Popcon Asia 2017, Ajang Silahturami Para Kreator Industri Kreatif Indonesia

4 months ago
Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017

Popcon Asia 2017 yang digelar pada 5-6 Agustus kemarin, masih sukses dan makin sukses menarik perhatian pengunjung! Event berskala internasional ini masih memanjakan pengunjungnya dengan mendatangkan berbagai Pop Stars kenamaan yang tidak asing lagi di bidangnya. Salah satu festival terbesar di Asia Tenggara ini memang bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan, baik IP ataupun hak kekayaan intelektual kreator Indonesia, ke dunia. Konten-konten yang berkaitan dengan komik, mainan, animasi, industri kreatif dan film ini pun dirilis dan dipamerkan di acara ini. Memang sangat tepat apabila Popcon Asia dikatakan sebagai ajang silahturami para kreator dan penikmat.

Maskot Popcon Asia 2017, Popo, lagi mampir di booth CIAYO Comics.

Maskot Popcon Asia 2017, Popo, lagi mampir di booth CIAYO Comics.

Berlangsung si venue hall B Jakarta Convention Centre, venue kali ini terasa lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari jarak lorong booth kreator yang lebih lapang dan luas, sehingga pengunjung tidak perlu berdesakkan lagi. Masing-masing exhibitor mempunyai activity yang menarik. Berbagai game seru berhadiah merchandise lucu memang sayang untuk dilewati begitu saja.

Jarak antar booth yang lebih lapang dibandingkan sebelumnya.

Jarak antar booth yang lebih lapang dibandingkan sebelumnya.

CIAYO Comics sebagai salah satu platform komik digital Indonesia di industri kreatif ini pun tak ketinggalan untuk mengisi acara di Popcon Asia 2017. Dengan ide cemerlang membagi-bagikan es krim gratis kepada pengunjung, booth pun ramai dipadati setiap saat. Tak hanya es krim, pengunjung juga dapat mencoba activity seru seperti Fourger shooting range. Jika berhasil membidik di tiga target yang ditentukan, maka peserta berhak untuk membidik target yang berhadiah smartphone dan voucher belanja.

Fourger Shooting Range yang banyak diserbu pengunjung, banyak yang penasaran ingin mencobanya.

Fourger Shooting Range yang banyak diserbu pengunjung, banyak yang penasaran ingin mencobanya.

Oya, Popcon Asia 2017 juga tak ketinggalan ramai oleh para cosplayer loh. Apalagi cosplayer yang datang di jam-jam tertentu, diberikan akses gratis masuk Popcon! Wah sungguh ide yang sangat menarik. Apalagi dengan ramainya para cosplayer bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, karena bisa menjadi target foto bareng! Haha

Pasangan cosplayer yang sedang menyantap eskrim dari booth CIAYO Comics.

Pasangan cosplayer yang sedang menyantap eskrim dari booth CIAYO Comics.

Awas hati2, tentara ini sedang patroli di Popcon Asia.

Awas hati2, tentara ini sedang patroli di Popcon Asia.

Captain Anna Amari, Overwatch by Aileen.

Penampilan para Pop Stars baik nasional maupun internasional juga mampu meramaikan panggung utama. Terbukti, panggung utama selalu penuh dan petjah dengan pengisi acara. Kehadiran Walter Jones, Peter Sudarso dan Yoshi Sudarso pun sempat membuat para penggemar heboh! Tak ketinggalan, dua aktor asal Jepang pemeran serial legendaris Gavan, Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki, pun petjahhh disoraki oleh penonton saat naik ke atas panggung dan mempertontonkan aksi mereka layaknya di film.

enji Ohba dan Yuma Ishigaki disoraki oleh para penggemarnya saat berada diatas panggung.

Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki disoraki oleh para penggemarnya saat berada diatas panggung.

Salah satu yang terlihat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya adalah, pojok boardgame yang dijadikan satu venue dengan acara panggung utama. Dan area boardgame ini gak pernah sepi loh,  semua meja selalu terisi penuh. Pop Stars juga memiliki area tersendiri untuk bersilahturami dengan penggemarnya. Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan Pop Stars, akan dikenakan sejumlah biaya tertentu.

Cosplayer cantik ini berkesempatan untuk foto bersama kakak beradik pemeran Power Ranger. Katanya mereka super friendly dan ramah loh! (Sumber: facebook Leenh Hiddleston)

Cosplayer cantik ini berkesempatan untuk foto bersama kakak beradik pemeran Power Ranger. Katanya mereka super friendly dan ramah loh! (Sumber: facebook Leenh Hiddleston)

Datang ke Popcon Asia dapat dipastikan tidak akan pulang dengan tangan kosong. Masing-masing booth biasanya sangat generous membagikan merchandise gratisnya, apalagi di hari kedua. Di booth exhibitor para pelaku indsutri kreatif pun, bisa kita temukan wajah-wajah yang tidak asing lagi. Pada kesempatan ini, Tim CIAYO Blog berhasil mewawancarai Faza Meonk, kreator Juki mengenai Si Juki yang hadir di Popcon, “Di Popcon tahun ini, gue ngerilis komik terbaru Si Juki yang berjudul Si Juki Petualangan di Korea, komik kali ini mengisahkan Si Juki jalan-jalan ke Korea yang berkolaborasi sama Larva. Terus kita juga launching produk barunya dari Si Juki yang bernama SJK.” imbuhnya.

Faza Meonk, kreator Si Juki, merilis komik terbaru SI Juki jalan-jalan ke Korea di Popcon Asia 2017.

Faza Meonk, kreator Si Juki, merilis komik terbaru SI Juki, petualangan di Korea di Popcon Asia 2017.

Booth kreator indie memang menjadi ajang pameran para artist lokal. Bahkan tak hanya pameran, beberapa karya pun dijual bahkan didemonstrasikan langsung. Apalagi di hari pertama, Popcon Asia kehadiran Tooru Fujisawa, sang mangaka kenamaan asal Jepang, komikus dari komik manga GTO – Great Teacher Onizuka.

Booth CIAYO Games di Archipelageek 2017.

Booth CIAYO Games di Archipelageek 2017, sekaligus CHIPS: Monster Tap mengumumkan fitur terbarunya yaitu TOURNAMENT.

Dari sisi game, terdapat berbagai pameran game-game lokal buatan developer Indonesia. Pengunjung dapat mencoba memainkan game-game ini. Adapun game upcoming yang belum dirilis yang sudah bisa dimainkan di Popcon Asia. Sebagai salah satu bagian dari industri kreatif, kali ini game didukung oleh BEKRAF (Badan Kreatif Ekonomi Indonesia) dengan menyelenggarakan Archipelageek Popcon Asia 2017. Achipelageek menjaring game-game terbaik asal Indonesia di masing-masing kategori untuk diberi kesempatan memamerkan karyanya gratis! di booth Popcon Asia. Tak ketinggalan, pemenang best mobile games Popcon Awards, CHIPS: Monster Tap oleh CIAYO Games turut membagikan merchandise di booth-nya.

Bagi-bagi merchandise CHIPS: Monster Tap di booth CIAYO Games.

Bagi-bagi merchandise CHIPS: Monster Tap di booth CIAYO Games.

Di pojok panggung Parade Arena, terdapat berbagai kompetisi seru, seperti turnamen oleh Toge Production, Ultra Space Battle Brawl yang berhadiah keyboard dan mouse gaming Logitech. Ada pun, Pop Make Up Competition, Pop Cosplay Competition, SHF x Popcon Asia Toys Photography Competition, dan Jouchaku Challenge yang menarik perhatian banyak penonton dan partisipan. Oya, launching komik VOLT X Setan Jalanan di CIAYO Comics juga ramai disaksikan di panggung ini. Gimana, uda baca komiknya? Belum, silahkan baca komik- komik keren nya disini,

Volt X Setan Jalanan launching di Popcon Asia 2017.

Volt X Setan Jalanan launching di Popcon Asia 2017.

Meski para pengunjung tidak membuka booth, namun mereka juga turut berkontribusi besar di industri kreatif karena membeli karya kreator yang tentunya sebagai bentuk apresiasi. Apalah arti kreator tanpa penikmat? Bu Grace Kusnadi, selaku co-founder sekaligus event director dari Popcon Asia, mengatakan bahwa konsep yang diusung Popcon Asia tahun ini adalah kolaborasi, “Tema Popcon tahun ini kita ingin mengangkat semua kolaborasi yang sudah ada. Dari film ke komik, dari komik ke musik, dari game ke komik.” Kata Grace Kusnadi saat diwawancari oleh Tim CIAYO Blog. “Saya senang sekali dari teknologi yang ikut, dari platform-platform yang bisa bantu kreator untuk lebih menaikkan karyanya, menjual karyanya, memperkenalkan karyanya. Karena sekarang tanpa teknologi, kita nggak bisa maju yah.” tambahnya.

Grace Kusniadi, co-founder dan event director Popcon Asia, saat diwawancarai oleh Tim CIAYO Blog.

Grace Kusnadi, co-founder dan event director Popcon Asia, saat diwawancarai oleh Tim CIAYO Blog.

Kesuksesan Popcon Asia tahun ini tentu menambah antisipasi kita, kira-kira apalagi yang akan ditawarkan oleh Popcon Asia di tahun berikutnya?

Yul, download aplikasi CIAYO Comics di playstore and appstore.

Yul, download aplikasi CIAYO Comics di playstore and appstore.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

(Sumber: www.ciayo.com)

Payung: Komik Viral yang Bikin Mewek

Hi guys! masih inget nggak sama komik Payung? Komik oneshot bikinan Thoma Prayoga ini adalah salah satu oneshot pertama .. more

Sumber: yo-kai.nintendo.com

Yo-Kai Watch : Dunia Arwah Jepang Jadi Unyu Dan Gemesin

Kita tahu kalau setiap kebudayaan punya kepercayaan dan hal-hal mistikal, dan walaupun terkenal sebagai negara super maj.. more

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more

Love Sucks, Sumber: CIAYO Comics

Love Sucks, Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di kota New York.

Sesampainya di New York, Elizabeth kepincut dengan laki-laki yang tak sengaja bersenggolan dengannya. Lelaki tampan berm.. more

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more