Racing Simulator Festival: Bangkitnya Genre E-sports Baru

4 weeks ago
racing simulator festival

Jika mendengar kata e-sports, game apa saja yang bakal terbayang di kepala? MOBA? Battle Royale? Team FPS? Semua jawaban di atas benar dan tepat. Game-game tersebut menjadi pilihan utama bagi gamer yang berkecimpung di dunia e-sports. Jumlah pengikutnya besar, dan ada banyak kompetisi yang bisa diikuti. Tapi tahukah kamu bahwa game balapan mobil juga bisa dikompetisikan menjadi event e-sports yang meriah?

Suasana area kompetisi Racing Simulator Festival. Sumber: CIAYO Pictures
Suasana area kompetisi Racing Simulator Festival. Sumber: CIAYO Pictures

Pada tanggal 22-30 Maret lalu, Racing Simulator Festival diadakan di Mangga Dua Mall. Event ini diprakarsai oleh Ikatan Motor Indonesia selaku badan federasi balap resmi Indonesia, serta produsen gadget gaming GT-Sim.ID, Thrustmaster, AMD, dan lain-lain.

Selama seminggu pelaksanaanya, Racing Simulator Festival berhasil menjaring lebih dari seribu peserta untuk mencari siapa gamer tercepat. “Luar biasa, antuasiasmenya banyak banget,” imbuh Andika Rama Maulana sebagai salah satu organizer Racing Simulator Festival.

Dalam satu minggu tersebut, peserta dapat mencoba simulator balap menggunakan game Assetto Corsa. Peserta diminta untuk mencetak waktu tercepat semampu mereka. Hasil terbaik dimasukkan ke dalam leaderboard, yang nanti akan disaring menjadi 20 besar untuk mengikuti final pada tanggal 30 Maret.

Baca Juga: Netflix Akan Buat Kartun Fast & Furious?

Dua pembalap beradu kecepatan. Sumber: CIAYO Pictures
Dua pembalap beradu kecepatan. Sumber: CIAYO Pictures

Kompetisi berlangsung sengit, dengan jumlah finalis dibagi ke dalam dua sesi semi final. Balapan yang dilangsungkan di sirkuit Sentul versi virtual ini menampilkan berbagai aksi salip-menyalip penuh resiko. Drama mencekam mulai dari mobil melintir hingga tabrakan antara para peserta tidak terhindarkan.

Berbagai peserta datang dari berbagai kalangan, entah itu yang awam hingga para gamer profesional. Bahkan ada anak berusia 11 tahun yang berhasil maju sebagai 20 besar! Dengan bercampurnya para peserta ini, hasil akhir tak bisa diprediksi. “Kayak mas Jaka (Siswoyo), dia merupakan salah satu top sim racer di Indonesia. Tadi dia dapat pole position, tapi kemudian dia tabrakan,” cerita Rama.

Panitia tengah menentukan jenis sanksi bagi peserta yang membuat insiden di sirkuit. Sumber: CIAYO Pictures
Panitia tengah menentukan jenis sanksi bagi peserta yang membuat insiden di sirkuit. Sumber: CIAYO Pictures

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Racing Simulator Festival merupakan acara yang diusung oleh IMI. Ketua umum IMI, Sadikin Aksa, dan beberapa official IMI lainnya hadir sebagai steward yang mengatur jalannya pertandingan serta memberikan sanksi kepada peserta yang membuat pelanggaran. “Kejadian tadi ada pembalap yang masuk ke dalam tikungan sehingga menyebabkan pembalap yang memimpin tabrakan hingga melintir. Kami konsultasi dengan pihak IMI, kalau di real life kena penalti seperti apa? Mereka mengacu ke buku panduan untuk jenis-jenis penalti berdasarkan situasi seperti ini,” jelas Rama yang juga merupakan atlit sim racer.

Meskipun merupakan kompetisi yang bisa dikatakan bukan berskala masif, Racing Simulator Festival menganut peraturan dan regulasi layaknya balapan di dunia nyata. “Namanya saja racing simulator. Simulasi. Berarti harus ada unsur realitanya, kan? Walaupun tidak bisa 100% mendekati, semaksimal mungkin kita mengikuti peraturan dari FIA (badan motorsport internasional),” tambah Rama.

Para pemenang Racing Simulator Festival bersama ketua IMI dan perwakilan AMD. Sumber: CIAYO Pictures
Para pemenang Racing Simulator Festival bersama ketua IMI dan perwakilan AMD. Sumber: CIAYO Pictures

Di akhir final Racing Simulator Festival, tiga pemenang terpilih setelah proses review oleh panitia dan steward dari IMI. Ferris Stanley yang finish pertama mendapatkan penalti karena menyebabkan kecelakaan di lap pertama sehingga harus turun ke posisi 3. Pradana Yogatama dan Arwin Taruna yang finish di belakangnya otomatis naik ke posisi 1 dan 2. Juara satu hingga 3 mendapatkan hadiah uang tunai; masing-masing mendapatkan 5 juta, 3 juta, dan 2 juta Rupiah.

Racing Simulator Festival merupakan awal dari roadmap IMI untuk mewujudkan kejuaraan nasional balapan digital. “Untuk tahun ini awalnya kita akan buat kompetisi online dulu, mungkin dengan game rFactor 2,” ungkap Rama. “Dalam setahun kita akan buat berapa seri atau berbagai kategori kejuaraan. Di akhir tahun juga bakal ada penghargaan untuk peserta terbaik.” Rama juga menambahkan bahwa peraturannya akan dibuat oleh IMI, jadi bakal ada sistem keanggotaan dan license yang harus dipenuhi sebelum bisa bertanding.

Lewat Racing Simulator Festival, baik Rama, IMI, serta para peserta berharap kedepannya para atlit balapan digital di Indonesia tidak hanya dianggap sebagai gamer profesional, namun sebagai atlit pada umumnya dengan jenjang karir yang jelas.  

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Facebook di-banned oleh pemerintah di China. Sumber gambar: alux.com

Mengapa Seluruh Layanan Facebook Tidak Dapat Berjalan Di China?

Di banyak negara, ketiga layanan Facebook itu dapat di akses siapa saja dari lokasi mana saja. Gratis dan tanpa masalah .. more

The Flying Cow

The Flying Cow – Kalo Benda Di Sekitar Kita Bisa Ngomong

The Flying Cow apa sih? Pernah bayangin ga, kalo benda-benda di dunia ini ternyata bisa bersuara, bergerak, dan beraktiv.. more

00-bumblebee-review

Bumblebee: Batu Loncatan Kecil Untuk Masa Depan Film Transformer

Meski tak ditangani langsung Michael Bay, Bumblebee arahan Travis Knight memberi nafas baru bagi seri Transformer yang s.. more

BEKRAF Game Prime 2017 Bakal Seru!

Bro sis ada yang tahu sama acara Game Prime? Itu loh acara konferensi, seminar, dan pameran game terbesar di Indonesia.. more

the other side: hollows

Tentukan Nasib Gadis Ini di Komik The Other Side: Hollows

Seorang gadis yang hendak pulang ke rumah diganggu sesosok penampakan. Kamu bisa membantunya pulang di komik The Other S.. more