Rekomendasi Anime dengan Cerita Lingkungan Bahagia

4 months ago

Anime memang memiliki tema cerita yang banyak dan luas. Mulai dari fantasi, kehidupan sehari-hari, kriminal, horror, komedia dan masih banyak lagi. Tetapi tetap saja, anime yang menceritakan kehidupan sehari-hari memiliki tempatnya tersendiri di hari para penggemar. Penulis juga termasuk salah satu penggemar tema anime ini karena ceritanya terkadang realistis, relatable dan bisa diterapkan di dunia nyata (walau nggak nyata-nyata amat sih. hehe).

Sebenarnya ada lagi alasan kenapa penulis suka dengan anime bertema kehidupan sehari-hari. Karena ceritanya yang bagus dan original. Anime bertema ini biasanya mengisahkan tentang kekeluargaan dan persahabatan yang bagus banget. Memang sih, ada juga anime bertema sama, yang banyak dibumbui *fanservice. Tetapi rata-rata yang begituan tuh suka gak jelas ceritanya dan sayangnya, jaman sekarang anime dengan tema kehidupan sehari-hari yang bahagia itu langka lho.

Sumber : twitter.com/TristanACooper

Sumber : twitter.com/TristanACooper

Nah, untuk para pembaca CIAYO Blog yang lagi bosen (atau syukur-syukur tobat. Hehe) dengan anime yang selalu ada ‘fanservice’-nya, daftar anime dibawah ini boleh kok coba ditonton. Sebenarnya sih daftarnya masih lebih panjang lagi, karena daftar di bawah ini adalah daftar anime terbaik versi penulis. Tapi nggak salah juga kan kalo coba ditonton. 🙂

Langsung saja, ini dia 5 daftar anime dengan tema lingkungan kehidupan sehari-hari yang bahagia:

1. Working!!!

Sumber : cruchyroll.com

Sumber : cruchyroll.com

Working!! (Wagnaria!!) adalah anime bertemakan restoran karya Karino Takatsu. Anime ini sudah ada sejak 2010 dan hingga hari ini, sudah total ada 4 season. Popura Taneshima yang sedikit ceroboh terus mengagumi Souta Takanashi yang selalu membantunya disetiap keadaan, khususnya di restoran. Anime yang menceritakan tentang lingkungan kerja ini memang buat hati jadi adem banget! Apalagi di scene yang karakternya saling mendukung antar kolega satu sama lain walau berbeda karakternya. Dengan bumbu komedi yang pas, membuat anime ini seolah-olah memang terjadi di sekitar kita.

2. Nichijou!!

Sumber : zerochan.net

Sumber : zerochan.net

Anime ini terkenal dengan “Selamat Pagi” dan “Sepak Takraw” nya.  Anime karya Keiichi Arawi ini menceritakan tentang persahabatan para cewek di masa-masa sekolah. Anime yang dibumbui komedi yang jempolan ini mengisahkan persahabatan Yuko Aioi, Mio Naganohara, dam Mai Minakami di sekolah dan kehidupan sehari-hari Nano Shinonome dengan professor dan kucingnya.

Yang membuat penulis suka dengan anime ini adalah Keiichi-san nggak ngebuang tenaganya untuk artwork karakter yang bagus. Tetapi, lebih ke efek-efek yang memperjelas situasi apa yang terjadi di dalam ceritanya, contohnya (spoiler alert! ) pas adegan kepala sekolah gulat dengan rusa (spoiler end), dijamin kalian ngakak deh akan adegan absurd itu! Buat para penggemar anime yang lagi stress atau sudah lama tidak pernah tertawa, coba aja nonton Nichijou!!. Lumayan bikin kenceng otot pipi. Hehe

3. Danshi No Nichijou!!

Sumber : honeyfeed.fm

Sumber : honeyfeed.fm

Yup, Nichijou lagi nih. Tetapi, kali ini menceritakan tentang kehidupan cowok di masa-masa sekolah. Oh iya, meski judul dan temanya hampir sama, tapi pengarangnya berbeda dengan Nichijou!!. Anime karya Yasunobu Yamauchi ini menceritakan tentang persahabatan Tadakuni, Hidenori Tabata, dan Yoshitake Tanaka. Mereka semua adalah penggemar game JRPG. Dibandingkan dengan cerita di Nichijou!!, Danshi Nichijou memiliki alur cerita yang cepat dan Yamauchi-san memberikan sedikit cerita tentang gengsi lelaki di dalamnya (cowok memang gengsian sih, hehe). Kalau dibandingkan sama Nichijou!! genre komedinya memang berbeda sih, tetapi sama sama lucu kok.

Tetapi beneran lho. Kalo pembaca nggak cerita ngalamin kayak gini di masa sekolahnya, berarti hidup pembaca sia-sia deh masa sekolahnya. Hahaha.

4. Amaama to Inazuma

Sumber : tvtropes.org

Sumber : tvtropes.org

Anime karya Gido Amagakure ini menceritakan kisah Kōhei Inuzuka, seorang guru dan seorang ayah dari anaknya Tsumugi Inuzuka yang berusia 3 tahun. Walau sudah lama menjadi guru sekolah SMA, Kohei Inuzuka baru sadar jika Kotori Iida adalah siswanya. Kōhei yang tidak pandai memasak sehingga seringkali memberikan Tsumugi Inuzuka makanan instan. Karena khawatir dengan kesehatan nutrisi Tsumugi, Kotori Iida memohon kepada Kohei Inuzuka membuat makanan untuk Tsumugi. Walaupun Kotori Iida ternyata tidak fasih memasak, tetapi dengan bantuan buku catatan yang dibuatkan oleh ibunya dan Kōhei Inuzuka, Iida perlahan semakin cekatan dan dekat dengan keluarga Inuzuka.

Anime ini menceritakan kepedulian seorang ayah dan kelucuan seorang anak berusia 3 tahun. Tsumugi-chan nya gemesin banget! Episode yang paling penulis suka adalah episode 7 ketika Tsumugi keluar rumah sendirian untuk membeli obat untuk ayahnya yang sakit. Penulis sih tipe melankolis jadi gampang nangis nonton cerita keluarga seperti ini. Hiks.

5. Barakamon

Sumber : alphacoders.com

Sumber : alphacoders.com

Nah ini nih anime yang paling keren didaftar ini. Menceritakan seorang seniman kanji, Seishu Handa yang diperintahkan ayahnya, Seimei Handa, untuk pergi di sebuah pulau terpencil di dekat Kyushu. Kehidupan desa disana sangat tentram, setiap orang sangat dekat satu sama lain, saling membantu ketika ada yang membutuhkan. Benar-benar lingkungan khas desa banget deh. Pada awalnya, Seishu Handa yang dibesarkan di kota besar sedikit kesulitan beradaptasi dengan situasi ini. Tetapi dengan bantuan penduduk desa terutama oleh Naru. Seishu Handa dapat beradaptasi dan menjalani ceritanya di desa tersebut dengan indah.

Anime karya teteh Satsuki Yoshino ini sangat populer karena tema dan ceritanya sangat bagus. Gegara nonton anime ini, dijamin kalian jadi pengen cepet-cepet mudik. Barakamon ada spin-off nya juga lho. Namanya Handa-kun. Menceritakan Seishu Handa ketika dia masih berada di usia SMA.

Itu dia daftar anime yang memiliki tema lingkungan kehidupan sehari-hari yang bahagia. Kalau ngerasa kenapa anime ini gak masuk, kenapa anime itu gak masuk, komen aja di bawah. Lagi pula, jadi tambahan referensi penulis juga. 🙂

*fanservice : adegan yang memuaskan para penggemar. Biasanya konteksnya lebih ke hal-hal yang berbau 17+

About Author

my7imagine

my7imagine

Bukan seorang illustrator, fotografer, pesepeda, dan penulis. Sumpah!

Comments

Most
Popular

(jatimtech.com)

Manga Terkenal yang Dibuatkan Versi Film Animasinya

Kali ini CIAYO Blog punya rekomendasi manga terkenal yang dibuat versi film animasinya. Ada apa aja ya? Baca selengkapny.. more

Kerja Magang Bukannya Disuruh Fotokopi Malah Disuruh Ngomik, Enak Banget!

Karena ada kok tempat kerja yang nerima anak magang dan ngajarin mereka cara kerja profesional. Wah, di mana tuh? Nih ki.. more

(viz.com)

Eiichiro Oda: Tolong Dukung Luffy dan Kawan-Kawan Sedikit Lebih Lama Lagi

Ucapan terima kasih kepada para fans terlontar dari mulut Eiichiro Oda, sang maestro di balik kesuksesan manga One Piece.. more

Omotenashi, Sumber: japantimes.co.jp

Omotenashi, Pelayanan Ramah-Tamah ‘Plus-Plus’ di Jepang

Omotenashi. Jepang dikenal sebagai negara dengan pelayanan pelanggan terbaik, termasuk pelayanan terhadap turis yang da.. more

Smartphone adalah bagian kehidupan harian. Sumber gambar: cnet.com

Alasan Kenapa Android Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Hampir dari kita semua pasti rata-rata pengguna smartphone (baik berbasis iOS, Android, dll) dalam genggaman. Mungkin 99.. more