Q & A Studio Ghibli: Transfer Knowledge, Film Baru, Sampai Disney

8 months ago
Konferensi pers World of Ghibli Jakarta. Photo by CIAYO Pictures

Acara konferensi pers Studio Ghibli kemarin (30/3) di Ritz Carlton Pacific Place rupanya cukup seru. Pasalnya pihak Studio Ghibli sendiri juga membawakan beberapa kabar yang menarik untuk disimak.

Film Baru

Toshio Suzuki selaku Direktur Eksekutif Studio Ghibli menerima pertanyaan terkait pengumuman pensiun Hayao Miyazaki. Miyazaki sendiri mengumumkan hendak pensiun di tahun 2013, namun setelah itu ia dikabarkan kembali membuat film sekali lagi untuk Studio Ghibli.

“[Miyazaki-san] sekarang sedang berjuang sangat keras di Tokyo untuk membuat film baru,” jawab Suzuki-san dibantu dengan penerjemah. “Kami mengharap doa dari kalian semua agar film baru ini selesai.”

Sumber: Asian Movie Pulse

Sumber: Asian Movie Pulse

Dikatakannya pula, saat ini Hayao Miyazaki sedang berfokus dalam tahap storyboarding. Ganbatte ne, Miyazaki-san!

Transfer Knowledge

Dengan diselenggarakannya acara The World of Ghibli Jakarta, tentu ada banyak kesempatan emas bagi pelaku industri kreatif di Indonesia untuk belajar secara langsung dari studio animasi Jepang yang telah memenangkan banyak penghargaan ini. Sayangnya, transfer knowledge yang sesungguhnya dari Studio Ghibli masih sangat terbatas untuk sekarang. Willawati, CEO dari Kaninga Pictures, mengatakan bahwa pihaknya masih berfokus untuk hal yang di depan mata terlebih dahulu.

Sumber: Urban News ID

Sumber: Urban News ID

“Kita akan fokus dulu untuk mewujudkan The World of Ghibli Jakarta dengan sungguh-sungguh dan sepenuh-penuhnya,” kata Willawati. “Untuk meminta lebih dari ini saja kepada Studio Ghibli saya merasa sungkan.”

Tapi, katanya, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk kerja sama lainnya di masa depan. Untuk saat ini sih, anak muda di Indonesia berkesempatan jadi voluntir acara The World of Ghibli Jakarta dulu. Alon-alon asal kelakon, gitu.

Live Action Ghibli?!

Apakah Studio Ghibli tidak tertarik untuk membuat film live action yang mirip seperti yang dilakukan oleh Disney sekarang? Dengan hype yang tinggi untuk film-film seperti Beauty and the Beast, mungkin saja hal ini akan berakibat positif untuk studio Ghibli.

Sumber: teen.co.id

Sumber: teen.co.id

Untuk yang satu ini, jawaban dari Toshio Suzuki cukup singkat. “Tidak,” katanya.

Ia menyambung bahwa Studio Ghibli adalah studio animasi, dan tidak pernah terpikir untuk membuat film live action. “Mungkin Disney sudah kehabisan ide untuk membuat film animasi yang baru, jadi itu kenapa mereka membuat film live action,” tambahnya.

Burn!! Photo by Zimbio

Burn!! Photo by Zimbio

About Author

Inri

Inri

Writer, musician, and a certified procrastinator, Inri is an elusive creature who writes once in a blue moon. The only known way to summon this mystical being is to call its name three times in front of a pizza. No one would come, but at least you have a pizza.

Comments

Most
Popular

Si Nopal: Karakter Chubby yang Bikin Geli

Hari ini rubrik Chit Chat akan membahas salah satu komikus yang lagi ngetrend di Instagram nih yaitu Si Nopal!.. more

Playstation 4 vs Nintendo Switch

Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

Di bulan puasa ini emang kadang suka bikin lemes dan rasanya pengen tidur aja. Mau ngapa-ngapain rasanya jenuh banget. T.. more

The 90's Festival

Anak 90an Diajak Nostalgia Lagi Bareng The 90’s Festival

Tanggal 25 November 2017 kemarin ternyata ada acara kekinian ala anak 90an! Bro sis anak 90an lagi-lagi diajak nostalgia.. more

Film yang dinantikan fans Marvel di tahun 2018. Sumber gambar: youtube.com

Mengupas Official Trailer Avengers: Infinity War Lebih Dalam

Jadi memang idealnya fans DCEU tidak perlu bersusah payah “membela” kubu mereka jika disepelekan rival. Dan sebalikn.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more