Rasakan Kembali Kerennya Era 90an dengan Film-Film Ini!

3 months ago

Jika ada opini yang mengatakan kalau ‘elemen pop culture era 90an keren bila dibandingkan era paska millennium’, tentu hal itu harusnya punya alasan.

Banyak hal di era 90an merupakan pinnacle alias puncak keemasan elemen pop culture. Film, musik, dan video games. Era 90an menjadi saksi kelahiran dan popularitas video game dunia. Berbagai jenis judul/IP games yang tetap populer hingga 20-30 tahun kemudian lahir di era 90an. PlayStation lahir di era ini. Sebuah nama yang mustahil untuk tidak dikenali penggemar video game.

TV tabung dan PlayStation di era 90an. (Sumber: GMANews)

Begitu juga dengan film bioskop. Di mana sineas perfilman dunia saat ini ‘terperangkap’ dalam kebingungan kreativitas (yang mengakibatkan menjamurnya sekuel, remake maupun reboot film), era 90an mencatat berbagai judul film yang tidak hanya keren secara tema namun juga secara sinematografi. Dengan peralatan serta efek spesial film yang tentu tidak lebih canggih dari era modern seperti sekarang, sineas perfilman dunia era 90an tetap mampu memberikan tontonan film yang breakthrough. Dan bahkan dalam beberapa hal bikin kangen karena seru ditonton berulang kali.

Tidak terlalu berlebihan saat berpendapat kalau film-film bioskop era 90an memiliki hal magis yang mampu membuatnya tetap solid menghibur di lintas era. Gak yakin? Coba saja tonton sendiri beberapa film era 90an ini untuk tahu bagaimana film di era 90an memang terasa berbeda.

1. Deep Blue Sea (1999)

Sumber: Target

Mungkin istilah ‘setiap era punya film soal teror ikan hiu’ benar adanya. Dimulai dari franchise “Jaws” nya Steven Spielberg di era 70an dan 80an, di era 90an ada film “Deep Blue Sea”. Berkisah soal sekelompok ilmuwan bertujuan mulia; mencari pengobatan penyakit Alzheimer dengan medium ikan hiu yang direkayasa genetika. Situasi jadi kacau balau dan disinilah keseruan film lawas ini dimulai. Dibintangi juga oleh aktor yang doyan memaki “Motherf**ker!” : Samuel L. Jackson.

2. Cruel Intentions (1999)

Sumber: JohnOttman

Seksi. Berani. Sebuah thriller yang sepertinya diadaptasi secara terbalik dari drama panggung terkenal “Les Liaisons Dangeruses” bercerita tentang sekelompok anak-anak tajir yang ‘memainkan permainan berbahaya’. Diperankan oleh aktor dan aktris muda yang sedang naik daun pada era 90an, yaitu Ryan Phillipe, Reese Witherspoon dan aktris yang populer berperan sebagai Buffy The Vampire Slayer: Sarah Michelle Gellar.

3. Pocahontas (1995)

Sumber: Amazon

Tak hanya film live action, beberapa film animasi era 90an pun masih keren bahkan untuk standar modern seperti sekarang. Salah satunya adalah Disney’s Pocahontas. Sebuah kisah cinta terlarang yang dipadu animasi keren dan pesan moral tentang bagaimana manusia harusnya menjaga lingkungan serta menghargai perbedaan. Konon film animasi ini juga sampai ‘sangat menginspirasi’ film CGI buatan James Cameron berjudul “Avatar” (2009) dengan kemiripan plot mereka.

4. Eyes Wide Shut (1999)

Sumber: PicClick

Stanley Kubrick tidak hanya soal film fiksi ilmiah legendaris dunia “2001: A Space Odyssey” (1968). Dia juga piawai dalam membuat film genre lain. Seperti filmnya suami istri (sebelum bercerai) Tom Cruise dan Nicole Kidman ini. Film yang juga merupakan film terakhir Stanley Kubrick di dunia penyutradaraan ini bercerita soal sisi gelap penuh erotisme sekelompok elites dalam mencari cinta sejati.

5. Bad Boys (1995)

Sumber: Amazon

Salah satu film era 90an favorit saya! Akting keren dua aktor kulit hitam Martin Lawrence serta Will Smith sebagai partner polisi berbeda sifat benar-benar penuh chemistry. Memang kalau mau jujur sih, tidak ada hal breakthrough ataupun istimewa banget di film buatan Michael Bay ini. “Buddy cop movies” sudah banyak berserakan di luar sana. Tapi buat saya, Bad Boys merupakan sebuah film popcorn keren yang bisa saya tonton berulang kali tanpa rasa bosan. Karena itulah saya berharap kalau gosip film ketiga dari Bad Boys (yang konon akan dibuat tahun 2020) benar-benar jadi kenyataan. Film sekuelnya sendiri rilis tahun 2003.

6. Scream 2 (1997)

Sumber: 1428Elm

Sekuel langsung dari film besutan sutradara spesialis horror Wes Craven “Scream” (1995) menceritakan kelanjutan hidup Sydney Prescott pasca kejadian horor yang dia alami sebelumnya. Ghostface ternyata masih muncul meneror kehidupan Sydney. Scream 2 sering dianggap sebagai Scream terbaik dari franchise film ini. Sesuatu yang sedikit mengherankan mengingat jarang ada sekuel yang dianggap paling bagus dari serangkaian film franchise.

7. Face/Off (1997)

Sumber: Amazon

Apa jadinya kalau penjahat sadis bertukar wajah dan penampilan dengan polisi yang dia benci? Film karya sutradara film aksi Hong Kong, John Woo, ini dibintangi secara meyakinkan oleh dua aktor watak: Nicholas Cage dan John Travolta. Tak cuma penuh baku tembak, baku gebuk maupun ledakan, di film ini Woo juga berhasil menciptakan situasi-situasi dramatis yang mendukung jalannya cerita dengan baik.

8. Armageddon (1998)

Sumber: iTunes

Lagu soundtrack film ini mungkin pernah kamu dengar (“I Don’t Want to Miss a Thing” dari Aerosmith) saking populernya lagu itu dulu. Michael Bay berhasil membuat sebuah film dramatis tentang perjuangan dan pengorbanan sekelompok manusia demi menyelamatkan dunia dari kehancuran oleh meteor besar. Dibintangi Bruce Willis, Ben Affleck, Liv Tyler (yang juga merupakan putri vokalis Aerosmith, Steven Tyler) serta banyak lagi.

9. Se7en (1995)

Sumber: BlckLst

Ini film yang bikin ‘gila’. Maksud saya… siapa yang bisa melupakan teriakan dramatis penuh keputus asaan “What’s in the box?!” di ending film? Film thriller keren ini bercerita tentang perburuan pembunuh serial yang menghabisi korban-korbannya dengan berdasarkan Tujuh Dosa Besar Manusia atau ‘Seven Deadly Sins’. Dibintangi oleh Brad Pitt, Morgan Freeman serta Kevin Spacey.

10. The Sixth Sense (1999)

Sumber: Listal

“I see dead people”. “Saya melihat orang yang sudah mati”. Quote terkenal dari film ini begitu populer. Film horor The Sixth Sense dibuat oleh sutradara M. Night Shyamalan dengan pemeran utama Bruce Willis dan aktor muda berbakat Haley Joel Osment. Film ini bahkan cocok juga buat ditonton oleh orang yang secara umum tidak suka dengan genre horor. Seperti saya.

BONUS

Men in Black  (1997)

Sumber: Pinterest

Aksi. Komedi. Aliens. Kombinasi asik untuk sebuah film yang bercerita soal dua agen rahasia negara yang mengurusi soal aliens yang ada di atas planet Bumi. Chemistry antara aktor Tommy Lee Jones dengan Will Smith di film ini sangat bagus hingga Men in Black dibuat sampai dalam format trilogi.

Ada banyak lagi film di era 90an yang masih layak untuk ditonton di masa sekarang. Film apa yang jadi pilihan kamu? Bisa tulis di kolom komentar jika ada, ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Ario Anindito (instagram.com/arioanin)

Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

komik, dunia komik, komikus, baca komik.. more

Kontrol Analog Vainglory Ternyata Nggak Sekedar Niru Mobile Legends dan AoV!

Setelah Mobile Legends dan Arena of Valor, sekarang giliran Vainglory yang dapat panggilan beken "MOBA kok analog?".. more

Sumber gambar: rollingstone.com

Animal Crossing Pocket Camp: Game Nintendo Untuk Smartphone Setelah Mario Run!

Ucapkan selamat datang pada Animal Crossing: Pocket Camp!.. more

(Sumber gambar: Take-Two Interactive / GTA V)

Akhir Balada Tuntutan Hukum Lindsay Lohan Pada Game GTA V?

Baru-baru ini lagi tenar kasus Lindsay Lohan yang menuntut publisher game “GTA V / Grand Theft Auto 5 karena menggunak.. more

(CIAYO Comics)

Setahun Perjalanan CIAYO Comics

Setahun sudah, CIAYO Comics sebagai platform komik digital Indonesia hadir dengan deretan komik-komik favorit. Para peci.. more