Rencana Besar Google Membawa Google Station Ke Indonesia

3 months ago
Google Station. Platform internet cepat & gratis dari Google. Sumber gambar: fonearena.com

Google. Nama yang tidak asing lagi buat kita kan, bro sis? Nama ini bahkan mungkin kita akses sehari-hari lewat PC, laptop atau smartphone yang kita pakai. Yap, Google tak hanya sebuah mesin pencari, seperti yang sering kita manfaatkan saat mencari sesuatu di internet (mulai dari lagu mp3 bajakan sampai lokasi SPBU terdekat). Google adalah sebuah sinergi alias gabungan dari banyak jenis jasa (dan barang) yang bisa dimanfaatkan melalui internet.

Perusahaan raksasa telekomunikasi dunia. Sumber gambar: google.com

Perusahaan raksasa telekomunikasi dunia. Sumber gambar: google.com

Beberapa waktu yang lalu, Google mengadakan sebuah acara di Kuningan, Jakarta bertajuk “Google For Indonesia 2017”. Di acara ini Google memperkenalkan beberapa hal untuk publik Indonesia; antara lain Google Station, YouTube Go dan Assistant Google Berbahasa Indonesia. Kita akan lihat sedikit apa & bagaimana itu yang disebut sebagai “Google Station”.

Google Station. Ini adalah sebuah ‘service initiative’ alias layanan inisiatif dari Google yang pertama diterapkan di India. Pada prinsipnya ini adalah sebuah hotspot area, sebuah lokasi dengan sinyal wifi internet, yang dibuat oleh Google agar dapat dipakai siapa saja yang berada di sekitar area tersebut. Gratis. Tidak dipungut bayaran.

Kira-kira formatnya mirip seperti @wifi.id milik BUMN Indonesia, Telkom. Yang membedakan adalah (sampai saat ini) Google Station tidak memungut biaya akses; sementara @wifi.id mewajibkan pengguna untuk membayar sejumlah uang berdasarkan durasi pakai mereka.

Wifi.id akan punya pesaing serius dari Google. Sumber gambar: dayeuhluhur.net

Wifi.id akan punya pesaing serius dari Google. Sumber gambar: dayeuhluhur.net

Sebelumnya, Google Station pertama kali telah di uji coba di negara India tahun lalu. Disana Google bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi India RailTel dan perusahaan kereta api Indian Railways.

Dengan penempatan sekitar 400 antena di stasiun-stasiun kereta api yang ada di India, Google Station di-klaim berhasil membantu jutaan orang India mengakses internet untuk pertama kalinya dengan cepat dan tanpa biaya. Tidak berhenti sampai disana, Google berencana untuk memperluas Google Station mereka di berbagai sarana publik. Hal ini dengan tujuan agar Google dapat menggapai lebih banyak lagi orang untuk dapat memanfaatkan teknologi internet melalui jaringan mereka tersebut.

Siapa yang mau stasiun kereta api dengan wifi cepat dan gratis? Sumber gambar: techweez.com

Siapa yang mau stasiun kereta api dengan wifi cepat dan gratis? Sumber gambar: techweez.com

Berbekal pengalaman dan kesuksesan menjalankan Google Station di India, pihak Google lantas ingin membawa hal yang sama ke Indonesia. Dengan populasi lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia adalah pasar gemuk yang menarik untuk Google (maupun korporasi lainnya). Apalagi dengan penetrasi internet yang kurang dari 50% , Google melihat peluang signifikan untuk menjalankan Google Station di Indonesia.

Country Director Google Indonesia menjelaskan hal ini secara eksplisit. “Di Indonesia banyak halangan untuk membuat akses internet yang bagus. Karena itu kami akan membawa Google Station ke Indonesia,” kata Tony Keusgen dalam acara Google for Indonesia tersebut.

Keusgen saat memaparkan strategi Google untuk Indonesia. Sumber gambar: brilio.net

Keusgen saat memaparkan strategi Google untuk Indonesia. Sumber gambar: brilio.net

Tentu akan muncul pertanyaan “Kalau Google Station ini nantinya benar akan menyediakan jalur internet / hotspot kencang berkecepatan tinggi yang gratis alias tidak dipungut bayaran, darimana mereka akan mendapatkan keuntungan?”

Well, jawabannya bisa bermacam-macam. Tapi harus di ingat kalau “tidak ada makan siang gratis” di dalam bisnis. Google, CBN dan FiberStar pastinya mendapatkan profit dari pengadaan Google Station ini; entah itu dari iklan atau dari hal lainnya. Korporasi sebesar Google tentu sudah punya hitung-hitungan sendiri yang kita, orang sipil serta awam, tidak mengerti secara mendetail.

Super Team dari Google untuk internet cepat dan gratis. Sumber gambar: indonesiaexpat.biz

Super Team dari Google untuk internet cepat dan gratis. Sumber gambar: indonesiaexpat.biz

Tapi itu bukanlah urusan kita! Karena yang harusnya jadi concern hanyalah apakah kita benar-benar akan dapat menikmati Google Station seperti yang sudah dirasakan oleh begitu banyak warga India di negara mereka? Menikmati internet cepat dan gratis dari Google Station bukanlah sebuah omong kosong, karena sudah terbukti di India. Kini giliran Indonesia untuk menikmati Google Station. Kita tunggu saja perkembangannya ya, bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Rikka, Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me. Sumber: rightstuffanime

Pasangan Chunibyo Bertemu Dalam Anime Love, Chunibyo & Other Delusions – Take on Me

Berjudul Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me, film ini akan rilis pada tanggal 6 Januari 2018. Film ini meru.. more

(viz.com)

Eiichiro Oda: Tolong Dukung Luffy dan Kawan-Kawan Sedikit Lebih Lama Lagi

Ucapan terima kasih kepada para fans terlontar dari mulut Eiichiro Oda, sang maestro di balik kesuksesan manga One Piece.. more

(CIAYO Pictures)

Jason David Frank Menggebrak Panggung Indonesia Comic Con 2017

Kehadiran Jason David Frank di Indonesia Comic Con 2017 membangkitkan ingatan fans Power Rangers dan menggebrak panggung.. more

Logo dari Google Glass. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Google Glass: Kegagalan Google yang Tidak Terduga

Google bukanlah perusahaan yang tanpa pernah sekalipun salah perkiraan atau mengalami kegagalan. Karena ada masa Google .. more

(Sumber: Popcon Asia)

Fourger Inc Masuk Nominasi Webtoon of The Year di Popcon Award 2017!

Wow! Sepertinya bulan ini bulan penuh kabar baik. Setelah kemarin CHIPS: Monster Tap dari CIAYO Games berhasil masuk men.. more