Makna Tersembunyi Dalam Film Ready Player One

3 months ago
Sumber: youtube.com

Teman-teman tentunya sudah menonton film Ready Player One, kan? Tapi tahu nggak, kalau sebenarnya film ini memiliki beberapa makna tersembunyi. Apa saja makna tersembunyi tersebut? Mari kita ulas satu per satu.

Oasis

ready player one

Sumber: Pinterest

Oasis adalah sebuah game MMORPG yang diciptakan oleh James Halliday. Dalam Oasis, semua orang bisa menjadi siapa saja dan bahkan apa saja yang mereka mau. Mereka dapat melakukan apa pun yang mereka mau di dalam game tersebut. Akan tetapi, jika seseorang kalah dalam sebuah permainan Oasis secara berturut-turut, maka orang itu akan kehilangan segalanya.

Hal ini menjelaskan bahwa Oasis merupakan sebuah permainan virtual yang bisa mengalahkan kenikmatan dunia nyata, dan membuat manusia beralih ke kehidupan virtual alih-alih menjalani kehidupan di dunia nyata.

Keadaan Dunia

Sumber: Just Jared

Sumber: Just Jared

Kenapa orang-orang lebih suka bermain Oasis dibanding belajar atau bekerja? Keadaan dunia dalam film Ready player One secara langsung menjelaskan bahwa industri game saat itu telah membelit berbagai aspek dunia nyata. Jumlah orang yang bermain game dengan jumlah orang yang bekerja mereka terpaut sangat besar. Mereka lebih betah mencari easter egg dalam Oasis ketimbang mencari uang dan makanan karena dunia nyata sangat tidak nyaman dijalani dibandingkan dunia virtual.

Easter Egg

Sumber: imdb

Sumber: imdb

Berikutnya adalah easter egg yang jadi benda paling dicari dalam Oasis. Sebenarnya harta karun terakhir Oasis ini bukanlah telur emas seperti yang diperlihatkan, melainkan pesan terakhir yang disampaikan oleh James Halliday, pencipta Oasis. Ia menciptakan Oasis karena ia tak merasa nyaman menjalani kehidupan di dunia nyata. Setelah bertahun-tahun lari ke dalam Oasis hingga ajal menjemputnya, Halliday baru menyadari bahwa senyaman apapun kehidupan di Oasis, semua orang tetap harus kembali ke dunia nyata, karena itulah dunia yang benar-benar kita tinggali.

Easter egg yang sebenarnya adalah mereka yang mampu memahami tujuan dan jalan pikiran dari James Halliday. Mereka yang mampu memahami hal tersebut berarti berhasil mendapatkan imbalan dari perburuan easter egg tersebut, yaitu kontrol penuh atas seluruh isi Oasis.

Kunci Easter Egg

Sumber: KUTV

Sumber: KUTV

Untuk medapatkan easter egg, gamer Oasis harus mencari tiga kunci yang tersembunyi di dalam Oasis. Cara-cara mendapatkan ketiga kunci itu pun memiliki makna tersembunyi.

Cara mendapatkan kunci pertama memiliki makna tersembunyi, yaitu dengan berpikir secara “out of the box.” Buktinya adalah bagaimana cara si tokoh utama Parzival memenangkan balapan dengan mengemudikan mobilnya secara mundur. Hal ini tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang, kan?

Cara mendapatkan kunci kedua memiliki makna, untuk menghadapi semua rintangan yang ada termasuk ketakutan kita sendiri. Salah satu hal yang mendukung teori ini adalah lokasi kunci kedua dalam wahana film The Shining, serta asumsi Parzival bahwa tantangan kedua melambangkan penyesalan Halliday karena tidak mengajak kencan perempuan yang ia suka.

Kunci yang ketiga bermakna bahwa kesuksesan bukan selalu tentang tujuan akhir, melainkan proses untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Dalam film ini, kunci terakhir tersembunyi dalam game Atari 2600 berjudul Adventure. Banyak pemain yang mampu menyelesaikan game tersebut, namun tetap gagal. Berbeda dengan Parzival, ia justru memainkan game dalam tantangan tersebut tanpa terburu-buru dan berusaha untuk menikmati game tersebut. Terungkap bahwa untuk mendapatkan kunci ketiga itu, Parzival hanya perlu menemukan easter egg dalam game tersebut.

James Halliday

Sumber: Comic Vine

Sumber: Comic Vine

Sosok James Halliday menyiratkan bahwa bahkan orang sesukses Halliday yang berhasil menciptakan game super populer dan mampu mengubah tatanan dunia ini tak selalu hidup dalam kenyamanan dan kemewahan. Dalam menciptakan Oasis, ada banyak hal yang harus dikorbankan Halliday. Contohnya adalah dengan membiarkan kekasihnya menikah dengan teman dekatnya, hingga mengusir rekan seperjuangannya, Ogden Morrow.

Dalam kesuksesannya, Halliday justru merasa hampa. Meskipun ia mampu mengendalikan seluruh dunia lewat gamenya, Halliday tetap merasa kesepian tanpa ada yang bisa memahami niatannya.

Nolan Sorrento

Sumber: imdb

Sumber: imdb

Nolan Sorrento adalah antagonis utama dalam film ini. Ia adalah pemilik perusahaan IOI yang mempekerjakan orang-orang untuk menemukan easter egg bagi dirinya sendiri. Pesan yang disampaikan oleh karakter ini adalah orang yang malas, tapi memiliki banyak uang, cenderung memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa pun yang mereka mau.

Steven Spielberg

Sumber: imdb

Sumber: imdb

Jika kamu memperhatikan dengan cermat, ikon pop culture yang paling menonjol dalam film tersebut beberapa diantaranya berasal dari karya Steven Spielberg. Contoh lihat saja mobil yang digunakan oleh Parzival dalam Oasis adalah DeLorean DMC-12 yang terkenal lewat film Back to the Future. Ada lagi T-rex yang muncul di tantangan kunci pertama, yang punya rupa dan suara yang sama dengan T-rex di film Jurassic Park.

About Author

Daniel

Daniel

Punya hobi menulis dan mengarang cerita dan berbagai macam artikel yang berhubungan dengan film, game , anime, komik dan manga. Facebook : devius darker Email : danieldragunof@yahoo.com/xenomzamiel666@gmail.com Instagram : @zaraelzeronyx

Comments

Most
Popular

The Great Wave off Kanagawa by Katsushika Hokusai. (Sumber: wikipedia)

The Great Wave off Kanagawa, Karya Seniman Hokusai yang Mendunia

Siapa sih yang gak pernah melihat karya seni dari Katsushika Hokusai yang bernama “The Great Wave off Kanagawa”? Kar.. more

Mobil Bruce Wayne di Justice League Ini Hanya Bisa Dikemudikan di Video Game! Hanya Satu di Dunia!

Bruce Wayne, miliuner rangkap superhero serba bisa, membayar Mercedes-Benz untuk mewujudkan mimpinya mengemudikan mobil-.. more

Mighty Morphin Power Rangers - Hendry Prasetya

Power Rangers Buatan Indonesia. Seriously?

Siapa di sini yang nggak kenal Power Rangers? Ternyata komiknya dibikin sama orang Indonesia... more

CHIPS: Monster Tap

12 Game ini Terpilih Untuk Tampil di Archipelageek, POPCON Asia 2017

Di pertengahan bulan Juli 2017 lalu, Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama dengan BEKRAF mengundang para developer Indon.. more