Power Rangers Beast Morphers: Rebrand Segar Dengan Rasa Klasik

3 months ago
power rangers beast morphers

Di tahun 2019 ini, serial Power Rangers mengalami perubahan struktural yang cukup radikal. Adaptasi barat dari serial tokusatsu Super Sentai ini, yang sejak awal dikelola oleh Saban, kini dialihkan kepada raksasa mainan Hasbro. Artinya, perusahaan yang memiliki berbagai franchise sukses seperti Transformers dan My Little Pony ini punya kontrol penuh atas Power Rangers dan bisa memproduksi serial TV dan berbagai jenis mainan.

Power Rangers Beast Morphers. Kiri ke kanan: Ravi, Devon, Zoey. Sumber: Morphin’ Legacy
Power Rangers Beast Morphers. Kiri ke kanan: Ravi, Devon, Zoey. Sumber: Morphin’ Legacy

Dengan perubahan struktural dan branding identitas baru, Hasbro memulai tahun 2019 dengan merilis serial Power Rangers Beast Morphers. Seri Power Rangers ke-26 ini diadaptasi dari Tokumei Sentai Go-Busters, seri Super Sentai ke-36. Uniknya, ini adalah pertama kalinya Power Rangers mengadaptasi serial Super Sentai yang di-skip. Hingga hari ini, hanya Ressha Sentai ToQger yang belum kebagian adaptasi Power Rangers. Mungkin alasannya karena mainan Megazord-nya yang agak seronok untuk ukuran anak-anak. Pemilihan Go-Busters sebagai basis adaptasi Beast Morphers juga cocok dengan strategi rebrand dari Hasbro, salah satu alasannya karena kostum bawaan Go-Busters punya konsep unik berupa setelan seragam kulit, alih-alih mengandalkan kostum spandex yang sudah jadi standar.

Baca Juga: Serial Power Rangers Dibeli Oleh Hasbro

Plot antara Go-Busters dan Power Rangers Beast Morphers tidak jauh berbeda, hanya mengambil garis besar dan tema saja. Dalam Power Rangers Beast Morphers, ditemukan sebuah sumber daya baru bernama Morph-X, yang didapat dari sumber kekuatan Power Rangers yang disebut Morphing Grid. Distribusi dan pengembangan Morph-X ditangani oleh Grid Battleforce, organisasi militer yang bertugas melindungi Morph-X dari ancaman luar. Untuk mencegahnya, Grid Battleforce secara diam-diam menciptakan Power Rangers baru dengan menggabungkan Morph-X dengan DNA binatang.

Evox, virus komputer berwujud ular kobra. Sumber: Morphin’ Legacy
Evox, virus komputer berwujud ular kobra. Sumber: Morphin’ Legacy

Dalam proses penggabungan Morph-X tersebut dengan tiga kadet Grid Battleforce, virus komputer bernama Evox muncul dan menginfeksi para kadet. Dua dari kadet tersebut, Blade dan Roxy, terinfeksi lebih dahulu sehingga mereka jatuh dalam koma dan memunculkan kloning Avatar mereka yang setia pada Evox. Berkat usaha Grid Battleforce, mereka bisa menyelamatkan Morph-X yang tersisa dengan memindahkan Evox dan Avatar-nya ke dimensi lain.

Devon dan kawan-kawan berubah menjadi Power Rangers untuk pertama kalinya. Sumber: Den of Geek
Devon dan kawan-kawan berubah menjadi Power Rangers untuk pertama kalinya. Sumber: Den of Geek

Grid Battleforce juga berhasil menciptakan tim Power Rangers baru dari beberapa orang yang selamat dari insiden tersebut. Mereka adalah Ravi, kadet yang tidak terinfeksi virus Evox; petugas binatu Zoey; serta Devon, anak dari walikota Adam Daniels yang menyusup ke Grid Battleforce untuk mencoba simulator tarung di sana. Ketiganya pun berubah menjadi Power Rangers Beast Morphers untuk melindungi Morph-X dari Evox yang ingin memiliki tubuh untuk menguasai dunia.

Namun akibat Evox pula, DNA binatang dalam tubuh para Ranger membuat mereka memiliki kelemahan fatal. Devon menjadi takut dengan anjing, Ravi bisa lepas kendali jika kepanasan, dan Zoey ketagihan dengan wortel. Bisakah ketiganya mengalahkan rencana jahat Evox dan mengembalikan kesadaran Blaze dan Roxy?

Roxy dan Blaze, kloningan jahat dua kadet Grid Battleforce. Sumber: Tokunation
Roxy dan Blaze, kloningan jahat dua kadet Grid Battleforce. Sumber: Tokunation

Salah satu kelemahan utama serial Power Rangers adalah kebiasaan menggunakan adegan dari Super Sentai. Biasanya adegan recycle ini digunakan di dalam adegan aksi serta adegan Zord. Untungnya dalam Beast Morphers, adegan tarung para Rangers menggunakan adegan baru yang direkam di lokasi. Artinya Beast Morphers bisa lebih leluasa dalam menciptakan cerita original tanpa harus terpaku dengan adegan dari Go-Busters.

Bicara soal cerita, Beast Morphers terasa cukup seimbang antara sisi komedi dengan aksinya, sehingga nyaman-nyaman saja jika orang dewasa pun menontonnya. Tidak sesantai Ninja Storm dengan segala parodi dan self-reference joke, namun juga tidak begitu gelap seperti Time Force yang membahas konsep kematian dan ambiguitas moral. Adegan-adegan aksi dijembatani dengan segmen build-up yang dieksekusi rapi dan halus. Sesi comic relief pun tidak sebegitu mengganggu sehingga penonton bisa tetap fokus pada ceritanya.

Para Ranger siap bertarung. Sumber: Syfy
Para Ranger siap bertarung. Sumber: Syfy

Saat ini Power Rangers Beast Morphers baru mencapai tiga episode dan sejauh ini kesannya sudah cukup bagus. Beast Morphers membawa beberapa penyegaran untuk sebuah franchise tua yang kini ditangani pengurus yang baru. Meski demikian, menontonnya tetap terasa bagaikan Power Rangers era Saban dengan segala monster dan zord-nya. Jika kamu adalah fans Power Rangers atau Super Sentai, maka rasa-rasanya tidak ada alasan untuk tidak mencoba menonton Power Rangers Beast Morphers.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Bernyanyi bareng dengan karaoke. Sumber gambar: allabout-japan.com

Karaoke: Hiburan Ciptaan Jepang Yang Mendunia. Begini Loh Sejarahnya!

Karaoke mulai diperkenalkan di Kobe, Jepang sekitar tahun 1971 oleh seorang musisi Jepang bernama Daisuke Inoue. Inoue, .. more

durasi film avengers: endgame

Durasi Film Avengers: Endgame 3 Jam, Penonton Diberi Waktu Istirahat?

Sutradara Russo bersaudara memastikan durasi film Avengers: Endgame mencapai 3 jam. Penonton kemungkinan besar akan dibe.. more

Joss Whedon dan Zack Snyder. Sumber gambar: bleedingcool.com

Pergantian Mendadak Kursi Sutradara Justice League yang Tidak Terduga, Mau Tahu Alasannya?

Saat pembuatan sebuah film, posisi sutradara merupakan posisi yang sangat penting. Tahukah bro sis, kalau film Justice L.. more

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more

(Sumber : https://developer.apple.com/design/awards/#splitter-critters)

iPhone Game Of the Year 2017

Pada ajang Apple Design Award, terdapat beberapa kategori award. Salah satunya adalah iPhone Game of the Year 2017 yang .. more