Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

10 months ago
Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja mengunjungi negara Jepang.

President Trump dan Prime Minister Abe. Sumber gambar: qz.com

President Trump dan Prime Minister Abe. Sumber gambar: qz.com

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia.

Presiden Amerika Serikat (President of the United States / POTUS) sebagai Commander-in-Chief Amerika memiliki kekuasaan besar seperti meluncurkan peluru kendali nuklir, selain hal-hal lain yang mencitrakan Amerika Serikat sebagai negara superpower di dunia. Entah siapa yang memberikan mereka kekuasaan untuk menjadi “polisi dunia”, namun hingga hari ini Amerika Serikat masih menjadi negara yang mungkin akan maju pertama kali saat alien dari luar angkasa mendatangi bumi seperti di film-film Hollywood.

Powerful-nya POTUS juga merambah ke sisi entertainment.

Karena negara liberal, terbuka dan relatif tidak memiliki budaya “segan/sungkan”, maka orang di Amerika Serikat sering menggambarkan karakter POTUS sesuai apa yang mereka sukai/mau. Hal ini menjadikan banyaknya cerita/film/video game dengan karakter POTUS fiktif di dalamnya. POTUS-POTUS ini kadang digambarkan sebagai tokoh protagonis, namun tak jarang digambarkan pula dalam karakteristik antagonis. Berikut beberapa POTUS fiktif yang populer dari ranah pop culture.

President Michael Wilson (dari game “Metal Wolf Chaos”)

Walaupun game ini bercerita tentang POTUS yang berjuang melawan pemberontakan di Amerika oleh Wakil Presiden dengan menggunakan mecha robo suit a la Eagle Prime / KURATAS https://blog.ciayo.com/news/duel-robot-raksasa-pertama-di-dunia-megabots-vs-suidobashi/ “Metal Wolf”, tapi game aksi 3rd person shooter untuk console XBOX ini malah tidak pernah secara resmi dijual di Amerika Serikat alias Japan-exclusive. Presiden Wilson digambarkan sebagai karakter kharismatik yang berusaha membebaskan Amerika dengan armor suit keren Metal Wolf nya. Game yang perlu dimainkan oleh bro sis penggemar game aksi robot, walau bakal sulit karena XBOX sudah lama mati.

Game tentang Amerika yang tidak pernah dijual di Amerika. Sumber gambar: thegamefanatics.com

Game tentang Amerika yang tidak pernah dijual di Amerika. Sumber gambar: thegamefanatics.com

President David Palmer (dari serial TV “24”)

Aktor Dennis Haysbert secara pas dan meyakinkan berhasil memerankan sosok POTUS yang berwibawa, kharismatik, tenang dan taktis di sinetron yang memiliki plot 24 jam ini. Walau ada beberapa POTUS lain yang digambarkan sepanjang season yang ada di “24”, namun sosok Presiden David Palmer sepertinya yang paling mencerminkan POTUS ideal untuk Amerika. Sayangnya Presiden David Palmer… (spoiler alert! Bro sis harus nonton sendiri untuk tahu hehehe)

Presiden David Palmer dari serial “24”. Sumber gambar: fanpop.com

Presiden David Palmer dari serial “24”. Sumber gambar: fanpop.com

President George Sears (dari game “Metal Gear Solid 2 : Sons Of Liberty”)

Pria yang juga memiliki nama kode Solidus Snake / King ini diceritakan sebagai POTUS ke-43 (tentu saja dalam dunia fiksi di Metal Gear Solid alias bukan di Amerika Serikat yang asli) dan salah satu anak dari proses kloning Big Boss, Les Enfants Terribles Project. Presiden Sears memicu kejadian di Shadow Moses Island (plot game Metal Gear Solid untuk PS1) sebelum kemudian terlibat secara langsung di Big Shell Incident game Metal Gear Solid 2. Karakteristik Solidus merupakan penggabungan antara Solid Snake dan Liquid Snake. Dia memiliki tampilan eye-patch untuk menutupi mata kirinya yang rusak. Dia juga digambarkan piawai menggunakan pedang.

Presiden Sears yang sangar. Sumber gambar: pinterest.com

Presiden Sears yang sangar. Sumber gambar: pinterest.com

President Adam Benford (dari game “Resident Evil 6”)

Mungkin satu-satunya POTUS yang berhadapan, berurusan dan pada akhirnya (spoiler alert!) menjadi bagian masalah di setiap games Resident Evil yang ada: Zombies. Presiden Benford memang boleh dibilang bernasib sial karena administrasinya berurusan dengan terorisme yang melibatkan B.O.Ws alias Bio Organic Weapons; senjata biologis yang diciptakan oleh Umbrella Corporation sejak insiden Arklay Mountain (Resident Evil 0 & 1). Bahkan jagoan seperti Leon S. Kennedy juga tidak berdaya mencegah Presiden Benford menuju nasib buruk yang menimpa banyak warga Amerika Serikat di game tersebut.

“Jadi gue bakal gimana ntar, bro?” Sumber gambar: gameinformer.com

“Jadi gue bakal gimana ntar, bro?” Sumber gambar: gameinformer.com

President James Marshall (dari film “Air Force One”)

Film “Air Force One” yang dibintangi oleh Harrison Ford tahun 1997 merupakan salah satu film aksi era 90an yang sukses dan tetap dapat dinikmati hingga hari ini (sama seperti film aksi 90an lainnya “Die Hard”). Presiden Amerika Serikat di film ini diceritakan menghadapi krisis pembajakan pesawat Air Force One, yang merupakan pesawat kepresidenan POTUS. Presiden Marshall melakukan perlawanan kepada para pembajak yang memiliki tuntutan pembebasan pimpinan mereka dari penjara. Salah satu hal memorable dari film ini adalah saat POTUS James Marshall mengucapkan kalimat yang jadi quote terkenal dari film ini, yaitu “Get off my plane” alias “Pergi dari pesawatku”. Ikonik sekali.

Sebenarnya masih ada banyak lagi POTUS fiktif yang mengisi pop culture Amerika Serikat (atau negara lain yang menggunakan tema / melibatkan POTUS). Dan sepertinya ke depan hal ini tidak akan berhenti, mengingat bebasnya Amerika dalam menggambarkan apapun selama tidak melanggar konstitusi negara mereka. Berbeda dengan negara lain, dimana sosok Presiden tidak boleh di visualkan dalam format yang negatif atau esktrim karena bisa diganjar penjara hehehe.

Jadi POTUS mana yang jadi favorit bro sis? Please don’t tell me it’s Donald Trump….

Quote terkenal dari film “Air Force One”. Sumber gambar: giphy.com

Quote terkenal dari film “Air Force One”. Sumber gambar: giphy.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Series Fate. (Sumber: wallpaper abyss)

Fate Series: Dari Game PC Hingga Meraih Popularitas Di Smartphone

Fate series dimulai dari game Fate/stay night, dan kini melebar menjadi berbagai serial anime, manga, dan spinoff lain. .. more

00-d-his-barcode-tattoo

His Barcode Tattoo: Melihat Kematian Dari Barcode Misterius

Dimanakah His Barcode Tattoo si Sehyun? Dakota mampu melihat tanda barcode di leher semua orang yang menandakan tanggal .. more

Sumber: games.ciayo.com

CIAYO Games Merilis CHIPS: Monster Tap

CIAYO Games merilis game baru bernama CHIPS: Monster Tap... more

Patung Black Panther Di Korea Selatan Dirusak Orang Mabuk!

Marvel menyumbangkan dua patung Black Panther untuk kota Busan. Belum lama berdiri, dua-duanya dirusak orang mabuk!.. more

sumber: www.aintitcool.com

Wildling: Sebuah Urban Legend dengan Intro Terbaik dari Debut Sutradara Fritz Bohm

Wildling merupakan film horror, fantasy yang didasarkan dari sebuah urban legend... more