Ratusan Anime Rilis Tiap Tahun, Tapi Studio Anime Tetap Merugi

1 month ago
Badan riset Teikoku Databank merilis penelitian bahwa di tahun 2019 ini, 30% dari 256 studio anime di Jepang mengalami kerugian.

Semakin kemari, rasanya ada semakin banyak anime yang dirilis setiap tahunnya. Setidaknya dalam tiga tahun terakhir, ada 160-an judul anime yang tayang di TV, internet, atau bioskop. Jumlah yang signifikan tersebut tentu memberi gambaran bahwa bisnis anime sedang berkembang pesat, kan? Meski demikian, sayangnya studio anime tidak merasakan dampak dari hal tersebut.

Dilaporkan oleh badan riset finansial Teikoku Databank, mereka menemukan bahwa setidaknya 30% studio anime merugi di tahun 2018 lalu. Persentase 30% ini meningkat dalam 3 tahun terakhir dan merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir. Selain itu tercatat ada sekitar 23% perusahaan melaporkan penurunan pendapatan sementara sekitar 34% lainnya mencatat peningkatan pemasukan.

Studio anime PA Works. Sumber: Kotaku
Studio anime PA Works. Sumber: Kotaku

Teikoku Databank mengumpulkan data dari 256 perusahaan anime Jepang. 90% diantaranya bermarkas di Tokyo, 32,4% memiliki jumlah pegawai lima orang atau kurang, dan 34% diantaranya memiliki jumlah pegawai sekitar 6-20 orang. Dari 256 perusahaan tersebut, 60,1% merupakan perusahaan kecil dengan omset kurang dari 300 juta Yen.

Sebagai gambaran, pada tahun 2018 lalu industri anime Jepang mendapat untung 213 miliar Yen. Ini adalah tahun ke-8 industri anime menciptakan rekor berturut-turut sejak tahun 2011. Alasannya menurut Teikoku Databank, karena perusahaan anime besar mampu mengamankan sumber daya dan menggenjot volume produksi anime meskipun dibatasi jumlah tenaga kerja yang minim serta biaya outsourcing yang mahal.

Baca Juga: Intip Anime Fall 2019 Yang Akan tayang Dalam Waktu Dekat Ini

Studio anime Polygon Pictures. Sumber: Gamer
Studio anime Polygon Pictures. Sumber: Gamer

Sementara itu, pemasukan rata-rata per studio anime di tahun 2018 adalah sekitar 843 juta Yen; naik 8,1% dari tahun lalu. Rekor tertinggi adalah 992 juta Yen di tahun 2007; jumlah ini terus menurun karena munculnya berbagai perusahaan startup serta outsourcing produksi anime ke studio di luar Jepang.

Teikoku Databank juga memberi catatan bahwa 6 perusahaan yang mereka survei telah bangkrut di tahun 2018. Selain itu, 6 perusahaan lainnya ditutup atau dilebur dengan studio lain. Alasannya adalah karena menurunnya harga proyek, naiknya upah pekerja yang jumlahnya terbatas, naiknya biaya subkontraktor, serta kurangnya pemasukan.

Studio anime Production IG. Sumber: Yuuzhan444
Studio anime Production IG. Sumber: Yuuzhan444

Dari tahun ke tahun, permasalahan di industri anime masih tetap sama. Para animator dan pekerja lainnya harus mengimbangi volume produksi anime yang semakin bertambah tiap tahunnya. Masalahnya, mereka pun tidak mendapatkan upah yang layak. Meskipun pendapatan total industri anime meningkat tiap tahun, hanya sebagian kecil yang kembali ke studio anime karena sebagian besarnya menjadi bagian perusahaan lain yang terlibat seperti distributor, stasiun TV, label musik, dan lain-lain.

Adakah cara lain untuk mengubah situasi ini? Mungkin pihak-pihak yang terlibat dalam industri anime harus mencoba memahami situasi saat ini dan bersama-sama mencari jalan untuk menemukan solusinya. Studio anime dan perusahaan lainnya membentuk komite produksi anime untuk meminimalisir kerugian dalam proyek anime, rasanya sah pula jika perusahaan-perusahaan ini berkumpul untuk memperbaiki situasi industri. Jika tidak, industri anime akan terus lebih besar pasak daripada tiangnya.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Maggio Phil

Maggio: Cosplayer yang Bangkitkan Sosok Duke Nukem

Bro sis masih ingat sama Duke Nukem? Nah, pas di Indonesia Comic Con 2017, Chika berhasil bertemu dengan cosplayer Duke .. more

Rage in Peace: Game Platformer Dengan Berbagai Cara Untuk Mati!

Toge Productions dan Rolling Glory mengenalkan game Rage in Peace, platformer dimana bro sis bisa merasakan berbagai car.. more

CIAYO Comics One Shot Challenge Diperpanjang Guys!

CIAYO Comics One Shot Challenge diperpanjang, guys!!! Buruan bikin komiknya dan submit!.. more

00-d-bosan-menjadi-otaku

Bosan Menjadi Otaku? Ini 10 Tanda-tandanya!

Setiap orang pasti pernah merasa jenuh. Bagi para otaku, ada saatnya mereka bosan menjadi otaku. Ini adalah 10 tanda-tan.. more

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away yang Harus Kamu Tau!

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more