Reiwa: Era Baru Jepang dan Dampaknya Pada Kamen Rider

3 weeks ago
reiwa kamen rider

1 April biasanya identik dengan April Mop, namun tidak dengan tahun ini saat perhatian media dan masyarakat internasional fokus pada mulainya lembaran baru dalam sejarah Jepang: era Reiwa.

Setelah 31 tahun menjalani era yang disebut Heisei di bawah pimpinan kaisar Akihito, Jepang kini bersiap menyongsong era baru yang kini disebut sebagai Reiwa. Pergantian era ini menyusul dengan turun takhtanya kaisar Akihito yang akan digantikan oleh pangeran Naruhito.

Nama Reiwa diungkap pada tanggal 1 April lalu. Sumber: Nikkei
Nama Reiwa diungkap pada tanggal 1 April lalu. Sumber: Nikkei

“Beberapa saat lalu, pemerintah memutuskan dalam rapat kabinet mengenai nama era baru dan cara mengucapkannya,” ujar Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga. Pengumuman tersebut kemudian disambung dengan diangkatnya papan kaligrafi yang menampilkan tulisan kanji Reiwa.

Nama Reiwa sendiri terdiri dari dua huruf kanji. Rei (令) memiliki makna ganda, yaitu peruntungan baik dan perintah. Sementara kanji wa (和) juga memiliki makna lembut, damai, dan harmoni. Jika dijadikan satu kata, maka akan memiliki makna “perdamaian di mana pun.”

Kaisar Akihito (kanan) dan pangeran Naruhito. Sumber: The Christian Science Monitor
Kaisar Akihito (kanan) dan pangeran Naruhito. Sumber: The Christian Science Monitor

Turunnya kaisar Akihito merupakan sebuah kejadian penting karena dalam dua abad terakhir, kaisar Akihito jadi yang pertama untuk turun takhta secara sukarela. Alasan beliau mengundurkan diri adalah karena faktor kesehatan. Ia takut tidak bisa menjalankan tugas negara jika harus terus dirawat. Sebelumnya kaisar Akihito menjalani perawatan untuk kanker prostat serta jantungnya.

Kaisar Akihito sendiri bukan seorang yang haus akan perhatian. Bertahun-tahun sejak beliau memimpin era Heisei di tahun 1989, ia fokus bekerja di kediamannya dan membangun hubungan bilateral di luar negeri. Sepanjang era Heisei ada banyak kejadian penting yang dialami Jepang, mulai dari meledaknya gelembung aset hingga gempa Hanshin dan Tohoku.

Kamen Rider di Era Reiwa

Kamen Rider original dari era Showa, biasa disebut 1go. Sumber: Towards Tanduk Ion Project
Kamen Rider original dari era Showa, biasa disebut 1go. Sumber: Towards Tanduk Ion Project

Lalu, apa hubungannya pergantian era Jepang dengan pop culture? Di era modern ini, sepertinya tidak begitu banyak. Namun ada satu franchise Jepang yang sangat identik dengan perkembangan era Jepang ini: Kamen Rider.

Kamen Rider pertama muncul di era Showa, lalu kemunculan Kamen Rider Kuuga menandai dimulainya seri Kamen Rider era Heisei. Sebenarnya perbedaan antara kedua era Kamen Rider tersebut bisa dilihat dari tanggal rilis serta teknologi dan teknik sinematografi yang diusung. Tentunya semakin modern serinya, semakin oke pula ceritanya? Tidak selamanya demikian, masbro.

Kamen Rider era Showa biasanya selalu mengangkat tema identikal. Tokoh utama diculik oleh organisasi teroris dan diubah paksa menjadi “monster” (makanya desain kostumnya biasanya mirip belalang/serangga), namun dengan kekuatan barunya ia melarikan diri dan berbalik menyerang organisasi yang merubah dirinya. Bisa dilihat bahwa tema yang diusung cukup gelap dan terkesan dewasa.

20 Kamen Rider era Heisei. Sumber: The Tokusatsu Network
20 Kamen Rider era Heisei. Sumber: The Tokusatsu Network

Sementara itu, Kamen Rider era Heisei, terutama dalam 10 tahun terakhir, memiliki tema yang lebih variatif dan punya cerita yang lebih gampang dicerna anak-anak. Ambil contoh Kamen Rider Fourze yang bersetting di SMA dan mengangkat tema luar angkasa, atau Kamen Rider Ex-Aid yang bertema video game. Meski demikian, ada juga seri Kamen Rider era Heisei dengan cerita yang gelap dan sangat dewasa, seperti Kamen Rider Ryuki, Faiz, atau Amazons. Selain itu, Kamen Rider era Heisei juga memiliki banyak versi perubahan wujud Kamen Rider, biasanya menggunakan berbagai macam gadget. Hal ini ditujukan untuk mempromosikan berbagai jenis mainan Kamen Rider.

Baca Juga: 7 Seri Kamen Rider Untuk Menemani Waktu Kamu

Kamen Rider Build jadi salah satu seri Kamen Rider Heisei terpopuler. Sumber: The Lazy Media
Kamen Rider Build jadi salah satu seri Kamen Rider Heisei terpopuler. Sumber: The Lazy Media

Lantas apakah dari segi cerita, Kamen Rider era Showa jauh lebih baik? Tidak juga. Seperti disebutkan di atas, ada beberapa seri Kamen Rider era Heisei yang sama nendangnya dengan era Showa. Sementara itu, ada juga serial seperti Kamen Rider Build yang mampu memukau anak-anak serta fans dewasa. Survei yang ditujukan kepada anak-anak pada tahun 2018 menunjukkan cita-cita mereka dipengaruhi oleh pekerjaan dari tokoh utama Kamen Rider. Posisi 1 ditempati “sarjana/ilmuwan” yang merupakan profesi Sento Kiryu dari Kamen Rider Build yang tayang di tahun yang sama. Survei di tahun-tahun sebelumnya menampilkan “pemain bola” sebagai pemenang dalam 7 tahun terakhir.

Kamen Rider Zi-O jadi yang terakhir dalam era Heisei, dengan separuh isinya tayang di era Reiwa. Sumber: Aditya On Road
Kamen Rider Zi-O jadi yang terakhir dalam era Heisei, dengan separuh isinya tayang di era Reiwa. Sumber: Aditya On Road

Tahun ini, seri terbaru Kamen Rider, Kamen Rider Zi-O memasuki paruh tengah penayangannya, sementara era Reiwa akan dimulai pada tanggal 1 Mei saat pangeran Naruhito naik takhta. Pun juga seri Kamen Rider akan masuk ke era Reiwa begitu Kamen Rider Zi-O tamat di tengah tahun 2019. Sangat tepat mengingat Kamen Rider Zi-O merayakan 20 tahun seri Kamen Rider Heisei lewat sebuah crossover raksasa ala Kamen Rider Decade 10 tahun yang lalu. Kira-kira konsep atau mindset apa yang kali ini bakal diusung seri Kamen Rider era Reiwa? Mungkin kamu punya tebakannya? Beri tahu di kolom komentar!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-city-hunter

Film Anime City Hunter Kembali Hadir di Tahun 2019

Sunrise akan merilis film anime City Hunter di bulan Februari 2019. Pemeran asli City Hunter 20 tahun yang lalu akan kem.. more

00 desktop aktor jepang

Aktor-aktor Jepang Ini Tampil Mengagumkan Sebagai Karakter Anime

Bro sis penasaran nggak sih dengan aktor-aktor Jepang yang dapat kesempatan buat mengasah perannya di dunia akting, deng.. more

sumber: www.aintitcool.com

Wildling: Sebuah Urban Legend dengan Intro Terbaik dari Debut Sutradara Fritz Bohm

Wildling merupakan film horror, fantasy yang didasarkan dari sebuah urban legend... more

[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

Terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai... more

Sumber: Padepokan Ragasukma (http://ragasukma.com/komik/baca/18/judul/astra-jingga.php#pendekar-raksasa)

Astra Jingga: Mecha Raksasa Bersilat Dalam Kearifan Lokal

Di Indonesia, kita juga punya serial yang serupa. Masuklah Astra Jingga, sebuah judul komik rilisan Padepokan Ragasukma... more