Awas! Virus Komputer Ini Mengunci Komputermu Jika Tidak Memainkan PUBG!

7 months ago
00-d-ransomware-PUBG

Tak perlu diragukan, Playerunknown’s Battlegrounds merupakan game terpanas tahun ini. Layaknya DOTA, PUBG juga merupakan game trendsetter yang memperkenalkan genre video game baru. Namun di balik kesuksesannya, ternyata ada sekelompok orang tidak bertanggung jawab yang mendompleng nama PUBG demi tujuan culas mereka.

04 ransomware PUBG

Yang satu ini nggak ada hubungannya dengan cheat di PUBG. (Sumber: CGTN)

Dilaporkan bahwa sebuah virus komputer jenis ransomware berhasil dideteksi, dan memanfaatkan game PUBG dalam modus operandinya. Ransomware sendiri adalah jenis virus yang bia mengunci seluruh isi komputer kecuali jika membayar uang tebusan. Salah satu jenis ransomware populer adalah WannaCry yang sempat menghebohkan dunia.

Lalu, apa hubungannya ransomware yang satu ini dengan game PUBG? Ransomware ini memiliki modus yang sama dengan berbagai ransomware pada umumnya. Namun alih-alih meminta uang tebusan, “ransomware PUBG” ini hanya meminta pengguna untuk bermain PUBG selama satu jam saja!

01 ransomware PUBG

Tampilan virus ransomware PUBG. (Sumber: Vice)

“File Anda telah dienkripsi oleh PUBG Ransomware!” tulis pesan yang ditampilkan virus tersebut. “Tapi, jangan kuatir! Tidak sulit untuk membuka kuncinya. Saya tidak mau uang! Anda hanya perlu bermain PUBG 1 jam saja!”

Berdasarkan riset pakar keamanan komputer, ransomware PUBG ini memang benar-benar mengunci file komputer yang dijangkitinya. Namun, cara untuk membuka enkripsi ini cukup mudah. Ternyata, file komputer yang dikunci hanya yang berada dalam desktop saja. Kamu pun nggak perlu memainkan PUBG selama 1 jam untuk membuka enkripsinya. Dalam 3 menit saja, enkripsi akan terbuka secara otomatis.

02-ransomware-PUBG

Analisis ransomware PUBG dari berbagai antivirus. (Sumber: SensorTechForum)

Kalau kamu nggak punya game PUBG atau lebih suka main Fortnite, ada cara lain untuk menghapus ransomware ini. Kamu bisa menghapus ransomware PUBG dengan memasukkan kata sandi yang diberikan cuma-cuma oleh pembuatnya. Saat kamu mendapatkan pesan dari ransomware PUBG, di bawahnya tertera restore code untuk membuka enkripsi file. Nah loh!

Sebenarnya, apa tujuan si pembuat virus dengan menyebarkan ransomware PUBG ini? Kalau tujuannya bukan uang, lalu apa? Mungkin bisa jadi si pembuat virus tengah mempelajari teknik-teknik hacking. Ia mempelajari bagaimana metode virus dalam menjangkiti komputer korban. Dalam komunitas hacking, hal ini bukan sesuatu yang asing. Banyak hacker yang meng-hack sebuah website dan mengganti tampilannya untuk sekedar belajar.

Atau, kita juga bisa simpulkan kalau hacker tersebut hanya iseng dan ingin membuat lelucon. Jika benar, sayangnya lelucon ini lumayan keterlaluan juga.

03-ransomware-PUBG

Hacker juga manusia yang harus belajar dan bisa bosan. (Sumber: Hack Defender)

Meskipun secara teknis tidak ada kerugian dari beredarnya virus ini, namun tetap saja hal ini mengganggu pemilik komputer yang terjangkit ransomware PUBG ini. Pun demikian dengan komunitas gamer PUBG yang merasa fanbase mereka mendapatkan citra buruk dari virus ini.

Nah, kalau sudah begini mungkin kamu harus mulai memantapkan sistem keamanan komputer kamu. Jangan lupa untuk menginstall dan mengupdate antivirus, serta berhati-hati dengan webite yang kamu buka setiap harinya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Festival Mesin Waktu

Naik Mesin Waktu Bersama Generasi 90an

Bro sis yang ngaku generasi 90an, gimana rasanya kalau diajak nostalgia ke jaman dulu nih? Masih ingat gak kira-kira keb.. more

webcomic-disukai-00-d

Sebenarnya, Faktor Apa Saja Sih Yang Membuat Sebuah Webcomic Bagus & Disukai Banyak Orang?

Banyak sekali webcomic yang mampu memikat hati pembacanya. Apa sih rahasia di baliknya? Bagaimana cara mereka menggaet f.. more

Sumber: dualshocker.com

Celeste, Mendaki Gunung Depresi

Banyak game yang terinspirasi dari game - game platformer legendaris, namun pada akhirnya tidak memiliki banyak perbedaa.. more

Creators Super Fest 2018 Makin Mantap Dengan Bintang Tamu Beragam

Creators Super Fest 2018 yang diadakan tanggal 12-13 Mei 2018 menjadi tempat kumpulnya para kreator amatir dan profesion.. more

Berbagi Kebaikan #UntukSemua Lewat Komik

Ramadan telah tiba! Saatnya berbagi kebaikan #untuksemua. Tapi, kebaikan nggak harus dilakukan dalam bentuk materi aja, .. more