Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

4 months ago
presdir nintendo d

Sebagai perusahaan raksasa di bagian ‘electronic gaming’ segala yang dilakukan oleh manajemen Nintendo Co. Ltd tentu menarik perhatian publik. Tidak hanya para pemegang saham serta investor perusahaan, namun juga para fans setia serta media gaming selalu menanti-nanti langkah dan gebrakan perusahaan yang bermarkas di Kyoto, Jepang dan sudah berusia lebih dari 128 tahun tersebut.

Termasuk yang baru-baru ini terjadi di lini top management Nintendo; yaitu pergantian Presiden.

Jabatan Presiden di Nintendo tergolong sangat penting dan ‘super elite’ karena sejak 1889 (saat Nintendo masih berupa perusahaan pembuat kartu permainan Hanafuda) hingga 2018 jabatan ini hanya pernah dipegang oleh enam nama. Bayangkan! Dalam kurun waktu lebih dari 128 tahun mereka hanya berganti pucuk pimpinan sebanyak enam kali saja. Ini menunjukkan sebuah sistem suksesi kaku; yang juga merupakan ciri khas perusahaan Jepang yang mengusung sistem senioritas (senpai/kohai) dan tertutup.

Sebenarnya itu bukan sistem yang buruk, hanya mungkin mengherankan jika dibandingkan perusahaan modern yang sering bergonta-ganti pimpinan manajemen.

Jabatan Presiden Nintendo Co. Ltd sampai Juni 2018 dipegang oleh Tatsumi Kimishima. Kimishima sendiri tidak terlalu lama mengemban jabatan ini. Dia menjabat sebagai Presiden Nintendo Co. Ltd tahun 2015 sesaat setelah Presiden sebelumnya, Satoru Iwata, meninggal dunia.

Tatsumi Kimishima (kiri) & Satoru Iwata (kanan). Sumber: Telegraph

Tatsumi Kimishima (kiri) & Satoru Iwata (kanan). Sumber: Telegraph

Satoru Iwata sendiri sangat terkenal di industri game dan merupakan sosok pimpinan yang ramah serta familiar. Di kalangan gamers dan pers, Iwata dikenal cair dan menyenangkan. Tidak terlalu kaku menjaga citra sebagai seorang Presiden perusahaan sebesar Nintendo, Iwata sering tampil di acara seperti “Nintendo Direct” serta “Iwata’s Ask” d imana dia melakukan sesi tanya jawab kepada developer dan publisher yang membuat game mereka untuk platform Nintendo.

Segment “Iwata’s Ask” merupakan favorit banyak pihak saat dia masih ada.

Segment Iwata’s Ask. Sumber: Nintendo

Segment Iwata’s Ask. Sumber: Nintendo

Saat Satoru Iwata meninggal dunia, jabatan Presiden diserahkan kepada Tatsumi Kimishima. Dibandingkan Iwata, Kimishima lebih kaku dan secara general tidak se-cair Satoru Iwata. Mungkin karena latar belakang yang berbeda? Iwata sebelumnya juga seorang developer di bidang video game, sementara Kimishima merupakan birokrat tulen.

Sebelum menjabat Presiden Nintendo Co. Ltd, Kimishima bekerja di Sanwa Bank Japan selama 27 tahun. Kimishima menjabat sebagai Presiden Nintendo of America tahun 2002 setelah ditunjuk oleh Presiden Nintendo Co. Ltd Hiroshi Yamauchi (yang menjabat Presiden Nintendo Co. Ltd sejak 1949). Sebelumnya Kimishima bekerja di Pokemon Division.

Presiden Nintendo Co. Ltd sampai Juni 2018. Sumber: TechNewsToday

Presiden Nintendo Co. Ltd sampai Juni 2018. Sumber: TechNewsToday

Di bulan Juni tahun 2018 nanti, jabatan prestisius Presiden Nintendo Co. Ltd akan dipegang oleh Shuntaro Furukawa, eksekutif Nintendo yang sudah bekerja disana sejak 1994. Secara hierarki, Shuntaro Furukawa adalah Presiden ke-enam Nintendo Co. Ltd sejak 1889.

Shuntaro Furukawa. Sumber: GiantBomb

Shuntaro Furukawa. Sumber: GiantBomb

Sebagai “Rokudaime” alias Pimpinan Ke-Enam dari Nintendo Co. Ltd , Shuntaro Furukawa punya rekam jejak yang mengesankan.

Lulus dari universitas elit “Waseda University”, Furukawa bergabung ke Nintendo pada April 1994 dan dikirim ke Jerman untuk bekerja di bagian akunting Nintendo selama lebih dari satu dekade. Di pertengahan 2010 dia ditarik ke Pokemon Division dan mulai menjadi bagian eksekutif penting Nintendo.

Furukawa termasuk eksekutif termuda (berusia 46 tahun) di jajaran sembilan dewan direktur Nintendo Co. Ltd. Bukan hal yang terlalu aneh karena Satoru Iwata sendiri, yang punya reputasi sebagai Boss Nintendo paling menyenangkan selama ini, berusia 42 tahun saat ditunjuk menjadi Presiden Nintendo Co. Ltd. Bahkan Presiden Hiroshi Yamauchi menjabat di usia lebih muda lagi: 22 tahun.

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Karena relatif masih muda, tak heran kalau Furukawa tumbuh besar dengan video game. Saat wartawan ‘mengujinya’ dengan bertanya game apa saja yang dia nikmati, Furukawa menyebut game-game Nintendo dan juga sebuah judul game cult yang jarang dikenal publik: “Golf Story”. Ini seakan menegaskan kalau Furukawa memang seorang gamer. Tidak hanya seorang eksekutif perusahaan raksasa.

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Karena lama bekerja di luar negeri, Furukawa juga fasih berbahasa Inggris. Shuntaro juga memiliki latar belakang selebritis: dia adalah putra animator Jepang terkenal Taku Furukawa, yang saat ini menjabat sebagai Ketua “Japan Animation Association”. Jabatan elite ini sebelumnya dipegang oleh ‘Dewa Manga Jepang’ Osamu Tezuka.

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

“Saya akan menyeimbangkan tradisi Nintendo: originalitas dan fleksibilitas” janji Shuntaro Furukawa. “Kami juga akan selalu fokus pada hal-hal dimana hanya kami yang bisa sediakan” sambungnya kemudian. “Jika tidak Nintendo akan kehilangan alasan untuk eksis”.

Statement itu mungkin untuk mengingatkan publik kalau trend mobile smartphone gaming kini juga ada dalam bisnis Nintendo. Mobile smartphone gaming dulu merupakan area yang tidak dimasuki Nintendo namun kini mereka ada di dalamnya juga dengan berbagai game seperti Super Mario, Animal Crossing serta Mario Kart.

Apakah Shuntaro Furukawa akan sukses membawa perusahaan lebih maju lagi dibanding para pendahulunya? Atau malah akan membawa perusahaan ke masa-masa suram? Semua akan dibuktikan oleh waktu. Selamat bekerja, Shuntaro Furukawa-san!

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

Pemegang jabatan Presiden Nintendo terlama. Sumber: YouTube

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Review Ant-Man and the Wasp: Sebuah Cerita Kecil dalam Bungkusan Universe yang Besar

Kisah keluarga superhero yang dibalut dalam komedi dan dikemas secara sederhana. Ant-Man and the Wasp. Apa hubungannya.. more

Dragon Ball dan One Piece (Sumber: qygjxz.com)

Dragon Ball & One Piece – Dua Anime Yang Masih Bertahan Dari Era Awal Millennium

Jika bro sis membaca artikel sebelumnya soal anime Bleach yang tidak bertahan lama, disana saya ada menyebutkan soal “.. more

Banner Little Akihabara Medan. Sumber gambar: facebook.com/LittleAkihabaraMedan

Little Akihabara 2017, Medan Sumatera Utara

Little Akihabara 2017. Kota Medan di provinsi Sumatera Utara memang gak sebesar kota – kota besar yang ada di pulau.. more

Facebook di-banned oleh pemerintah di China. Sumber gambar: alux.com

Mengapa Seluruh Layanan Facebook Tidak Dapat Berjalan Di China?

Di banyak negara, ketiga layanan Facebook itu dapat di akses siapa saja dari lokasi mana saja. Gratis dan tanpa masalah .. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more