Re:Creators, Ketika Author Benar-benar menjadi Tuhan atas Segala Karyanya

4 months ago
Sumber: youtube.com

“Penulis adalah Tuhan bagi karya yang diciptakannya.”

Apa kalian pernah mendengar ungkapan itu? Entah siapa yang pertama kali menggunakannya, tetapi ada benarnya jika ditelaah lebih jauh. Seorang penulis memang berkuasa penuh atas segala tulisan yang dia hasilkan. Kalau subjeknya diperluas maka hal itu tidak berlaku untuk penulis juga. Bisa untuk komikus, ilustrator, animator, ataupun para penggiat karya lainnya. Maka ungkapannya pun bisa berubah sesuai dengan kondisi.

Anime Re:Creators mencoba menggambarkan ungkapan itu dengan lebih detail. Jika kalian belum menontonnya, Re:Creator bercerita tentang para pekerja kreatif yang menciptakan cerita dalam berbagai bentuk, mulai dari manga, light novel, anime, hingga game, dengan dunia masing-masing. Kejutan muncul ketika karakter-karakter itu muncul di dunia nyata.

Re:Creators (Sumber: myanimelist.net)

Re:Creators (Sumber: myanimelist.net)

Cerita berawal dari seorang remaja bernama Souta Mizushino, yang ingin menjadi seorang author dengan menulis dan menjadi ilustrator untuk light novel buatannya. Suatu ketika, dia sedang menonton anime untuk mencari inspirasi, namun tubuhnya berpindah hingga masuk ke dalam anime itu, walaupun hanya untuk beberapa saat. Begitu dia kembali ke dunia nyata, dia baru menyadari kalau tokoh utama wanita dalam anime itu, Selesia Upitiria, ikut dengannya ke dunia nyata!

Dalam waktu yang relatif singkat, berbagai karakter fiktif ikut bermunculan di dunia nyata. Ksatria berkuda, gadis penyihir, pilot mecha, dan karakter lain mendatangi Tokyo, tempat dimana Souta tinggal. Namun yang paling misterius adalah sosok wanita berpakaian militer, yang ternyata mengetahui kalau dunia ini adalah dunianya para kreator dan dialah yang membawa berbagai macam karakter fiktif itu ke dunia nyata.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Dua kubu pun mulai terbentuk. Aliansi pertama yaitu Souta, Selesia, Meteora, dan beberapa karakter lain yang berusaha melindungi para kreator supaya bisa terus berkarya. Sementara wanita berpakaian militer, gadis penyihir, ksatria berkuda, dan beberapa karakter bergabung dalam usahanya mengubah jalan cerita dalam dunia yang mereka punya, meski wanita berpakaian militer, yang belakangan diketahui bernama Altair, memiliki misi terselubung untuk menghancurkan dunia para kreator karena kreator dirinya bunuh diri akibat tidak tahan menghadapi bully dari kreator-kreator lain yang iri dengan talentanya.

Serial anime sejumlah 22-episode ini tak hanya mengisahkan aksi pertarungan antar 2 kubu saja, tetapi ada pula satu karakter fiktif yang mengganggu kedua belah pihak karena sanggup mengadu domba mereka.

Konflik antar kedua kubu semakin panas tatkala Mamika, si gadis penyihir, mati oleh Altair walau sempat melarikan diri. Magane, karakter fiktif pengadu domba, menyaksikan saat-saat terakhir Mamika dan mendengarkan pesan terakhirnya. Namun, dia menggunakan kata-kata yang tidak terlalu jelas sehingga Alicetaria, ksatria berkuda teman dari Mamika, salah paham dan menganggap Meteora, si petugas perpustakaan, yang membunuh temannya itu.

Tak melulu serius, unsur komedi juga dimasukkan di dalamnya. Kehadiran Hoshikawa Hikayu, karakter wanita dari game dating simulation di episode 15 pun menambah unsur segar. Ketika yang lain menganggap kalau dia tidak bisa apa-apa, justru dialah yang membangkitkan semangat bertarung teman-temannya yang hampir kalah.

Selesia, hero wanita yang bisa galau kala bertemu pria yang dicintainya (Sumber: youtube.com)

Selesia, hero wanita yang bisa galau kala bertemu pria yang dicintainya (Sumber: youtube.com)

Jika kalian menyukai manga, light novel, anime, ataupun game, pasti dengan cepat beradaptasi dengan berbagai karakter dengan karakterisasi unik dalam anime ini. Selesia misalnya, karakter utama dalam anime action Elemental Symphony of Vogelchevalier ini memiliki jiwa pejuang yang pantang menyerah dan memiliki sisi humoris. Dia juga seorang ahli pedang dan memiliki kemampuan untuk terbang. Kemampuan terbaiknya muncul kala dia mengendalikan mecha yang bernama Vogelchevalier.

Meteora, ratu taktik dalam anime Re:Creators (Sumber: youtube.com)

Meteora, ratu taktik dalam anime Re:Creators (Sumber: youtube.com)

Ada pula Meteora Osterreich, petugas perpustakaan dari game RPG Avalken of Reminisce, yang digambarkan sebagai seorang yang cerdas, pendiam, dan stoik. Cara bicaranya selalu datar. Kemampuannya termasuk paling penting dalam anime ini, apalagi dia berperan sebagai otak dari aliansi yang tergabung bersama pemerintahan. Kemampuan bertahannya dengan perisai magis sungguh mengagumkan meski dia tidak memiliki kekuatan serangan yang bisa dibanggakan.

Kanoya Rui, Pilot muda pengendali mecha yang pintar beradaptasi (Sumber: myanimelist.nets)

Kanoya Rui, Pilot muda pengendali mecha yang pintar beradaptasi (Sumber: myanimelist.nets)

Kanoya Rui, karakter fiktif paling muda yang muncul ke dunia nyata, memiliki super robot yang bisa dikendalikannya sewaktu-waktu. Kelelahan akan peperangan meskipun usianya masih 16 tahun membuat dia bertindak sesukanya ketika berada di dunia nyata, namun dia tetap bertanggung jawab akan tugasnya bersama teman-temannya di aliansi pemerintahan.

Yuuya Mirokuji (Sumber: myanimelist.net)

Yuuya Mirokuji (Sumber: myanimelist.net)

Jika karakter yang muncul di anime Re:Creator mayoritas adalah karakter utama ataupun protagonis, Yuuya Mirokuji justru antagonis utama yang muncul dari manga Heisaku Underground: Dark Night. Yuuya adalah seorang yang kasar dan menyukai berkelahi, meskipun dia sebenarnya seorang yang kalem dan cukup pintar. Gaya bertarungnya menggunakan pedang kayu dan roh bernama Hangaku yang sewaktu-waktu bisa dipanggilnya. Karena dia percaya akan dirinya, hanya dia karakter yang tidak terlalu peduli akan dunianya.

Hati-hati berbicara jika berhadapan dengan Magane (Sumber: myanimelist.net)

Hati-hati berbicara jika berhadapan dengan Magane (Sumber: myanimelist.net)

Karakter antagonis lain justru memilih untuk tidak memihak kubu manapun. Magane Chikujouin, berasal dari light novel dan serial anime Yasou Kiroku. Terlihat seperti siswi SMA yang sarkastis, namun identitas sebenarnya adalah pembunuh psikopat yang senang bermain dengan perasaan orang lain.

Kemampuannya adalah membalikkan perkataan orang lain. Dengan berkata bohong, dia memanipulasi orang lain agar tidak percaya padanya. Saat itulah kekuatannya muncul dan kebohongan yang dilakukannya menjadi sebuah kebenaran.

Blitz Talker, Mamika, dan Alicetaria. Kekuatan oposisi yang berbalik menyerang Altair (Sumber: myanimelist.net)

Blitz Talker, Mamika, dan Alicetaria. Kekuatan oposisi yang berbalik menyerang Altair (Sumber: myanimelist.net)

Dari kubu oposisi ada Blitz Talker, karakter pembunuh bayaran dari anime dan manga Code Babylon, yang memiliki kemampuan untuk terbang dan pistol berpeluru special bernama gravity bomb. Ada pula Alicetaria February, ksatria wanita berkuda yang berasal dari manga bergenre fantasi yang diadaptasi dalam bentuk anime berjudul Alicetaria of the Scarlet. Dia memiliki jiwa kepahlawanan tinggi dan cepat naik darah. Dia juga berteman dengan Kirameki Mamika, karakter yang mati pertama kali, seorang gadis penyihir dengan kekuatan mematikan, tetapi lebih suka bernegosiasi daripada bertarung. Karena itu pula dia mati dibunuh Altair karena dia mengetahui rencana Altair yang sesungguhnya.

Altair, pembalasan dendam membuat dirinya membenci para kreator (Sumber: myanimelist.net)

Altair, pembalasan dendam membuat dirinya membenci para kreator (Sumber: myanimelist.net)

Karakter antagonis utama dalam anime Re:Creator adalah Altair. Dialah wanita berpakaian militer yang membawa segala karakter fiktif ke dalam dunia nyata dengan tujuan untuk menghancurkan dunia yang pernah membuat Shimazaki Setsuna, kreatornya, bunuh diri. Kemampuannya adalah berpindah ke berbagai dimensi, sehingga bisa membawa para karakter fiktif ke dunia nyata.

Souta Mizushino, selalu menganggap dirinya sumber dari segala bencana (Sumber: myanimelist.net)

Souta Mizushino, selalu menganggap dirinya sumber dari segala bencana (Sumber: myanimelist.net)

Dari sekian banyak karakter fiktif, karakter protagonis utama justru ada di tangan Souta Mizushino, siswa SMA yang kurang percaya diri dalam hal apapun, termasuk ketika mengalami art block dan menganggap dirinya masih trauma akan kehilangan Shimazaki Setsuna, temannya. Dia menganggap Setsuna bunuh diri karena dirinya tidak membantu ketika Setsuna membutuhkannya.

Kebiasaan menyalahkan diri sendiri akan segala sesuatu yang berjalan bertentangan dengan keinginan adalah sifat yang harus dihindari. Kalian pasti setuju kalau kita lebih baik terus melangkah ke depan daripada meratapi kegagalan sebelumnya. Apalagi jika berprofesi sebagai author yang harus terus berkarya demi masa depan yang lebih baik.

Jika author memiliki pengendalian penuh atas karya yang dibuatnya, hendaknya dipergunakan dengan bijak dan selalu memperbaiki diri, karena manusia akan terus berproses selagi masih hidup. Meskipun author bisa mencipta, tapi hanya Tuhan yang maha pencipta.

Dari sekian banyak karakter yang ada dalam anime Re:Creators, kalian paling suka karakter seperti apa? Kalau penulis memilih karakter seperti Yuuya Mirokuji, karena dia menerima diri sendiri apa adanya. Dia juga bertindak mengikuti kata hatinya. Kalau ada karakter dalam anime Re:Creators yang bro sis suka, komentari jawaban kalian beserta alasannya ya…

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: gamespot.com

Game Klasik Favorit “Secret of Mana” Mendapatkan Treatment Remake Modern

Mungkin karena dianggap sebagai yang paling sukses, Seiken Densetsu 2 kemudian di-remake oleh Square Enix untuk pasar RP.. more

Toge Productions

Toge Productions Borong Penghargaan Video Game Tingkat Asia Tenggara

Studio pengembang dan penerbit game asal Tangerang, Toge Productions, minggu ini pulang ke Indonesia dengan bangga sambi.. more

Sumber PCMag

Apa yang Ditawarkan Microsoft dengan Joystick Xbox untuk Difabel “Xbox Adaptive Controller” ?

Bermain game bukan sekedar monopoli kelompok manusia yang memiliki kelengkapan maupun panca indera yang komplit. Ada pul.. more

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

Thoma - Novie - Luthfi

Interview: “The High” Komik Horor Yang Bikin Geli Pembacanya

Nggak banyak yang bisa menyalurkan idealismenya lewat karya. Tapi comic writer satu ini bisa terus menuangkan imajinasin.. more