Kami Mencoba Menonton Anime Secara Legal di Ponimu Indonesia

3 months ago
00-d-ponimu-indonesia

Fans anime di Indonesia kesulitan untuk menonton anime secara legal dan resmi. DVD atau Bluray anime tidak dijual di toko-toko. Bioskop yang menayangkan film anime masih terbatas di kota-kota besar. Sulitnya akses ke layanan streaming resmi juga jadi batu sandungan. Jalan akhirnya adalah membajak lewat situs fansubbing yang kualitas terjemahannya di bawah rata-rata.

Untuk memenuhi kebutuhan fans anime Indonesia, Ponimu Indonesia hadir memberikan layanan streaming anime yang mudah dan terjangkau. Hanya dengan 50 ribu Rupiah saja, fans anime bisa bebas menonton berbagai macam serial dan film anime. Didukung fitur parental control, subtitle bahasa Indonesia dan video berkualitas tinggi, serta forum komunitas, menjadikan Ponimu sebagai kanal yang berpotensi mengubah cara fans anime Indonesia menonton serial favorit mereka.

ponimu indonesia homepage

Sumber: Ponimu

Pada tanggal 30 Juli lalu, Ponimu Indonesia melakukan soft launching layanan streaming mereka. Fans anime sudah bisa membuat akun dan langsung menonton anime-anime yang tayang di Ponimu. Saat ini ada 3 judul anime yang sudah tayang di Ponimu: dua serial TV serta satu film. Kedepannya Ponimu akan menambah lebih banyak judul anime dan film.

Baca Juga: Ponimu Akan Sediakan Streaming Anime Legal di Indonesia!

Pengalaman Menonton Anime di Ponimu Indonesia

Bagaimana rasanya menonton anime di Ponimu Indonesia? Saya mencoba membuat akun Ponimu dan berhasil mendapatkan free trial selama 3 hari. Tidak begitu lama, namun cukup panjang untuk ulasan kali ini. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, soft launching Ponimu kali ini menyajikan 3 judul anime yang bisa ditonton sampai tamat: film Empire of Corpses, serta serial TV Eden of the East dan Polyphonica. Saya akan mencoba menonton Eden of the East.

eden of the east

Sumber: The Cajun Samurai

Eden of the East mengisahkan tentang seorang pemuda misterius yang mengidap amnesia. Satu-satunya yang ia miliki adalah pistol dan ponsel yang berisi uang digital sebanyak 8.2 miliar Yen. Pemuda yang dikenal dengan nama Akira Takizawa itu merupakan satu dari 12 orang Seleção dengan ponsel dan jumlah uang serupa, yang diberi tugas untuk memanfaatkan uang tersebut demi menyelamatkan Jepang dari serangan misil.

Menonton anime di Ponimu Indonesia tidak terasa asing; tak jauh berbeda dengan menonton video streaming di Youtube. Player-nya ringan dan responsif. Kualitas gambar pun cukup tajam. Tidak ada masalah fatal meskipun Ponimu masih menjalani soft launching.

ponimu indonesia eden of the east subtitle indonesia

Sumber: Ponimu

Subtitle berbahasa Indonesia jadi fitur paling penting dalam Ponimu Indonesia. Kualitas subtitle yang sangat baik menjadi nilai jual Ponimu di hadapan situs-situs fansub anime. Selain itu, fitur parental control juga sangat bermanfaat. Jika saya masih berusia 17 tahun, saya nggak bisa nonton Eden of the East. Ponimu pun tak segan untuk membubuhkan peringatan dan informasi rating sebelum menonton anime. Rasanya seperti nonton VCD kartun semasa kecil saja.

Streaming kadang menjadi faktor masalah bagi beberapa orang, terutama bagi yang tak punya akses internet broadband. Menariknya, Ponimu Indonesia menyediakan berbagai resolusi streaming mulai dari 360p hingga full HD 1080p. Sistem Ponimu pun bisa mendeteksi resolusi yang tepat berdasarkan kecepatan internet.

ponimu indonesia streaming

Sumber: Ponimu

Selama menonton Eden of the East, saya nggak punya keluhan berarti. Sistem Ponimu Indonesia sudah cukup solid. Mungkin satu hal yang mengganjal buat saya adalah anime Eden of the East yang hadir di Ponimu tidak menampilkan lagu opening Falling Down dari band Britpop legendaris Oasis karena masalah lisensi. Memang bukan masalah fatal sih, dan yang satu ini hanya preferensi pribadi saya, hehe.

Bicara soal lisensi, hal inilah yang pada akhirnya jadi penentu apakah Ponimu Indonesia bakal digandrungi penonton atau tidak. Fans anime tentu mengincar berbagai judul anime populer dan menarik, yang mana butuh usaha ekstra untuk mengurus lisensinya. Untungnya, Ponimu aktif mensosialisasikan proses lisensi anime di blog mereka. Hal ini jadi satu cara untuk mengabarkan proses kerja Ponimu serta menarik perhatian penonton.

ponimu indonesia katalog

Sumber: Ponimu

Seiring berjalannya waktu, Ponimu Indonesia akan menambah judul anime dalam katalog mereka, termasuk anime terbaru dengan jadwal tayang serupa dengan di Jepang. Inilah tujuan dari Ponimu, yaitu menghadirkan pengalaman menonton anime layaknya penonton di Jepang secara legal.

Baca Juga: Film Anime Maquia Tayang Perdana di Indonesia Lewat Ponimu!

Nonton Anime Dengan Harga Terjangkau

Metode berlangganan Ponimu Indonesia pun terbilang praktis dan terjangkau. Mulai dari 50 ribu Rupiah, kamu sudah bisa menyaksikan semua katalog anime yang disediakan oleh Ponimu. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank-bank besar di Indonesia hingga melalui gateway seperti minimarket.

ponimu indonesia subscribe

Sumber: Ponimu

Walaupun masih berupa rintisan, Ponimu Indonesia punya visi yang tepat dalam mewujudkan lingkungan menonton anime yang lebih baik. Memang saat ini jumlah katalognya masih sedikit, dan penonton anime di Indonesia pun masih bakal enggan untuk beralih karena minimnya judul-judul anime yang populer. Namun, kehadiran Ponimu saja sudah cukup menjadi alternatif bagi fans anime yang tidak ingin repot menonton anime.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-sweta-kartika

Know Your Judges #4: Sweta Kartika

Komikus rajin nan puitis Sweta Kartika menjadi juri selanjutnya dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa arti Rediscover.. more

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Kanada Menggunakan Animasi Sebagai Promosi Pariwisatanya dan Hasilnya Keren Banget!

Bosan melihat iklan pariwisata yang biasa aja? Nah, Kanada punya cara baru untuk mempromosikan tempat pariwisata mereka .. more

00-d-superhero-paling-muda

5 Superhero Paling Muda dari DC Comics dan Marvel

Biasanya superhero didominasi orang dewasa, tapi ada juga anak kecil? Ini dia 5 superhero paling muda dari DC Comics dan.. more

Karakter di Film Deadpool 2 Akan Dibuat Film Solonya!

Saat ditanya dalam acara BBC Radio 1, Ryan Renolds mengungkapkan bahwa kemungkinan besar beberapa karakter dalam film De.. more

Dua raksasa industri komik superheroes Amerika. Sumber gambar: medium.com

DC Comics VS Marvel Comics: Dua Tetangga Yang Jarang Akur

Kemiripan dan persamaan yang terjadi dalam komik-komik DC Comics vs Marvel Comics membentuk kubu-kubu fans garis keras y.. more