Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

6 months ago
Sumber: youtube.com

Oleh: @Helloditta

Kalau kalian suka sama pop culture dari mulai tahun 80an, sudah pasti bakal suka sama film baru tayang ini, judulnya “Ready Player One“! Film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Ernest Cline ini menyimpan banyak sekali easter egg dari pop culture! Ada easter egg dan referensi dari musik, game, film, tv series dan buku!

Sumber: Youtube.com

Sumber: Youtube.com

Ceritanya sendiri mengambil latar di tahun 2045, di mana masyarakatnya menjadi Dystophia. Banyak orang menghabiskan waktu mereka untuk online di suatu tempat bernama OASIS melalui sebuah perangkat Virtual Reality. Di mana kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

OASIS diciptakan oleh James Halliday. yang saat meninggal menyebarkan video wasiat bahwa dia meninggalkan sebuah treasure hunt di OASIS. Nah, jika ada yang berhasil menyelesaikan 3 game utamanya, maka dia berhak mendapatkan seluruh warisan James Halliday.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Film ini dibintangi oleh Tye Sheridan yang berperan sebagai Wade Watts, seorang anak yang tinggal di perkampungan kumuh bersama adik dari ibunya. Gak heran kalau dia sangat kecanduan pada OASIS. Saat log in ke OASIS, dia memiliki avatar bernama “Parzival”.

Di OASIS dia berteman dengan player bernama “Ache”. Gak hanya itu, dia juga bertemu player perempuan dengan nickname “Art3mis”. Ada juga dua player lain dengan nickname “Sho” dan “Daito” yang juga bergabung bersama Wade.

Sumber: www.esquire.com

Sumber: www.esquire.com

Wade atau Parzival dengan teman-temannya menjadi Gunter atau pemburu harta karun dengan memainkan games di OASIS. Mereka mencoba memecahkan berbagai petunjuk yang ditinggalkan James Halliway di setiap game.

Sayangnya, ada sebuah perusahaan bernama IOI (Innovative Online Industry) yang dipimpin Nolan Sorrento (Ben Mendelsohn). Dia berusaha dengan berbagai cara curang, hingga mengancam dan menggagalkan Wade dan timnya mendapatkan harta karun itu.

OASIS diciptakan dengan banyak refrensi pop culture dari masa kecil Halliday. Jadi buat kalian yang suka banget pop culture, sudah pasti bakal seneng banget deh nostalgia masa kecil lewat film, ini!

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Hampir sebagian besar film ini mengambil latar di OASIS dibanding di dunia nyata. Tapi tetap enggak mengurangi kerennya film ini. Soalnya setiap scene disuguhi banyak sekali refrensi pop culture!

Seperti motor Akira dari anime “Akira” yang dipakai oleh “Art3mis”, juga mobil DeLorean time machine dari “back to the future” yang dipakai oleh Parzival. Sebenarnya sejak tahun lalu, sudah banyak pop culture easter egg yang dikasih lihat di trailer filmnya saat muncul.  Tapi di filmnya, kamu akan dapat lebih banyak lagi!

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Psst, bukan cuma pop culture dari tahun 80-an, loh! Ada juga banyak pop culture dari jaman sekarang. Seperti karakter dari game “Overwatch“! Film Spielberg ini memang sejak awal banyak menarik minat para penonton. Kemunculan karakter video game yang cukup banyak, menjadi gaya tarik tersendiri.  Sejauh ini “Ready Player One” berhasil membawa banyak pesan bagus serta eksekusi visual yang luar biasa.

So, tunggu apalagi? Yuk, cari banyak easter egg di “Ready Player One“! Filmnya ini sudah mulai rilis di Indonesia dari tanggal 28 Maret 2018. Jadi sudah siap masuk ke OASIS?

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

The Fate of the Furious (Fast and Furious 8) Hambar Tanpa Paul Walker

The Fate of the Furious yang tak lain merupakan seri dari Fast and Furious ke-8, kabarnya merupakan awal dari trilogy ya.. more

Sumber : Whoa

April Mop? Beberapa Trik ini Bisa Kamu Coba, Lho!

Tanggal 1 April diperingati sebagai hari perayaan April Mop. Tapi kalian tau sejarahnya, gak sih?.. more

Jasmine Surkatty

Jasmine Surkatty, Sosok Kartini Muda yang Menggugah Hati Lewat Komik

"I don’t want to just make stories, I want to make history”. Begitulah yang dikatakan oleh Jasmine Surkatty... more

Sumber: cewekbanget.id

Serbuan Comeback Para Penyanyi Korea Yang Patut Kamu Nanti!

Awal tahun 2018 sepertinya menjadi waktu yang pas buat para penyanyi Korea, baik itu solo, boy/girlband dan juga grup ba.. more

Sumber: The A.V. Club

Kontroversi Disney dan Mental Korporat Raksasa

Hanya dalam satu minggu saja, perusahaan hiburan raksasa Disney mencoreng namanya sendiri dengan tinta Cina yang meluber.. more