Ratu J-Pop, Utada Hikaru Bercerai!

5 months ago
Sumber gambar: Muumuse

Ada yang masih perlu diperkenalkan dengan sosok diva penyanyi Jepang Utada Hikaru?

Saat arus budaya  J-Pop mulai kencang memasuki Indonesia di awal-awal millennium, penyanyi Jepang Utada Hikaru bersama musisi lain seperti Toshi Kubota, Ayumi Hamasaki hingga J-Rock band L’arc~en~ciel mulai menyapa penggemar musik di Indonesia dan membangun reputasi masing-masing di kalangan fans.

Penggemar Utada Hikaru di Indonesia bisa jadi pertama kali mengenal penyanyi ini lewat single dan video klip debut monumental dirinya yang berjudul “Automatic”.

Utada Hikaru – Automatic. (Sumber: YouTube)

Utada Hikaru – Automatic. (Sumber: YouTube)

Tentu kalau mau jujur, video klip Automatic itu sama sekali tidak keren. Bahkan untuk standard video klip musik era awal millennium sekalipun!

Tapi lagu ini (dan album “First Love”, yang rilis tahun 1999) sangat memorable karena merupakan debut Utada Hikaru di blantika musik J-Pop. Jika membicarakan soal karir musik seorang Utada Hikaru, maka single Automatic harus ada di dalam pembicaraan. Lagu bernuansa R&B ini menunjukkan kualitas vokal prima dari seorang Utada Hikaru. Video klip untuk single ini disutradarai oleh Tomu Izawa. Konsepnya sederhana (bahkan terlalu sederhana) sehingga relatif tidak begitu menarik untuk dilihat. Tapi itu menurut saya, lho.

PV Utada Hikaru – Automatic:

Karir bermusik Utada Hikaru termasuk sangat baik.

Penyanyi kelahiran 1983 di Manhattan, New York Amerika Serikat ini lahir dengan DNA musik di tubuh. Ayahnya adalah seorang produser rekaman bernama Utada Teruzane, sementara ibunya merupakan penyanyi enka (genre musik tradisional terkenal di Jepang) Abe Junko alias Fuji Keiko.

Terbiasa menulis dan bereksperimen dengan musik, karir bermusik Hikaru bahkan sudah dimulai sebelum album debutnya “First Love” lahir di pasaran. Sempat mengadopsi nama panggung ‘Cubic U’, Hikaru merilis debut album berbahasa Inggris “Precious” di bawah naungan label Toshiba-EMI awal 1998. Sayang album tersebut kurang sukses di pasaran dan gagal mengangkatnya di puncak.

Album “debut” Utada Hikaru. (Sumber: CdandLP)

Album “debut” Utada Hikaru. (Sumber: CdandLP)

Tidak kapok, Hikaru kemudian merilis album baru dengan rebranding nama dan tema (kali ini menggunakan nama asli dan lebih upbeat R&B). Dan sukses. Dengan single “Automatic”, “Time Will Tell” & “Movin’ On Without You” album First Love – Utada Hikaru bahkan dinobatkan sebagai Best Selling Album sepanjang tahun 1999.

Album debut Utada Hikaru. (Sumber: Amazon)

Album debut Utada Hikaru. (Sumber: Amazon)

Bagaimana dengan album-album berikutnya?

Tentu saja tidak mengecewakan. Ada enam album berbahasa Jepang dan tiga album berbahasa Inggris (termasuk album “Precious”) dibuat. Mulai dari album penerus First Love berjudul “Distance” (2001) hingga “Fantome” (2016), Utada Hikaru sukses mencetak kesuksesan demi kesuksesan. Beberapa single dia juga digunakan untuk soundtrack ataupun lagu tema. Salah satu yang paling mudah dikenali dan di ingat mungkin “Hikari / Simple and Clean”, yang jadi opening song game kolaborasi antara Disney dengan Square Enix “Kingdom Hearts”.

MV Simple and Clean:

Utada Hikaru bahkan akhirnya jadi bagian penting tidak terpisahkan dari Kingdom Hearts, karena di game Kingdom Hearts II lagu yang digunakan sebagai intro adalah single Utada Hikaru lainnya yang berjudul “Passion / Sanctuary”.

MV Sanctuary:

Sementara di game Kingdom Hearts III (yang belum dirilis ke pasaran tapi direncanakan untuk tahun 2018) akan memakai lagu tema dari single Utada Hikaru yang berjudul “Don’t Think Twice”.

Trailer Don’t Think Twice:

Dengan berbagai prestasi, accolades maupun pencapaian di bidang musik, sayangnya kehidupan pribadi Utada Hikaru penuh dengan gelombang.

Sebelum rilis album ketiga, “Deep River” (2002), Utada Hikaru didiagnosa mengalami tumor rahim. Tapi dia berhasil melewatinya. Di tahun yang sama Hikaru menikah dengan Kazuaki Kiriya, seorang sutradara film. Sayang pernikahan mereka tidak bertahan lama karena pada Maret 2007 keduanya bercerai.

Kazuaki Kiriya. (Sumber: Wikipedia)

Kazuaki Kiriya. (Sumber: Wikipedia)

Di tahun 2013, ibunda Utada Hikaru diduga tewas bunuh diri akibat jatuh dari lantai 13 kondominium di Shinjuku, Tokyo Jepang. Tidak ada pesan bunuh diri ditemukan saat itu walau sandalnya ditemukan ada di pinggiran balkon kondominium; menunjukkan sebuah aksi melompat. Atau terjatuh? Tidak pernah terungkap dengan jelas penyebab tewasnya beliau.

Ibu & anak saat di usia yang sama. (Sumber: YouTube)

Ibu & anak saat di usia yang sama. (Sumber: YouTube)

Di tahun 2014 Utada Hikaru mengumumkan kalau dia akan menikah dan meminta agar media serta fans menghormati privasinya. Pria itu, seorang bartender hotel di London bernama Francesco Calianno. Mereka menikah pada 23 Mei 2014 dan dikaruniai seorang putra yang lahir pada tahun 2015.

Label rekaman Utada Hikaru, Epic Records Japan, pada tanggal 7 April 2018 kemarin mengumumkan kalau Utada Hikaru sudah bercerai dari suaminya. Tidak ada keterangan tentang alasan perceraian.

Terkini, Utada Hikaru dijadwalkan akan mengisi lagu untuk J-Dorama terbaru “Boys Over Flowers” Season 2 yang akan tayang premiere 17 April 2018.

Hana Yori Dango season baru! (Sumber : Wikia)

Hana Yori Dango season baru! (Sumber : Wikia)

Semoga Utada Hikaru tetap dapat memberikan karya-karya bermusiknya untuk para fans dan dunia J-Pop Music. Dan semoga dia dapat menemukan kebahagiaan sejatinya kelak.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Misteri Karakter Ketiga Devil May Cry 5

Menurut penuturan dari Hideaki Itsuno selaku pembuat game Devil May Cry 5, pemain bakal memainkan 3 karakter dalam game .. more

Sumber: Bonenkai Festival

Bonenkai Festival 12th Akan Kembali Menyapa Warga Bogor

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor (STP Bogor) dan Lembaga Keterampilan dan Pelatihan - Bogor Hospitality Initiative (LKP-B.. more

Fan Work Berupa Lagu dari Adriana Figueroa!

Biasanya ketika mendengar kata fan work, pikiran kita akan tertuju pada tulisan berupa fan fiction, gambar berupa komik .. more

Komik-Komik Kocak Ini Dijamin Bisa Menghibur Kamu

Ada yang bilang kalau tertawa itu adalah dan akan selalu jadi terapi yang paling baik. Yang bisa bikin kita tertawa pun .. more

Liputan: CIAYO Bagi Takjil #UntukSemua

Seperti yang sudah diberitakan, bahwa CIAYO Comics Situs Baca Komik Online Indonesia bakalan bagi-bagi takjil gratis unt.. more