A Quiet Place, Sebuah Paku Tak Pernah Seseram Ini

4 months ago
sumber: www.actucine.com

Pernahkah kalian terpikir bahwa sebuah film yang sangat minim suara, terutama dialog, dan hidup dengan suara berbisik nyaris tak terdengar, mampu menakut-nakuti penonton? “A Quiet Place” berkerja sangat baik dengan menggunakan elemen-elemen senyap, sampai-sampai suara teriakan pun ditiadakan bagai manusia tenggelam dalam air.

Sebagai seorang aktor yang terkenal dengan film-film drama komedi, siapa menduga jika John Krasinski mampu menyuguhkan film ber-genre horror dengan sangat bagus, malah mungkin menciptakan gaya baru yang bisa dikatakan sebagai New Horror Classic.

sumber: www.moviefone.com

sumber: www.moviefone.com

Bersama dengan Bryan Woods dan Scott Beck selaku penulis skenario. John Krasinski berhasil menyutradarai “A Quiet Place” dengan sentuhan yang tidak terduga. Hal ini juga didukung oleh sinematografer, Charlotte Bruus Christensen yang menangkap gambar-gambar memacu adrenalin serta ancaman yang merayap.

Gaya pukau John Krasinski menjadi dua kali lipat, ketika ia sebagai sutradara juga berperan sebagai tokoh penting dalam filmnya ini. Saya rasa setelah ini nama John Krasinski akan menjadi semakin bersinar, baik jika ia menjadi sutradara atau pun sebagai aktor.

sumber: uncrate.com

sumber: uncrate.com

A Quiet Place” bercerita tentang sebuah keluarga yang hidup di dunia pasca-apokaliptik di mana manusia harus bisa bertahan hidup tanpa menciptakan bebunyian (termasuk suara mereka berbicara). Hal itu dilakukan agar makhluk menyeramkan, buta namun peka terhadap suara tidak membunuh dan memakan mereka.

Mengambil latar di tanah pertanian di New York, film ini berhasil menyajikan suasana yang begitu mencekam. Ditambah dengan pemandangan ladang jagung yang luas, mengingatkan kita pada film-film horror klasik yang identik dengan aksi pisikopat di ladang jagung. Latar yang begitu hidup ini dibuat dengan sangat nyata sampai-sampai harus mengorbankan separuh dari biaya produksi film hanya untuk menanam semua jagung agar suasana terlihat begitu alami.

sumber: www.releasesoon.com

sumber: www.releasesoon.com

Pada awal film, penonton diperlihatkan bagaimana keadaan dunia saat itu. Tentang makhluk menyeramkan yang buta namun peka terhadap suara. Walau pertanyaan dari mana makhluk itu berasal masih mejadi tanda tanya yang saya rasa tidak terlalu penting untuk dipertanyakan. Perkenalan makhluk menyeramkan dimulai lewat teror yang akan membawa semua rasa menegangkan terus bertahan di setiap scane film.

Adegan di sebuah jembatan ini benar-benar berhasil memberikan dampak jangka panjang yang kuat, sekaligus membeberkan gambaran bahwa memanjakan seorang anak dengan memberikan apa saja yang mereka inginkan tapi tidak terlalu mereka perlukan hanya akan mencelakan si anak tersebut.

Sosok Lee (John Krasinski) sebagai seorang ayah yang tegar dan terus menjadi kuat, berhasil dijaga dari awal film hingga bagian akhir. Dan kehadiran istri John Krasinski yang berperan menjadi Evelyn, ternyata juga istri Lee dalam film ini, tampil dengan tingkatan akting yang punya kualitas tersendiri. Apalagi ketika adegan dalam bak mandi yang bisa menjadi sebuah adegan ikonik yang sulit untuk dilupakan. Kolaborasi suami istri di dunia nyata ini berhasil memberikan chemistry yang begitu kompak.

sumber: www.forbes.com

sumber: www.forbes.com

A Quiet place” sangat bersyukur didukung oleh cast yang baik dengan level akting yang luar biasa. Sebut saja seperti Millicent Simmonds yang di dunia nyata benar-benar tuli, memerankan seorang remaja tuli bernama Regan dan juga menjadi pengarah yang bagus untuk pendalaman bahasa isyarat di sepanjang film. Keterbatasan Regan menjadi alasan yang bagus mengapa semua keluarga bisa melakukan bahasa isyarat.

Akting paling memukau saya rasa hadir dari sosok bocah laki-laki bernama Marcus (Noah Jupe). Seorang bocah penakut yang dipaksa harus menjadi pemberani dengan semua keterbatasannya. Kerapuhan Marcus sangat kentara, mulai dari mimik wajahnya, cara ia berkomunikasi benar-benar terasa sangat nyata. Saya rasa Noah Jupe berhasil mengukuhkan namanya sebagai aktor cilik yang wajib diperhitungkan.

sumber: abcnews.go.com

sumber: abcnews.go.com

Nilai utama yang membuat “A Quiet Place”  sangat berhasil ialah nilai kemanusiaan yang ditanamkan. Emosi para karakter, pendekatan mendalam, baik itu dengan rasa kehilangan dan pertanyaan tentang arti sebuah keluarga, membuat film ini menjadi film horror yang tidak hanya mengubar adegan menakut-nakuti tapi juga menyentuh sisi lain yang jarang dimiliki oleh film horror sejenis ini.

Kengerian memang menjadi unsur utama dalam sebuah film horror, tapi “A Quiet Place” sadar betul bahwa ketakutan tanpa rasa sakit hanya akan menjadi adegan mengagetkan bagai angin lalu belaka. Oleh sebab itu rasa sakit coba ditanamkan lewat beberapa adegan sehingga penonton tidak hanya terpacu oleh rasa takut tapi juga oleh rasa sakit yang akan membuat semua orang menahan nafas sembari merasa ngilu. Salah satu adegan paling menyakitkan sekaligus mengerikan bermula pada sebuah paku yang saya rasa menjadi objek paling membuat ngilu berkali-kali walau hanya beruba benda mati yang tidak bergerak sama sekali.

Tak pernah sebelumnya saya menyaksikan sebuah paku yang hanya berdiri mematung bisa menjadi hal paling menyeramkan dan berkali-kali membuat penonton menahan nafas. Terdengar konyol memang, tapi percaya saja ini bukan sebuah lelucon!

Sejauh ini “A Quiet Place” merupakan film pembuka bulan April yang sangat bagus dan wajib untuk ditonton. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton meski pun kalian bukan penikmat film horror, sebab film ini punya jalan cerita yang rapi dengan banyak unsur original yang tidak akan kalian temukan di film lain.

Jadi tunggu apa lagi!? Selamat menyaksikan film horror yang minim dialog lisan tapi kaya bahasa.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber: Penguin Random House

Ikuti Petualangan Horor dan Misterius Para Pemburu Hantu Remaja di Serial Novel Ini

Salah satu serial novel yang patut kalian ikuti itu adalah Lockwood and Co. karangan Jonathan Stroud. Lockwood and Co. a.. more

Luthfi Hinelo

Luthfi: Jangan Pernah Berhenti Belajar

Generasi 90-an berkolaborasi dengan CIAYO Comics membuat komik Anak Kemaren Sore yang bisa dibaca secara gratis di CIAYO.. more

Sumber: www.wired.com

Banyak Kejutan Menanti di Film “Star Wars: Last Jedi”

Bro sis penggemar Star Wars sebentar lagi akan dimanjakan dengan seri film terbaru Star Wars yang berjudul “Star Wars:.. more

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more

Konser Naif

7 Bidadari Lambang Fitrahnya Naif di Umur 22

Alunan lagu Naif yang berjudul “Sayang Disayang” terngiang di telinga selama perjalanan pulang karena konser 7 Bidad.. more