia Berasal?

Sabrina mengulet, membuka matanya, sambil masih belum sadar benar. Perjalanan yang tidak terlalu lama tadi tetap bisa me.. more